majukan industri padat karya

Siapa yang menyangka sektor UMKM atau biasa disebut dengan usaha mikro menjadi salah satu penggerak perekonomian Indonesia. Industri-industri kecil yang berawal dari industri rumahan jika dikembangkan dengan baik tak ayal bisa menjadi salah satu pendorong turunnya angka pengangguran di Indonesia. Hal ini yang terkadang dilewatkan oleh pemerintah. Fokus pemerintah yang terlalu sering memusatkan pandangan mata pada sektor makro secara tidak sadar telah melupakan sektor UMKM atau industri-industri padat karya lainnya yang justru berkembang pesat di masyarakat. Tidak sedikit tangan-tangan kreatif Indonesia yang telah menghasilkan karya-karya yang begitu indah dan mampu bersaing di kancah internasional. Dengan adanya free trade menimbulkan banyak wacana bahwa pengusaha-pengusaha Indonesia belum dikatakan mampu bersaing di kancah internasional. Tapi tunggu dulu,saya tidak sependapat dengan wacana ini. Jika pemerintah,masyarakat,serta para pengusaha-pengusaha industri tersebut bisa bersinergi dengan baik,tak dapat dipungkiri Indonesia mampu bertahan bahkan menjadi raja dalam perdagangan internasional. Hal ini yang terkadang masih belum diperhatikan oleh pemerintah dan menjadi suatu kelemahan tersendiri bagi Indonesia dalam perdagangan Internasional.


Sesuai dengan judul yang telah saya buat,saya tidak ingin membahas betapa lemahnya peran pemerintah dalam mendukung tangan-tangan kreatif Indonesia. Sebuah video yang saya tampilkan diatas merupakan salah satu video katalog sebuah industri kreatif buah karya tangan Indonesia. Maika Etnik. Setelah saya mencari informasi lebih melalui facebook,ternyata Maika Etnik telah memiliki cabang dimana-mana dan memasarkannya melalui online shop. Berawal dari Bandung,Surabaya,juga Jakarta. Maika Etnik menjual berbagai macam jenis tas handmade,sepatu,tas laptop,serta smallcase / tempat handphone dan semacamnya. Yang membuat saya tertarik adalah design-design dari Maika Etnik yang khas,original yang mengacu pada gaya etnik modern yang attractive dengan kombinasi warna-warni yang serasi. Aplikasi yang diterapkan berupa sulam,kain perca,kancing,pita  dan renda yang dipadukan dalam satu tema. Harga yang terjangkau juga menjadi salah satu 
faktor pendukung industri ini agar dapat bersaing dengan produsen-produsen tas modern terkini.





Maika Etnik merupakan salah satu industri padat karya Indonesia. Dengan sinergi antara pemerintah,masyarakat,juga para pelaku industri-industri padat karya tak dapat dipungkiri Indonesia benar-benar bisa bertahan dalam perdagangan Internasional. Masyarakat. Yang merupakan target market diharapkan dapat mendukung industri-industri lokal seperti ini untuk ikut mendorong kemajuan industri-industri padat karya Indonesia. Perilaku konsumerisme yang lebih menyukai barang-barang import ketimbang barang lokal hendaknya dihilangkan. Secara tak sadar masyarakat ikut mematikan industri-industri lokal padat karya jika terus mendukung industri-industri luar. Para remaja yang gemar memakai barang-barang import pun harus diberikan himbauan moral untuk terus mencintai dan memakai produk dalam negri yang tak kalah bersaing dengan produksi luar negri. Dengan adanya peranan dari pemerintah dan para pelaku ekonomi, dapat mendorong industri-industri padat karya lainnya yang masih terpendam di Indonesia. Beberapa waktu lalu saya melihat berita tentang kemunculan mobil yang dibuat sendiri oleh anak negri,juga motor yang telah diproduksi dan dipakai sebagian orang. Hal ini menandakan bahwa Indonesia benar-benar mampu untuk menciptakan karya-karya baru yang bisa menandingi produk luar negri dan menjadikan salah satu kekuatan Indonesia. Nilai-nilai budaya yang begitu kuat yang tidak dimiliki orang lain,serta kekayaan alam yang dimiliki Indonesia sesungguhnya merupakan faktor pendukung yang tidak didapatkan di negara-negara lain. 







Dengan memajukan industri padat karya Indonesia,merupakan salah satu langkah menciptakan lapangan kerja baru dan menurunkan angka pengangguran di Indonesia. Permasalahan tenaga kerja bukan lagi permasalahan yang baru bagi Indonesia. Tingkat pengangguran dan kemiskinan yang masih tinggi merupakan faktor pendorong tingginya pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) keluar negri. Dan bukan pula masalah yang baru penyiksaan,serta penderitaan para TKI yang bekerja diluar negri dihadapi oleh Indonesia. Seperti dilansir oleh http://www.voanews.com/indonesian/news/Indonesia-Canangkan-Hentikan-Pengiriman-PRT-pada-2017-136811033.html , pengiriman TKI yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga akan dihentikan pada tahun 2017 dan digantikan dengan pengiriman tenaga kerja terampil. Dikutip dari artikel tersebut "Lebih lanjut Suhartono menjelaskan pihaknya akan mengembangkan ekonomi masyarakat di daerah yang menjadi kantong-kantong TKI dengan memberikan keterampilan tertentu. Sehingga, kata Suhartono meskipun pengiriman pembantu rumah tangga dihentikan pada 2017, mereka akan tetap memiliki pekerjaan". Pemberhentian pengiriman TKI yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga ini merupakan salah satu langkah yang positif yang diambil pemerintah. Namun alangkah baiknya jika tenaga terampil yang akan menggantikan pengiriman TKI ke luar negri digunakan sendiri oleh Indonesia untuk menghasilkan industri-industri padat karya lainnya atau karya-karya lainnya yang bisa menciptakan lapangan kerja baru di Indonesia. Saya ingat beberapa waktu lalu saat dosen saya menjelaskan tentang betapa kayanya Indonesia. Dan benar saja yang tercantum dalam lirik sebuah lagu "bukan lautan tapi kolam susu kail dan jala yang menghidupimu". Indonesia begitu kaya dengan alamnya yang mempesona dan segala sumber daya yang dimilikinya,mengapa kita harus mencari penghasilan keluar dari Indonesia jika dinegara sendiri begitu banyak kekayaan alam yang dimiliki. Mengapa kita harus berkarya diluar negri jika bisa berkarya dinegri sendiri. Maika Etnik merupakan salah satu simbol keberhasilan anak bangsa untuk menciptakan sesuatu yang baru yang bisa dijadikan penggerak perekonomian Indonesia. Sekali lagi saya tekankan,dengan adanya sinergi dari pemerintah,pelaku-pelaku ekonomi serta pelaku-pelaku industri tak dapat dipungkiri Indonesia bisa menjadi negara maju dengan segala hasil kerja keras sendiri dan apapun yang dimiliki oleh Indonesia. 


Dengan ini saya akhiri sambil meneriakan MAJUKAN INDUSTRI PADAT KARYA INDONESIA !!!!!!!!!!



Share on Google Plus

45 comments :

  1. Mantap, produk lokal memang harus jadi tuan rumah di negeri sendiri.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. SETUJU kaka !!!!!! masa diperbudak sama luar negri

      Delete
  2. wah bagus2 :o baru tau ada yg namanya industri padat karya eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah abru tau ya,kalo gitu perkenalkaaaan industri padat karya indonesia !!!

      Delete
  3. bener banget, majukan industri padat karya :)
    dengan begitu pengangguran2 bisa diseret masuk untuk menjadi karyawannya.
    Dan insyaallah nilai pengangguran di indonesia bisa berkurang :D

    GO PRODUK LOKAL!

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah kalau pemerintahnya bersinergi ya

      Delete
  4. Produk Indonesia kalo promonya bagus, pasti bisa melawan produk2 lain. :)

    ReplyDelete
  5. yap, padat karya adalah solusi minimnya lap. pekerjaan di negara ini

    btw selain lebih murah, produk lokal gak kalah keren loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg penting tetep terus berinovasi agar bisa bertahan ditengah2 persaingan ketat

      Delete
  6. cayo dukung kak noni! *maksudnya._.*
    emang bener kak, malah lebih etnic karya2 indo itu._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha dukung aku dapet pacar ya *eh..

      tentunya dooong indonesia miskin apa coba ?

      Delete
  7. wah lucu lucu banget :O
    ayo majukan industri padat karya , biar ngurangin pengangguran hehehe

    ReplyDelete
  8. bgs2 keren2 manteb2 dan pastinya menjanjikan,,kreatiF!!

    ReplyDelete
  9. Industri mikro memang kadang dilewatkan pemerintah yang kerap melirik Industri besar

    Regards,
    Twitter: @elloaris

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap betul sekali kaka pemerintah terfokus sama usaha2 makro yg menurut mereka menggerakan perekonomian dg baik

      Delete
  10. kalo kata ownernya MASPION INDONESIA: cintailah produk-produk Indonesia

    ReplyDelete
  11. Produk lokal laku berarti keuntungan negara meningkat, belum lagi kalau produk lokal kita disukai oleh negara asing dan mengimpornya dalam jumlah besar. Kekuatan Indonesia yang sempat menjadi 'macan asia' kemungkinan akan kembali lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali !!! ga ada kata ga mungkin Indonesia bisa menekan angka kemiskinan dg cepat

      Delete
  12. setuju..setuju...

    tas meika aku udah punya dua.. hoho *pamer*

    emang produk lokal juga ngga kalah bagus kooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaaaah good job !!!! majukan terus industri dalam negri yaaa !!!!

      Delete
  13. Such a great post! ^^ You have a great blog too, mind to follow each other? :)

    Cheers,
    Karina Dinda R. ♥
    BLOG | TWITTER | SHOP

    ReplyDelete
  14. setuju jeng!
    karya lokal juga banyak yang kreatip yak. musti bener2 diperhatiin sama pemerintah juga tuh!

    btw harusnya pemerintah membatasi barang2 import juga, sih. biar warga Indonesia mulai mikir dan berinovasi bikin sesuatu yg menarik.

    agak males juga skrg makin banyak mall dan toko2 dg brand2 terkenal. enek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. NAAAH !!! betul tuh pin !!! untung udah ada pembatasan pendirian mall yg udah dikeluarin sk nya sama foke. semoga industri dalam negri bisa berkibar !!

      Delete
  15. Wuuiih... Ayas kirain tuh Produk Luar Mbak.. ternyata eh ternyata Produk Bikinan Anak Negeri yg MANTAAFF BGT!!!
    LANJUUTKAAN!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu produk dalam negri. wah kayaknya i should tell the owner to pay me cause i promote her shop..lol

      Delete
  16. Setuju.
    Tinggal bagaimana melirik hati pemerintah untuk mendukung program ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan tinggal bagaimana peran pemerintah dalam memperhatikan industri2 kreatif indonesia

      Delete
  17. Sangat setuju.. Majukan Industri Padat Kary Indonesia .. !

    Kalo yang gw rasaka dan gw cermati (halahh) Masyarakat dewasa ini memiliki kemauan dan ide yang tinggi untuk berwirausaha. Tapi kalo udah mentok di pendanaan udah dah udah jadi bingung, minjem ke bank Ragu-ragu, ngutang ke tetangga juga takut gak bisa bayar so usaha bantet disitu2 aje dah :D hahahah [*curhat gw]

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh eh ada yg curcol toh.. haha.. nah karna itu bang peran pemerintah dibutuhkan,SANGAT dibutuhkan,biasanya para pengusaha kecil mentok dimodal,pemerintah harus bisa menjadi salah satu pendukung pendanaan tersebut

      Delete
  18. hal ini bisa dimajukan kalau dr segi mindset konsumen seperti kita harus dirubah,jangan beli barang dari luar aja kaya Zara & Lacoste tetapi justru kita seharusnya lebih interest sama produk buatan anak bangsa aja
    supaya sektor ekonomi kita kokoh jangan mau dijajah sama negara lain
    support for local brand

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul itu ka !! dimulai dari pribadi masing2 juga. sekarang aku mau brenti beli merek2 luar ah..*eh *ketauan deh*

      Delete
  19. kalo bukan kita siapa lagi yang harusnya memajukan industru padat karya indonesia,mumpung masih muda dan banyak kesempatan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. THATS RIGHT !!! kawula muda emang harus mendukung industri padat karya Indonesia dan tangan2 kreatifnya .. :)

      Delete
  20. dan mudah2an menjadi penggerak perekonomian dunia seperti cina pada nantinya. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiiin.. dan bisa menjadi negara maju.. *berharap*

      Delete
  21. >.<" tp sayangnya banyak orang yang beli produk dari luar, tapi sebenarnya itu dari indo sendiri produknya.
    fail banget dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tuh kaya bisnis ganja deh,lahannya dari aceh export keluar eh dikirim lagi ke Indonesia.

      Delete
  22. saya suka produk indonesia apalagi alat musik tradisional nya

    ReplyDelete