5 tipe teman yg sunnah untuk dihindari

12:14 PM

rasanya hari ini ga ada jadwal uas tuh kaya terjun ke luar angkasa ketemu neil amstrong ci bulan, terbang keliling dunia dan ditendang ke kolam renanga bill gates...... !!!!!!! (oke ini korban iklan). yihaaaaa hari ini jeng lagi ga ada jadwal UAS, dan alhasil sudah 2 jam lalu cuma melototin laptop ampe mimisan *lebay. dan kali ini jeng mau bahas tentang tipe-tipe teman yang SUNNAH utuk dihindari. bagi yg non muslim, sunnah itu berarti ditinggalkan ga kenapa-kenapa dikerjakan dapet pahala. nah kalo dalam hali ini, kalo dihindari kemungkinan besar dapet pahala dan kalo di temenin cuma bikin capek hati *eaaaa..


ada beberapa tipe temen yang mesti dikasih tanda petik. maksudnya kita mesti jaga jarak untuk beberapa tipe temen. oh iya kata-kata "nyari temen tuh susah dibanding nyari musuh" itu bener banget loh. nyari temen tuh ibarat nyari tukang bajigur di tengah-tengah tukang jamu. udah yg dijual sama-sama aer butek susah dibedain lagi. nah sama kaya nyari temen. ya mungkin kalo sekedar kenalan trus ending-ending nya bertemen itu biasa, tapi nyari TEMEN YG BAIK tuh susah loh. dulu waktu jeng pertama kali masuk kuliah dan berganti status menjadi mahasiswi tuna asmara  kayaknya tuh susah bener nyari temen yang klik sama kita. tapi seiring jalannya waktu alhamdulillah dapet temen yg baik-baik. nah ngomong-ngomong soal TEMEN YG BAIK, ada salah satu temen jeng bilang gini "menurut gue kalo dia seorang temen yg baik, pasti dia dapet temen yg baik juga". dan itu pun terbukti. ya siapa juga yg mao temenan sama kita kalo kerjaannya cuma nyabutin bulu ketek temen. 
eh eh masih inget ga sama sinteron KEPOMPONG ? itu tuh sinetron anak-anak SMA yg ga lulus-lulus. iya lah perasaan ga pernah ada naek kelas atau ngambil rapot di sinteron itu. nah disitu kan persahabatan derby dkk seolah-olah bagai kepompong. (ya walaupun jeng ga ngerti maksudnya apaan). ya kepompong gimana coba, kepompong itu kan kaya lontong ya mentok-mentok liat @poconggg dah yang bentuknya 11 12 sama kepompong. nah sebenernya prinsip persahabatan bagai kepompong tuh jahat loh, ya iyalah kalo udah jadi kupu-kupu dia terbang sendiri-sendiri kan ? udah bagus dia keluar dari kepompongnya terbang sendirian.. *mulaingaco.


olrait olrait, ga usah banyak basa-basi (daritadi juga basa basi mulu jeng), langsung aja nyo mari kita bahas 5 tipe-tipe temen yg sunnah buat dihindari menurut persepsinya jeng blogii. kenapa jeng cuma mau bahas 5 ?  karna kalo bahas 20 ntar yg baca udah keburu upilan. 


1. temen nyari untung
uh uh uh tipe ini tuh bikin urat leher serasa lagi jogging tau ga. gedeg ga sih kalian kalo ada orang yang mau temenan sama kita karna keuntungannya aja. misalnya si paijo pinter matematika nih, trus si tukiyem tiap ada pelajaran matematika atau ujian matematika mepet terus ke si paijo. sebel ga sih kalo kalian jadi paijo? udah dekil, pendek, masih juga di manfaatin. ngenes banget kan ? tipe-tipe temen yg kaya gini biasanya pinter membaca keadaan. dia pinter buat menarik hati yg lain biar respek sama dia dan tanpa sadar kita termanfaatkan deh sama dia. 


2. temen yang pelitnya lebih-lebihan dari mak lampir
yaaa jeng juga bingung emangnya mak lampir pelit kenapa ?. sebel ga sih kalo kita dipelitin sama orang. contoh kasus :


kajol : eh nung, aku boleh pinjem kancut kamu ga ?
nunung : ih ga mau ah, kancut gue tuh mereknya prada gitu loh
kajol : *lemparbuluketek


semua orang pasti pernah nemuin temen yg pelit dan mungkin ada di sekitar mereka. nah buat tipe yg begini pelitin balik aja. biar dia berasa gitu kalo dia juga pelit. biasanya kalo orangnya bener dia pasti mikir "ah gue dipelitin orang apa gue pelit ya sama orang". tapi biasanya tipe yg begini nih tipe kepala batu alias ga nyadar kalo dia tuh pelit. yaaa kalo ini biar Tuhan yg membalas saja. biasanya mereka pelit karna ada alasan tersendiri. mungkin dia dalam program menabung bersama mario teguh *ngarangabis.


3. temen yg bocor
bukan bukan, bukan kepalanya berdarah-darah karna bocor. tapi bahasa yunaninya tuh temen yang LEMES. bukan bukan, bukan LEMAS tapi lemes. ga bisa nyimpen rahasia sedikit aja. si paijo curhat soal bisulnya yang udah segede batu kali eh si tukiyem malah bikin pengumuman di kelas. bayangkan sodara-sodara BAYANGKAN bila jadi paijo. betapa berat hidup ini (ga !! gue ga lagi curcol)


4. temen yg sombong
aziz : eh le gue udah punya bini dua doooong, bentar lagi mao nambah satu lagi. yah elu mah ga gaul baru satu !!
sule : *memasangtampangmengenaskan
hellooo hari gini masih sombong-sombong sama apa yg di punya ? kalo sekedar blackberry doang sih bisa beli noh di pasar tradisional deket rumah (itu stroberi jeng !!). biasanya ngadepin temen yg sombong tuh emang butuh tenaga dan cukup menguras perasaan. 


5. temen yg ga peka
pernah nemuin temen/pacar yg ga peka sama sekitarnya ? kalo jeng sih seriiiiing. dulu waktu SMA ada nih model begini, udah curhat panjang lebar sambil gigitin rautan pensil dia cuma bilang "oh gitu ya". JLEB !!!! MAKSUD LO APA HAH ? pertemanan itu harus saling mengerti dan mendengarkan satu sama laen. lah kalo tipe temen begini di apain jeng enaknya? ya cukup dibacain yasin  biar dia kembali ke jalan yg benar.


nah itu 5 tipe teman yang sunnah untuk dihindari. kalo menurut jeng sih ya, emang ga ada manusia di dunia ini yang sempurna. semua pasti ada kekurangan dan juga ada kelebihan. kalo kalian nemu tipe temen kaya diatas ini mendingan buru-buru deh di bikin insap. sukur-sukur dia insap kita dapet pahala, tapi kalo masih batu juga udah jedotin aja ke batu kali terdekat. coba renungkan sodara-sodara "teman baik dapat temen yang baik juga".. nih coba kita liat mereka..




seneng ya punya sahabat kaya spongebob. mau si patrick dableknya udah ampe ubun-ubun juga spongebob masih aja setia dan mau nemenin dia. okeelaaaah sekian dulu cerita jeng kali ini anak-anak..



You Might Also Like

12 comments

  1. ehm kak, maaf yang non-Islam ga dibacain Alkitab kak. Alkitab dibacanya ga kaya di Islam :)

    lagipula agama ada banyak, non-Islam ga cuma Alkitab aja kitabnya :D

    overall, nice post :3

    ReplyDelete
  2. kayaknya kelima sifat di atas ada di temen-temenku semua daah haha. tp tiap sifat, dihuni oleh 1 orang wkwk

    ReplyDelete
  3. ane mikir dari tadi jeng :
    "siapakah paijo itu ?"
    apakah mantan anda jeng ? #eaa

    salam saya

    ReplyDelete
  4. bener bener sunnah ini buat dihindarin ,
    tapi temen jaman sekarang emang rata rata begitu . susah deh nyari temen yg bener bener 'temen' .
    salam kenal yaa :)

    ReplyDelete
  5. muahahahaha ngakak banbet deh liat deskripsi judulnya

    ReplyDelete
  6. kok kayak curcol ya jeng? hahahaha :D
    tapi patut dijadiin guide buat milih temen nih :p

    ReplyDelete
  7. yah, kalo dihindari.. kasihan donk, mereka nggak punya temen.

    kalo emang niatnya temenan harusnya ngga pilih-pilih laah. hehehe..

    ReplyDelete
  8. @stevanus : iya terima kasih dede sudah diingatkan.... *lemparmartabak

    @yossy : woooooow kalo itu mah inget,disini menurut islam hukumnya SUNNAH hihihi

    @celoteh q : thank you :)

    @farid : aw aw aw ketauan deh.. haha ga lah. itu tukang nasi goreng deket rumah

    @aulia : engga juga koq say. ga susah. ini kan cuma sunnah. jadi terserah kita mau bersikap gimana ke tipe2 teman yg begini :)

    @pungky : haha keyen ya ? sunnah. haha

    @dita : wohooooo ada sih sedikit unsur curcol hihihi..

    @gaphe : aduh om ga gitu ya. itu kan SUNNAH om. ya ga mesti dihindari juga. kan di paragraf terakhir ada tuh manusia ga ada yg sempurnal. ini cuma menyunahkan aja koq..hihi thank you kritiknya.

    ReplyDelete
  9. bukannya kita gak boleh pilih2.. artinya jika kita nemuin yg seperti kriteria di atas.. adalah tugas kita tuk merubah mereka kepada yg lebih baik bukan?!?!? jd binun.. :(

    ReplyDelete
  10. @merliza : haha itu kan SUNNAH.dalam islam itu boleh dilakukan boleh engga. jadi buat yg tanah yaa ga perlu ditinggalin juga gitu jeng merli

    ReplyDelete
  11. Kurang satu... Temen yang lebih suka 'ngobrol' sama gadgetnya..

    ReplyDelete