serdadu kumbang "setiap orang punya cita-cita"

bukan bukan, kali ini jeng bukang mau review film kuntilanak kesurupan. memahami judulnya aja udah bikin mata kelilipan. udah setan kesurupan pula. idupnya keras bener ya itu setan. olrait, weekend ini pada kemana kalian ? kalo jeng sih nonton (walaupun bukan sama pacar !!). nah buat yg bingung kalo mao nonton film yg membangun mending tonton deh nih serdadu kumbang. genre film ini sih film keluarga. disini tuh diceritain tentang 3 bocah sumbawa ntb,ehm hampir sama sebenernya sama laskar pelangi. bedanya disini tuh ga terlalu berbau pendidikan walaupun dalam film ini bener-bener menggambarkan sistem pendidika negara kita. yaitu UAN.

oh ya jeng udah bilang belom kalo pemeran utamanya itu menderita cacat sejak lahir? iya dia itu berbeda dari temen-temennya. bibir nya sumbing. si pemeran utama ini namanya AMEK,dia punya temen yg bagaikan kepompong kupu-kupu,namanya acan dan umbe. ini anak 3 kerjaannya cabut mulu. ya mancing di laut lah,berenang lah. tunggu dulu,mereka cabut bukan karna alasan malas,tapi mereka cape karna tiap dateng telat tuh dihukum terus sama gurunya (disini sang guru yg doyan hukum itu diperanin oleh lukman sardi). sekolah mereka itu taun lalu ada 18 murid yang engga lulus uan. amek,umbe,acan termasuk didalam 18 anak ini. berbekal pengalaman dari ujian taun lalu sekolah menerapkan kedisiplinan yg kaku,dampaknya malah bikin amek dkk sering cabut-cabutan karna kedisiplinan yg kaku itu.

acan,umbe,amek

di kampungnya amek ada pohon besar yg disetiap batang-batangnya ini ada botol-botol menggantung. botol-botol ini dalemnya tuh ada kertas-kertas yg isinya cita-cita anak-anak kampung tersebut. dg kata lain menggantungkan cita-cita. eh iya amek sebenernya pinter,tapi ya namanya juga masih anak-anak jadi masih jahil-jahil gitu. kalo kakaknya yg duduk di bangku SMP (minun) dia pinter,dia juara matematika sekabupaten. beh pialanya berjejer deh. minun juga sayang banget sama amek. minun bener-bener memerankan seorang kakak yg baik. 

eh iya si amek itu suka nonton tivi. dan yg ditonton itu bermanfaat. dia suka banget nonton najwa shihab kalo lagi bawain berita. nah dari sini dia bercita-cita jadi presenter televisi. dia suka latihan ngomong sendiri di rumahnya. dan di dalem botol yg digantung di pohon itu juga dia nulis cita-citanya mau jadi presenter televisi. ayah ? ayahnya amek seorang TKI di malaysia. kalo menurut jeng cerita tentang ayahnya amek itu ga penting banget. awal-awalnya amek nyari-nyari bapaknya,ya berusaha menghubungi bapaknya lewat telpon (bayangin aja beli perdana sekalian sama beli sinyalnya),seolah-olah tuh bapaknya bakal misteri banget deh. eh ga taunya bapaknya pulang. 

kalo yg jeng tangkep dari film ini tuh, mereka yg hidup dalam keterbatasan aja masih bersemangat buat meraih cita-cita. bagaimana dengan kita ?, selain itu film ini juga bener-bener ngegambarin banget sistem pendidikan di Indonesia. kakaknya amek yg pinter bener begitu bisa ga lulus uan. oh ya ketinggalan,amek juga jago berkuda loh. dia selalu menang tiap lomba sama temen-temennya. dan uan yg kedua berkat kesungguhan mereka,amek dan teman-teman laennya lulus uan. 

for your info yaaaa, si amek ini selesai syuting di oprasi bibir sumbingnya. ini diceritain juga koq di filmnya. waktu itu kata tantenya jeng sih film serdadu kembang berikut amek udah pernah diundang ke kick andy. tapi jeng ga nonton tuh kayaknya lagi sibuk nonton cinta cenat cenut *eaaaaa..
ini salah satu film yg membangun semangat kita anak-anak !!! yg punya ade masih SD SMP ayoo coba di ajak nonton ini. jangan nonton kuntilanak perawan aja (emang ada jeng?)..

baiklah sekian dulu review movie jeng kali ini. kalo penasaran tonton aja nih filmnya.




references :
Share on Google Plus

14 comments :

  1. Ehem ada nama NTB tuh disebut haha. kenapa nggak di lombok ya syutingnya hohoh *promosi* anyway jeng, itu pemeran utamanya dari sumbawa juga ?

    ReplyDelete
  2. engga say. pemeran utamanya ternyata tinggal di balaraja, tangerang.

    ReplyDelete
  3. ini baruu pilem indonesia... keren dah pokoknya.

    ReplyDelete
  4. belum nonton.. kemaren ajikku (read : bpk) nonton tailernya nangis dia ~~ haha

    ReplyDelete
  5. @ucup : keren ya ? jadi termotivasi gimana gitu *eaaaa

    @adhel : iya iya kan kakaknya meninggal gitu sedih deh pokoke..

    ReplyDelete
  6. saya baca juga ini resensi filemnya di blog tetangga, bagus katanya.. tapi saya blom pernah nonton. yang paling saya suka dari resensinya itu adalah pas nelpon bapaknya di malaysia.. ngebela2in beli sim card nyari sinyal susah

    ReplyDelete
  7. @gaphe : hahaha iya bener bener yg itu. beli kartu perdana sama sinyal-sinyalnya.nonton ka nonton.seru looh..

    ReplyDelete
  8. film yg mendidik dan patut ditonton nih ya jeung.. kalo ada kesempatan nonton ah..

    thx infonya, nice post :D

    ReplyDelete
  9. Grrrrrrrr merinding !!! tegak bulu roma aye ngebaca nih sinopsis Serdadu Kumbang ala mpok Bloggey. Apalagi kalo dah nonton. Bisa-bisa rontok nih bulu2 roma aye. wakkakakakzkzkz. Tapi sayangnya belon kluar di Padang. Kasihaaaaan :'(

    ReplyDelete
  10. @efri: huhuhu padang ketinggalan makanya sini sini ke jakarta ajeeeee hehe

    ReplyDelete
  11. waktu itu baru liat trailer nya aja . huuu
    belom sempet nonton. maklum sibuk #eaaaa

    ReplyDelete
  12. @Mpok nonny : ya begitulaaah pasca gedung bioskopnya hampir ambruk kena gempa. hahahaha. Ke jakarta ? jauuuh. Nunggu kaset bajakannya aja. akakakkzkzk

    ReplyDelete
  13. Wah gue belum nonton nih, gimana donk gue mau nonton, gak mau tau gue mau nonton nih film mbak!

    ReplyDelete
  14. @tommy : aaaaa alesan niih pasti nontonnya arwah goyang karawang nih hihihi

    @epri : wuaaaaaaaaaaa kurang ajaaaaaar film indonesia nonton bajakannya juga hahaha

    @feby : ampun mas ampun kenapa marah2nya sama saya ? haha

    ReplyDelete