HARGAILAH jika kamu ingin dihargai dan HORMATILAH jika kamu ingin dihormati

6:23 AM



yang tua menghargai yang muda dan yang muda menghargai yang tua. ini merupakan simbiosis mutualisme. tidak, bukan simbiosis mutualisme. ini merupakan timbal balik dari apa yang telah kita lakukan terhadap orang lain. tidak jarang yang muda tidak menghargai yang tua, dan tidak jarang yang tua tidak menghormati yang muda. apa sulitnya menghargai orang lain jika memang ingin diperlakukan sebaliknya ? apa sulitnya untuk bersikap seolah-olah menghargai jika memang tidak bisa menunjukannya didepan orang tersebut ? dan apa sulitnya untuk bersikap baik kepada orang lain walaupun sebenarnya tidak menyukai tabiat orang itu ? 



jika memang ingin dihargai dan hormati, mengapa tidak membuat diri anda untuk bisa dihormati terlebih dahulu ? ya, itulah manusia. manusia bukan nabi yang selalu bersikap baik. bahkan manusia pun kalah dengan hewan-hewan semacam semut yang bisa menunjukan rasa hormatnya terhadap sesama. mereka berkoar-koar mencaci maki yang muda jika tidak menhormati mereka. mengapa tidak berkaca dan memandang apa yang terpantul dalam cerminan itu ? apa sudah layak untuk dihargai dan dihormati ? seorang anak kecil akan hormat kepada ayahnya jika ayahnya menampilkan sosok seorang ayah didepannya. meskipun dia tidak pantas menjadi seorang pemimpin. seorang murid akan hormat kepada gurunya jika gurunya menampilkan sosok seorang guru yang baik. meskipun faktanya dia tidak pantas untuk mengajarkan kebaikan. seorang teman akan menghargai teman yang lain jika memang dia pantas untuk dihargai. dan seorang junior akan menghormati seniornya jika memang seniornya menghargai apa yang ada pada dirinya. tidak, tidak sulit untuk melakukan itu semua. tapi mengapa prakteknya begitu sulit untuk dilakukan ? itulah manusia.




created by.
Noni Setia
in the time of weakness





You Might Also Like

4 comments

  1. Anggeo aja lu lagi bercermin, kalo ingin dihormati, hormatilah orang lain. Kalo tidak ingin disakiti, jangan menyakiti. Jangan lakukan hal yg kita tidak ingin apabila orang lain melakukannya terhadap kita.

    Artikel lebih lengkap : http://claude-c-kenni.blogspot.com/2011/06/blog-etika-dan-bercermin.html

    ReplyDelete
  2. Ketika ingin dihargai, kita harus menghargai orang terlebih dahulu...
    ada aksi ada reaksi...
    Hukum II newton...
    hehehhe..

    ReplyDelete
  3. lo kesambet ape jeng? tumben omongannya bener :p

    ReplyDelete
  4. @kenni : thats right !!

    @nanda : eaaaaa saya tokohnya adam smith jeng nanda haha

    @supince : kesambet kuntilanak jomblo pin hihi

    ReplyDelete