posisi menentukan prestasi

2:48 PM

alhamdulillah akhirnya bisa posting juga. apa kabar teman-teman ? sehat semuanya ? udah dapet pacar ? udah dapet jodoh ? hah beluuuum ? aduh sepertinya kalian harus cepet-cepet mandi kembang 7 rupa tiap malem jumat. nanti dapet jodoh non ? engga biar ilang sialnya maksudnya.
aduh sampe grogi gini nih mau posting saking lamanya ga posting,sampe lupa kalo saya ga punya pacar *eh ga termasuk itu jeng*.. sedikit curhat kemaren-kemaren eke ga bisa posting dan blogwalking sana sini karna sedang ujian. iya lagi UAS nih gan..tiap malem kerjannya SKS,tiap pagi kerjaannya gedor-gedor pos parkir yg belom dibuka biar dikasih masuk kekampus.. hah ngapain jeng pagi-pagi udah kekampus ? nah itu yg bakal gue bahas kali ini. ayo pasang sabuk pengaman dan siapkan diri utk menerima wejangan paling berarti tahun ini *digampar*..


kuliah. apa sih tujuan kalian itu buat kuliah ? cari ilmu ? cari pengalaman ? apa cari jodoh ? to be honest,seseorang yg kuliah pasti ada alasan kuat yg mungkin sebagian besar lainnya beralasan sama. mendapatkan pekerjaan yg lebih baik. bener ga sih ? survey dari beberapa teman sih begitu katanya. ga tau deh kalo ada yg tujuan kuliahnya buat manjangin rambut sama tebar pesona sana sini. nah dalam kuliah udah pasti ada yg namanya IP,indeks prestasi. apa sih persepsi kalian ttg IP itu sendiri ? harga diri ? harga mati ? bekal buat masa depan ? atau pajangan doang ? 
meraih IP tinggi itu butuh pengorbanan,yaitu dg belajar,berdoa,saling tolong menolong,cukur ketek biar wangi,dan lain sebagainya. meraih IP tinggi itu bisa dilakukan dg berbagai cara. kaya rajin belajar mengulas materi tiap malem,atau rajin belajar pas ujian doang,atau kaya gue misalnya rajin belajar tiap malem maupun tiap ujian.. << ini ga mungkin banget. *kipas-kipas pake kertas lecek*. ujian itu salah satu syarat melewati perkuliahan. yg nantinya nilai-nilai itu disatukan,setelah mereka bersatu mereka memutuskan untuk menikah,eh maksudnya setelah mereka disatukan itulah nanti lahir IP atau Indeks Prestasi.

banyak pendapat kalo IP itu ga penting. toh nanti di dunia kerja pun IP juga ga bakalan kepake. udah berpuluh-puluh orang yg bicara soal itu. kalau gue,ya gue percaya IP itu ga terlalu penting saat kita kerja nanti,tapi tunggu.. gue jg sedikit kontra trhadap pemikiran seperti ini. alasannya adalah :

1. kalo IP gue jelek dibawah 3, gue ga bisa ngambil semua mata kuliah, kalo ga bisa ngambil semua mata kuliah, makin lama lulusnya lah gue, makin lama lulus makin lama juga gue sukses..
2. kalo IP gue jelek,misalkan 2,5 atau malah dibawah itu (amit-amit naujubilah),gimana perusahaan menilai gue waktu ngelamar kerja entar. sertifikat organsisasi dan pengalaman segudang eh IP diliat segitu rendahnya,apa kata mereka ? mungkin dikepala mereka begini "ini anak dulu kerjaannya ngepel in genteng kampus aja kali ya IP bisa rendah begini.
3. mata kuliah pra syarat. ada beberapa mata kuliah pra syarat yg menyiksa gue utk meluluskannya dg nilai yg baik. karna apa,kalo gue ga lulus di mata kuliah pra syarat,ada beberapa mata kuliah selanjutnya yg kemungkinan ga bisa gue ambil,dg modal IP yg rendah dan mata kuliah pra syarat yg misalkan ga lulus,trus berapa lama lagi gue harus dikampus haaah ?

itu sedikit alasan kenapa gue berjuang mati-matian setiap ujian di kampus. ujian dikampus itu beda sama UAN atau UAS di sekolah yg posisinya udah ditentuin. kita dibebaskan memilih tempat duduk dimanapun yg kita mau. disini tentu banyak keuntungannya. kita bisa dengan bebas duduk dibangku manapun yg menurut kita nyaman mengerjakan ujian tanpa tekanan. kalian yg udah kuliah pasti sering denger kata-kata posisi menentukan prestasi. menurut gue itu 70 % benar. dari penjelasan gue diatas tadi,banyak sejumlah mahasiswa rela melakukan segala cara buat memperjuangkan IP nya. walaupun itu dengan dateng pagi tiap hari cuma buat nyari posisi tempat duduk yg paling strategis kesana kemari. strategis darimana non ? ya strategis buat "ngeliat" jawaban temen yg pinter. apalagi kalo bukan contekan. belajar sih udah,cuma saking banyaknya ya jadinya lupa-lupa dikit. akibatnya bela-belain dateng pagi buat nyari posisi aman dari pengawas. 

coba perhatikan gambar dibawah ini. 


ga usah perhatiin gimana mereka ngerjain ujian tenang begitu,perhatiin posisinya. posisi belakang pasti jadi favorite buat sebagian mahasiswa yg berpikiran posisi menentukan prestasi. walaupun pengawas kadang pasti jalan-jalan kebelakang tetep posisi dibelakang emang terbukti lebih aman untuk melancarkan aksi beberapa mahasiswa memenuhi lembar jawaban ujian mereka. 
praktek kaya gini emang salah. kita,mahasiswa berkoar-koar berdemo tolak korupsi,ganyang koruptor di Indonesia. tapi mereka sendiri masih korupsi jawaban ujian mereka. ya mau gimana lagi. kayaknya keadaan kaya gini bakal selalu berlanjut sampai generasi dibawah kita. kalo gue pribadi,gue salah satu penganut teori posisi menentukan prestasi. tp bukan berarti gue ga belajar atau emang dasar mau nyalin jawaban orang. belajar sih udah,tp kadang suka lupa beberapa bagian. ya namanya juga manusia.. *alibi*

oh iya pernah hari jumat kemaren,gue dateng jam 6. setengah 6 udah rapih jam 6 sampe kampus. pos parkir ternyata belom ada yg jaga.. ---________---

mungkin segini dulu opini gue. kalau ada yg pro maupun kontra silahkan isi comment box dibawah dg alasan kalian ya... thank you..


You Might Also Like

21 comments

  1. muahaha gue doain dah IP nya lebih dari 4, jadi nggak usah kwatir lagi IP nya di bawah 3 :D kwkwkw #plaaaks

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMIN YA ALLAH AMIIIIIIN...thanks yaaaaaaa dian ganteeeng..

      Delete
  2. wah o.o
    selamat yang udah seelesai ujian nya.
    liburan cari jodoh aja.

    ip?
    wkwkw.. ya penting lah. nyari kerja jaman sekarang harus ip diatas 3.
    tapi kalo skill seseorang nggak bisa di nilai dari ip.
    mangkanya banyak yang bilang ip itu nggak ngaruh, bukannya nggak penting.

    o.o

    buruan mandi kembang tujuh rupa sono jeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. benarkah itu jeng riki ? tapi IP itu juga diliat saat sang manager memilih siapa yg diterima kerja.kalo IPnya nasakom mungkin dia berpikir2 lagi bukan ?

      udah pake kemenyan ini gueee.

      Delete
  3. minggu depan gue UAS, mau duduk sama siapa nih biar IPK tinggi,
    aduh bingung temen gue yg pintar kurang dermawan =__=

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti itu PR untuk kamu shin agar bisa menyuap sang teman mun itu *eh

      Delete
  4. IP saya berapa, dari kelas 10 sampek kelas 11 saya gak tahu ip saya berapa hahahaha *kabur

    ReplyDelete
  5. Well, gak bisa dipungkiri, saya kuliah pun tujuannya untuk nyari nilai. :D

    DAn saya sepakat, emang bener posisi menentukan prestasi. Itu waktu dulu saya masih kuliah, kalo ruangan ujiannya besar, anaknya banyak, itu sebuah kesempatan besar. Pengawasnya cuma tiga! :D

    Terus ngambil kursi pasti yang di belakang. Hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAAAAAH..KITA SEHATI KAAKAAA..TOS DULU AAAAAH...

      Delete
  6. adooohhh bentar lagi gue kuliaaaahhh.....

    musti lewatin UN dulu lagi *males belajar*

    salam kenal ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jugaaaaa..jalanin aja dg ikhlas.. :)

      Delete
  7. Gua selalu lakukan yg terbaik. Kaga mikir harus A, tapi juga ga mau dapet nilai jelek. Hasilnya IPK gua terakhir 3,49...hahaha...kurang dikit buat cum laude ;p

    ReplyDelete
  8. hahahah benar juga t... sekarang gua masih ujian ne, tapi tempat duduknya di atur, gua dapat tempat duduk no 2.....

    mampir-mampir ke blog gua ya

    ReplyDelete
  9. kalo di ec kampus akku kayaknya pepatah ini gak berlaku. soalnya ketahuan melakukan hal yg mencurigakan , dampaknya nilai 1 semester musnah semua.. #tragis :(

    ReplyDelete
  10. pas ujian kemarin aku datangnya sering telat soalnya rumah jauh dari kampus, pas nyampe kampus bangku2 di belakang udah pada penuh :s
    sekalinya datang cepat n dapat tempat duduk di belakang eh pengawasnya malah duduk di belakang juga T_____T

    ReplyDelete
  11. Hahaha.. Posisi menentukan prestasi ini gue banget! :D

    ReplyDelete
  12. menurutku posisi menentukan prestasi bener banget...
    untuk IP g trlalu penting, yang penting adalah kita punya banyak temen, karena percaya gak percaya silahkan, semakin banyak temen yang kita punya semakin banyak pula rejeki kita.

    ReplyDelete