kesederhanaan Presiden Iran


Kesederhanaan. Hidup sederhana bagi seorang rakyat biasa mungkin bisa dijalani dg berusaha ya jeng. Tapi gimana kalo hidup sederhana itu dijalani oleh seorang presiden salah satu negara di dunia? Presiden loh,PRESIDEN.. Seorang presiden yg biasanya selalu dilayani oleh beberapa pelayan negara,presiden yg biasanya kemana-mana naik mobil anti peluru dan dikawal oleh aparatur negara,presiden yg biasanya makan makanan yg selalu dicicipi sama orang lain buat mengetahui kalo makanan itu layak untuk dimakan,presiden yg bahkan kehidupannya ga beda jauh sama seorang raja. Dan sekarang,gimana kalo seseorang yg menjabat sebagai presiden engga menjalani kehidupan-kehidupan seperti yg diatas itu. Ya, Mahmoud Ahmadinejad lah orangnya. Bersyukurlah Iran memiliki presiden yg menakjubkan seperti dia. Didunia ini menemukan pemimpin yg adil itu susah loh. Orang seperti beliau mungkin hanya ada satu diantara 1000 orang pemimpin didunia. Peribahasanya itu seperti mencari jarum ditumpukan jerami..*seeeeh..

Mahmoud Ahmadinejad
Presiden Iran


Pertama kali denger kisah beliau itu waktu gue lagi asik dengerin prambors radio sekitar 2 tahun lalu waktu gue masih duduk di bangku SMA. Namanya juga anak SMA yg belum terlalu tau tentang politik dan teman-temannya,gue cuma bisa bilang "wah..hebat ya dia"..
Tapi setelah gue masuk kuliah dan tau sedikit-sedikit tentang apa itu yg namanya politik dan sebagainya,mendengar kisah Mahmoud Ahmadinejad yg terlintas dipikiran gue adalah "seandainya Indonesia punya presiden seperti itu gimana ya jadinya Indonesia. Mungkin banyak pejabat-pejabat lain yg berpikir dua kali buat korupsi"..dan mungkin ga menutup kemungkinan kalo Indonesia bisa menjadi negara yg maju kalau semua wakil-wakil rakyatnya itu seperti beliau. tapi gue cuma bisa bilang.."ah seandainya....."


Hasil pencarian dan akhirnya mendapat salah satu gambaran tentang beliau dari sini , kalian bisa nilai sendiri seberapa taat Mahmoud Ahmadinejad yg nyatanya adalah seorang Presiden sholat dipinggir jalan,tepatnya di trotoar ketika mendengar suara adzan berkumandang.


Sebagai PRESIDEN,beliau juga engga duduk dibarisan paling depan layaknya pejabat-pejabat negara saat sholat jumat. beliau lebih memilih membaur dg yg lainnya. Subhanallah banget yah ada presiden seperti beliau.


Mari kita tengok cikeas,atau rumah-rumah pejabat-pejabat negara kita lainnya dg design-design arsitektur handalnya. dan sekarang coba kita tengok rumah Mahmoud Ahmdinejad. Didepannya terparkir mobil beliau yg menurut sumber adalah Peugeot 504 tahun 1977. heeemm.. gimana dg pa Sby ? kendaraan apa sih yg dipakai dia ? 

Fakta-fakta lain tentang beliau yg wajib kalian tau adalah :
  • Ketika pertama kali menjadi Presiden, beliau mengumumkan harta kekayaannya, yg terdiri dari : sedan Peugeot 504 tahun 1977 dan sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran.


  • Beliau menyumbangkan seluruh karpet istana Iran yang harganya "wah" ke masjid di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.


  • Sebagai presiden, beliau masih tinggal di rumahnya. Di banyak kesempatan ia menyempatkan diri bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya


  • Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu-satunnya uang masuk baginya adalah uang gaji bulanannya. Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$250.


  • Ia juga menghentikan kebiasaan upacara karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi, atau hal-hal seperti itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.


  • Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yang tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut.


  • Ia kerap mengadakan rapat dengan menteri-menterinya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sudah dilakukan, dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri-menterinya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan.
Source : kompasiana.com

Kebijakan lain yg beliau jalani itu tentang kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan. beliau mengganti pesawat terbang kepresidenan dg pesawat kargo biasa untuk menghemat biaya dan selalu meminta terbang dg kelas ekonomi. yg bisa gue bilang adalah "ini bukan sesuatu banget. ini lebih dari sesuatu". Coba bandingin dengan Obama. Pesawat yg beliau pakai waktu ke Indonesia sesuatu banget yah. gue pernah liat liputan di salah satu siaran tv swasta tentang pesawat kenegaraan beliau,sekali lagi gue cuma bisa bilang "ah seandainya..."..

Oh ya waktu gue nonton salah satu acara festival band kampus,ada seorang vokalis band metal bilang gini sebagai pembuka performancenya "katanya pernikahan anak pa sby ga pake instrumen negara,nyatanya pake istana negara. itu apa namanya ?" selanjutnya sang vokalis bilang gini "pernikahan pak sby memakan dana miliaran rupiah,pda saat yg sama presiden iran melakukan tradisi ngunduh mantu yg cuma menelan biaya sebesa 28 juta rupiah".. berbekal hasil googling,akhirnya gue menemukan fakta lain tentang beliau ternyata Presiden Iran juga mengadakan pesta pernikahan anaknya yg HANYA MENELAN BIAYA SEBESAR 3,5 JUTA TOMAN atau setara dg 28 JUTA.. dan masih menurut sumber yg sama, setelah ditelusuri pernikahan ibas-aliya menelan biaya sebesar 12 M,sumber lain mengatakan pernikahan tersebut menelan biaya sebesar 40 M. Entah dengan uang sebanyak itu apa yg bisa pemerintah lakuin buat rakyat miskin di Indonesia. 

Hanya Allah dan Mahmoud Ahmadinejad yg tahu seandainya ada faktor lain yg mendorong beliau menjalani kehidupan sederhana ini. Tapi menurut pandangan gue,beliau ga mungkin menjalani kehidupan seperti hanya untuk pencitraan dan ada faktor X dibelakangnya. Banyak media-media dunia yg sering ngeliput kesederhanaan beliau sebagai presiden. Jadi mungkin kehidupan yg beliau jalani ini berdasarkan pada keikhlasan dan tanggung jawab yg diberikan Allah SWT kepada beliau sebagai pemimpin. Untuk sekian kalinya gue cuma bisa bilang "ah seandainya...". Ya,seandainya pak presiden kita bisa mencontoh beliau. Dan seandainya wakil-wakil rakyat kita bisa sedikit berkaca dg mendengar kisah Mahmoud Ahmadinejad ini. Sebagai presiden aja beliau masih bisa menjalani kehidupan yg sederhana seperti itu,gimana dengan wakil-wakil rakyat kita beserta presidennya ? Toilet yg masih bisa dipakai aja sok-sokan mau direnovasi. Coba bayangin dengan dana sebesar itu apa yg bisa pemerintah lakuin buat Indonesia? BANYAAAAAAAK masbrooo.. ga heran Indonesia selalu dilanda bencana. Para pemimpinnya masih belum bisa mempertanggung jawabkan jabatannya sih. Hati-hati loh bapa-bapa ibu-ibu pejabat,mungkin didunia kalian masih bisa santai-santai,belum tentu diakhirat kalian masih bisa nyogok malaikat buat meringankan hukuman..

Mari sama-sama kita doakan semoga para pemimpin kita sadar akan tanggung jawab mereka dan bisa membawa Indonesia ke arah yg lebih baik lagi..








Sumber :
Share on Google Plus

21 comments :

  1. subhanallah . . coba presiden kita kayak gitu ya

    ReplyDelete
  2. ini pemimpin idaman banget. coba ada pemimpin begini di Indonesia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma bisa bilang seandainya ada pemimpin seperti ini di negara kita

      Delete
  3. Subhanallah... itu serius nikahin anaknya 28juta rupiah? pemimpin yg begini nih yang harusnya jadi panutan rakyatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seriusaaaan ririiiis.. coba ibas-aliya yaaa..

      Delete
  4. Saya suka dengan gerakan politik yang diambil Iran. Lugas dan tegas menentang dominasi barat. Tapi tidak dengan aliran Syi'ah-nya. :) Hanya itu yang saya sayangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut aku ka,aliran apa saja pun itu selagi dia masih bertuhan sama dan berpedoman sama dengan muslim lainnya whats wrong ? :)

      Delete
  5. ntar jika aku jadi presiden juga gitu ah..

    ReplyDelete
  6. yaalloh ._.
    sederhana nya sesederhana sederhana ya._. *plakk*

    ReplyDelete
  7. Semoga yaah, presiden kita bisa kayak beliau :)

    ReplyDelete
  8. nunggu aku jadi presiden :D
    wish me luck

    ReplyDelete