cita-cita seorang bocah

8:47 PM

gue inget banget waktu gue kecil saat orang-orang disekeliling gue nanya "apa cita-cita kamu?",gue selalu jawab layaknya chila menjawab pertanyaan gurunya : "mau jadi dokter"..tapi saat gue memasuki usia yang seharusnya sudah bisa menentukan pilihan,cita-cita gue dulu seakan cuma ocehan anak kecil biasa. mungkin banyak orang yang juga sama seperti gue. dulu waktu kecil yang gue tau jadi dokter itu enak. nyuntik-nyuntikin orang sakit,trus dibayar,pake jas putih,ganteng-ganteng dan cantik-cantik (tapi kalo gue tetep engga masuk kategori itu),terlihat sangat intelek,dan semacamnya. namanya juga anak kecil imajinasinya masih tinggi setinggi perasaanku padamu..*eh..lagi bahas cita-cita ya ini ?


gue inget banget waktu pertama kali gue pake putih biru dan ngerasa aneh saat pertama kali pake pembalut,dan masih bingung kenapa ada darah keluar dari alat kelamin cewek. dan saat masuk ke dunia ABG (untungnya jaman gue belom ada istilah ABABIL),cita-cita gue masih belom berubah "mau jadi dokter". dan alesan gue masih sama. bisa nyuntik-nyuntikin orang sakit,dibayar,pake jas putih,keliatan "cantik". cuma bertambah satu lagi alesan gue saat gue duduk di bangku SMP,jadi dokter itu mulia bisa nolong orang yang membutuhkan. 


dan saat gue mulai pake putih abu-abu,semua yang pernah terlintas di benak gue akan cita-cita menjadi seorang dokter itu lenyap gitu aja setelah gue mempelajari senyawa atom pada pelajaran kimia. ya begitulah kehidupan. cita-cita gue pun 100 % berubah setelah gue ngerasa nyaman mempelajari ilmu sosial ketimbang mempelajari bahasa latin dari tumbuhan ini tumbuhan itu hewan ini hewan itu..bener aja gue ambil penjurusan IPS meskipun dipaksa masuk IPA sama wali kelas gue. kalimat "mau jadi dokter" pun seakan ga pernah terlintas dipikiran gue.


dunia baru pun datang. gue memasuki dunia yang lebih kejam dari ibu tirinya cinderella atau musuhnya shireen sungkar di cinta fitri season ramadhan. dunia mahasiswa. dimana banyak orang kritis,idealis,provokasi,dimana banyak orang yang membantu dengan mengharapkan dibantu,dimana banyak orang yang egois,mementingkan hidupnya sendiri dan dengan segala hal menggeser kedudukan satu sama lain. yeaah inilah kehidupan. dimana keegoisan itu diperlukan untuk bertahan. tentunya cita-cita gue yang dulu udah ga akan pernah terealisasi karna gue lebih memilih mendalami Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan yang ternyata ga semudah yang gue kira. sekali lagi inilah kehidupan dimana kita harus berjuang untuk mencapai kata kebahagiaan.


penyesalan ? buat apa ? saat lo udah kecebur di kolem ikan tetangga,mending sekalian aja lo ambilin ikan-ikannya biar bermanfaat. bisa lo goreng tuh ikan,enak trus dimakan deh. saat lo kecebur dikolem renang tetangga,mending sekalian aja lo latihan berenang biar jadi atlit renang profesional. dengan begitu kata penyesalan terlihat lebih indah dari yang dibayangkan. kata penyesalan terlihat seperti perjuangan yang berat. kata penyesalan terlihat seperti cita-cita yang tertunda. mungkin saat gue masih kecil imajinasi akan enaknya jadi dokter terlalu cetek,ya namanya juga anak kecil. tapi gue juga ga pernah menyesal karna gue ga bisa jadi dokter seperti yang gue cita-citain itu. gue juga ga pernah menyesal karna telah berimajinasi sedemikian hebatnya waktu gue kecil. karna masa kecil itu adalah masa imajinasi paling indah. beda halnya dengan sekarang. saat lo berimajinasi dan lo tau itu butuh pengorbanan untuk merealisasikan imajinasi lo. tapi dulu waktu lo kecil lo ga perlu berpikir sejauh itu. yang lo tau ya cuma "nanti kalo aku udah gede mau jadi dokter,ngobatin orang yang sakit,punya suami yang baik,bla bla bla" tanpa harus berpikir seberapa berat untuk merealisasikan itu semua..


jadi bagi yang masih punya ade kecil dan suka berimajinasi mau jadi apa mereka nanti dukung aja terus. karna masa-masa itu yang nantinya jadi masa yang paling indah bagi mereka. masa-masa itu yang ga akan pernah mereka dapetin lagi saat mereka memasuki kepala 2. masa-masa itu yang akan bikin mereka kangen masa kecil mereka,masa kecil mereka yang penuh imajinasi,masa kecil mereka yang diisi dengan banyak cita-cita,masa kecil mereka yang indah. yang ga akan pernah terlupakan semasa hidup mereka..
*brb* *buka album jaman dulu*



You Might Also Like

6 comments

  1. aaaah. sangat sangat suka sama postingan jeng yang ini :)

    ReplyDelete
  2. namanya juga anak-anak jeng, punya mimpi hanya sesaat.. salam blog pengunjung baru..

    ReplyDelete
  3. Pasti seiring waktu berjalan mereka pada nantinya akan menemukan cita-cita terbaik & lebih baik untuk mereka kedepan,karena pada dasarnya kita selalu meneliti sesuatu hal yang pantas & tidak pantas untuk kita

    ReplyDelete
  4. @ester : thank youuuu

    @pungky : haaha makasih yaa sayang

    @arijoba : iya ya namanya juga anak-anak

    @andy : BETUUUUL BANGEEEET !!!!!!

    ReplyDelete