masa-masa sekolah,masa-masa paling indah

3:54 PM



hallo halloooo jomblowan jomblowati yg masih jomblo didoain cepet dapet laki bini (edisi pantun ngasal).. gimana liburan kalian ? masih bingung mau kemana ? ga punya uang buat liburan ? baca postingan jeng yang ini . diliat-liat kalender udah menunjukan tahun ajaran baru nih ya tapi sayang jeng lagi males ngeliat-liat. yang SD mau masuk SMP yg SMP mau masuk SMA dan yg SMA mau masuk KULIAH. waaah pasti ga berasa yaa tau-tau udah SMP aja,tau tau udah SMA aja pake celana panjang bulu kaki dan bulu ketek ga kliatan kemana-mana,seragam udah ganti warna,kelamin jg udah ganti,umur bertambah pastinya. berasa baru kemaren masih ngelap iler sekarang udah pake gel rambut,berasa kemaren ga punya bulu dada sekarang udah ngalahin ridho rhoma,berasa kemaren ga punya pacar sekarang tetep ga punya pacar *jomblotetapngenes. tapi tunggu dulu jangan disangka memasuki kehidupan yg baru itu ga ada lika likunya. yg masuk SMA tentunya bakal tetep dikejar-kejar guru BP karna rambut gondrong,dan yg masuk kuliah jg tetep dikejar-kejar IP tinggi dalam rangka mempertahankan harga diri. but, masa-masa sekolah itu tetep masa-masa yg paling indah.
kalo diinget-inget (sayang jeng lagi males nginget) dulu waktu kita SD sekolah enaaaaaaak banget. masuk jam 7 jam 10 udah lagi maenan congklak. mau cepirit dicelana juga masih dimaklumin. lah sekarang udah SMP/SMA kalo cepirit dicelana apa engga dikucilkan tuh ? (ini bukan curcolan kan jeng ? BUKAN LAH !!!!)
gambar ngambil dari sini
gambar ngambil dari sini

kayaknya waktu cepet banget berjalan ya? dulu kita masih suka dianterin sama mamah ke sekolah (jaman SD) sekarang kita harus bisa jaga diri sendiri. dulu kita masih suka ngadu-ngadu sama mamah karna dijejelin uler keket sekarang mah mesti menyelesaikan masalah sendiri. masa-masa SD tuh masa-masa dimana kita masih bisa dimaklumin oleh orang-orang sekitar kalo kelakuan kita masih kaya anak ayam lagi les balet. dulu waktu SD tiap sore maen  sepeda keliling komplek bareng temen-temen dan berakhir dg dikejar-kejar anjing tetangga. tapi anak-anak SD sekarang yg jeng liat kalo ga warnet ya rental PS maenannya. belagu bener mentang-mentang dulu kita cuma maen tamagochi. trus dulu tuh tiap pulang sekolah pasti mampir di pohon jambu tetangga minta jambu buat makan rame-rame. lah kemaren jeng liat anak SD pulang sekolah lagi kebut-kebutan naek motor. 


gambar ngambil dari sini

masa-masa SD berakhir kita lanjut ke masa-masa SMP. masa-masa dimana yg cewek-cewek pd kebingungan kenapa bisa keluar darah dari kelaminnya (maap agak frontal),masa-masa dimana pada kenal cinta-cintaan alias cinta monyet. masa-masa dimana masih suruh pake baju rapih lengkap dg dasi dan topi tiap upacara. heeem indah yaaaa.. 


gambar ngambil dari sini

gimana kalo masa-masa SMA ?
buat yg baru mau masuk SMA nih baca baik-baik ya nak. masa-masa SMA itu masa dari segala masa-masa sekolah yg paling indah. dapet pacar,dapet temen,dapet pengalaman baru,dan masih banyak lagi tuh semua ada SMA. yang musuhan sampe jambak-jambakan rambut (engga !! jeng ga begitu), yg kejar-kejaran sama guru karna baju keluar-keluar, yg punya gebetan di kelas sebelah, main futsal sampe buka-bukaan baju di lapangan, dan tentunya dapet sahabat baik. jeng pernah liat ada tulisan kaya gini "temen kuliah lo tau siapa lo tapi temenn SMA lo tau gimana elo". itu bener banget.. 3 taun kita di SMA tuh kita dapet sahabat-sahabat yg ga bakal bisa digantiin. co cwiiiiiit.. dari yg sedih sampe ngakak semua ada di SMA. 
gambar ngambil dari sini

lanjut ke kampus. aduuuuh dimasa-masa ini kalian pasti bakal ngerasa banget apa itu kompetisi,dan apa itu namanya tanggung jawab. udah ga ada tuh istilah maen-maen yg ga bermanfaat sampe pagi kalo emang mau jadi orang sukses. kalo kata anak organisasi sih pundak kanan itu ada kewajiban yg harus dijalankan yaitu membahagiakan orang tua dan di pundak kirinya ada kewajiban untuk menjadi agen of social change yaitu menyampaikan aspirasi masyarakat ke wakil-wakil rakyat. tapi engga,jeng ga lagi mau ngomongin tanggung jawab yg sebelah kiri itu. masa-masa kuliah itu masa-masa yg ga bakal dilupakan dan juga masa-masa dimana ita jatuh bangun. jatuh saat kita ga serius kuliah dan bangun saat kita mau menyambut masa depan yg cerah (seeeh bahasaaanyaaa). masa-masa kuliah itu penuh dengan euforia yg ga bakal kalian rasain di masa-masa sekolah. yg ke kampus pake sendal jepit juga jadi, yg ga perlu dikejar-kejar guru lagi karna rambut gondrong,dan ga perlu pake seragam ke kampus. yaa ada enaknya ada juga ga enaknya. kaya nyari temen yg baik, nyari musuh gampang banget. oh ya trus ada yg bilang "jodoh itu ya didapet saat masa-masa kuliah" (tetep ye ga jauh-jauh). ya kalo jeng sih nanggepinnya cukup mempercayai teori JOHAN alias jodoh di tangan Tuhan.


nah buat yg mau masuk SMA nih, jeng mau kasih sedikit wejangan sesat . 
1. jadilah diri sendiri
nanti kalian yg mau masuk SMA tentunya bakal terlibat dg pergaulan. yg jeng saranin jadilah diri sendiri. ga perlu ngerasa diri kalian itu ga sebaik orang lain dan berusaha buat menjadi seperti dia. well, jadi diri sendiri itu jauh lebih bahagia dibanding menjadi seorang peniru. but, menjadi seorang peniru positif (meniru hal-hal yg positif) itu tidak disalahkan ya.
2. jangan pernah takut untuk bertindak benar
kadang banyak dari kita yg ga mau mengakui kesalahan dan berusaha memperbaikinya. ehm  di SMA kita bakal melalui proses ini. dimana kita bakal melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahan yg telah kita buat. so, be brave to do the right thing !!!
3. manfaatkan waktu sebaik mungkin
jadi anak SMA itu cuma sekali dalam seumur hidup. have fun with friends !!! gila-gilaan aja di SMA (asal jangan gila beneran). tapi tetep pada jalurnya ya. jauhi deh itu yg namanya narkoba dan temen-temennya. dan jangan terlalu menutup diri buat hal-hal yg positif.. come on guys !! its only once in your life..
4. raihlah prestasi sebaik mungkin
yg merasa dirinya punya kelebihan ayoo tunjukin kelebihan kalian. nanti pas kuliah tinggal di tekunin tuh apa kelebihan yg kita miliki. dan tentunya pelajaran tetep nomer satu. coba pikir,udah gaul,berprestasi,dan baik pula. 
5. jadikan pelajaran 
ga dikasih pinjem pensil jadikan pelajaran kalo kita jangan pelit juga sama temen (ini kayaknya jaman SD jeng),ga dikasih contek jadikan pelajaran buat kita ya mungkin kita mesti belajar lebih giat lagi,dan ga dikasih ijasah labrak aja kepala sekolahnya.


nah buat yg mau masuk kuliah, jeng sih ga bisa bicara banyak karna jeng juga baru semester 3.. hihi
1. belajar lah untuk bertanggung jawab
inget !! jangan terlena dengan kehidupan kampus. coba deh inget-inget lagi apa tanggung jawab kalian yg mesti dijalankan sebagai mahasiswa dan sebagai anak.. *edisipenggalauan
2. jangan menutup diri
hari gini masih jadi kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang). banyak yg mesti dilakuin loh.. ikut UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa = ekskul),organisasi, dan masih banyak lagi. jangan jadi mahasiswa yg kerjanya cuma ngapal teori aja. inget !! yg kita pelajari di kampus cuma kepake 30 % (kalo ga salah) di dunia kerja nanti. selebihnya kemampuan yg bakal jadi andalan,tanggung jawab,dll.
3. jangan suka nitip absen
paling gedeg liat mahasiswa yg kerjaannya nitip absen. helloooo situ bayar kite berapa bo buat absen ? yg ini balik ke nomer satu diatas,belajar bertanggung jawab !!
4. jangan sombong
udah jomblo jutek lagi. siapa yg mao nyamperin coba ? *edisicurcolan
5. manfaatkan waktu yg ada dengan sebaik-baiknya
time is money !!!! setiap waktu yg kita punya di masa muda ini berharga !! sangat sangat berharga !! buat apa sih pake barang-barang haram yg katanya bisa bikin ngefly (ya apa lah itu bahasanya) ? pergunakan waktu dg hal-hal yg baik. main sama temen-temen itu baik koq yg penting ga mainin anak orang aja.
naaaaaaah gimana udah pada galau ? hihihi.. segitu dulu yg mau jeng blogii bagi kali ini. maap yaa kalo ada salah-salah kata..dan maap juga belom sempet blogwalking maklum liburan ladang cari uang (baca : miskin).bye byeeee.... :* :*



You Might Also Like

13 comments

  1. Wah, ternyata kakak SMAnya gitu ya?

    Kalo di SMA saya, klo telat wah, disuruh setengah jongkok selama 2 jam pelajaran (2 x 40 menit = 80 menit = modar

    Apalagi klo ketemu Komdis (komisi disiplin), pasti diomelin. Ada yang sering kena kata "ontohod" LOLOLOL

    Aah, tadinya sih saya kangen SMA, tapi akhirnya ngga deh. Soalnya pada ga pengen dikangenin, pada nolak ahaha. :D

    ReplyDelete
  2. Aaaaaaaaaaaaaa, jadi kangen sekolah... :(
    Aku setuju sama tips utk temen2 yg mau masuk SMA yg nomor 1.. Banyak anak2 yg pengen populer, jadi mereka mau aja ngelakuin apa aja, meskipun itu bukan mereka banget... setuju juga sama nomor 2.. setuju semuanyaa hahaha

    utk yg kuliah, ah, nyesek bacanya.. aku banget :P

    ReplyDelete
  3. belom ngerasain yang namanya SMA ini juga baru mau masuk. wahahha. thanks tipsnya jeng ^^

    ReplyDelete
  4. Waktu SMA, kalo telat kita dihukum
    Seudah kuliah, telat, langsung potong nilai...kejamnya...

    ReplyDelete
  5. NICE POST!! Keren jenggg...masih ingat zaman2 kita waktu makan di kantin gak bayar huahahahah...

    ReplyDelete
  6. dan yang paling jelas adalah PILIHLAH JURUSAN YANG SESUAI KEMAMPUAN. atau kalian akan nyangkut di semester 9 tapi belum tau berapa tahun lagi lulusnya karena masih banyak matkul yg harus diulang #curcol -___-"

    goodluck mahasiswa-mahasiswa baru :)

    ReplyDelete
  7. @stevanus : JONGKOK ? ga salah ? bukannya suruh berdiri yaa ? hihi

    @alvi : makasiii sayang.. iya nyesek ya sampe keselek *loh

    @fathiya : samasama sayang :*

    @kenni : hah ? aku engga kaka. blom dapet dosen yg telat potong nilai. itu sih pengkejaman masal

    @firdaus : oh inget dooong yg kamu makan semur jengkol itu kan ?

    @yulian : jiaaah om yul curcol..bener banget tuh om salah-salah boros umur hihi

    ReplyDelete
  8. Sekolah? Hm...
    Kayaknya pernah denger deh, di mana ya?

    ReplyDelete
  9. kalo dalam pertemanan, enakan sama tmn2 sekolah dulu. kalo soal pelajaran dan style, enakan pas kuliah hahaha

    ReplyDelete
  10. alhamdulillah wifi udah gak ngadat
    alhamdulillah bisa posting komentar
    alhamdulillah saya baca artikel ini dari kemaren
    alhamdulillah baru ada blog yg saya temukan kasih tips dan trik buat yang baru masuk SMA :D alhamdulillaaaaaahh

    makasih mbakyu :* salam kenal yoo :)

    ReplyDelete
  11. @alien : itu loh semacam bentuk makanan dari jawa tengah *loh

    @irvina : hahaa teteeeep yaa ada enak sama ga enaknya

    @nurul : alhamdulilah tipsnya bermanfaat.. salam kenal juga sayang

    ReplyDelete
  12. tips yg mau masuk SMA , itu mah aku bgtt..... tengkyu tipsnya :D

    ReplyDelete