sinetron dan sinetron

Sebagai seorang mahasiswa sibuk aktif waktu untuk menonton televisi mungkin cuma punya sekitar 2 sampe 3 jam di waktu malam. Dan itu pun kadang-kadang. Kebanyakan waktu luang gue dirumah dihabiskan dg internet,main,ngobrol bareng keluarga,dan kadang baca buku/majalah-majalah bekas baru. Program televisi salah satu yang sering gue tonton itu mungkin film-film box office yang ditayangin sama beberapa stasiun televisi swasta. Semenjak trans tv menayangkan film-film box office dan banyak yang nonton, banyak pula stasiun-stasiun televisi yang menayangkan film-film box office amerika. Program televisi lainnya yang gue suka itu antara lain mungkin standup comedy nya metrotv,tv series amerika yang ditayangin Bchannel, sama program-program talkshow atau berita-berita televisi. Selebihnya jarang banget gue tonton. Diantara program-program televisi itu ternyata sinetron masih menjadi favorite masyarakat Indonesia. Jangan salahkan sutradara / stasiun televisi yang terus menayangkan sinetron-sinetron dengan wajah-wajah fresh artis-artis muda Indonesia, tapi coba pikir dengan kepala dingin. Suatu acara / program tidak akan terus ditayangkan kalo tidak ada penikmatnya. Sama aja kaya jualan lontong isi abon (emang ada jeng?) kemudian laku keras dan si pengusaha lontong tadi merambah menjadi penjual arem-arem isi oncom (apa pula ini). Dengan kata lain, rating tetap berbicara dibanding dengan standar kualitas lainnya yang seharusnya ditampilkan pertelevisian Indonesia.

Salah satu sinetron Indonesia yang berlanjut sampe anak cucu. 

Cinta fitri. Mungkin diantara pembaca ada yang penggemar cinta fitri ? Sebelumnya mohon maaf ini hanya opini seorang jeng blogii yang terlalu iseng untuk menulis tulisan ini. Sampai pada saat tulisan ini diterbitkan mungkin saya sudah menjadi DPO ibu-ibu dharma wanita dikomplek saya. Cinta Fitri adalah salah satu sinetron yang ceritanya sampai anak cucu *eh,maksudnya yang ceritanya terus berkembang seperti perasaan ku padamu. Masih inget dengan sinetron TERSANJUNG jaman dulu sampe ada topi-topi,kaos-kaos,dengan tulisan sambung "tersanjung" Dulu ekey punya topinya loh cyiiiin. Nah cinta fitri ini salah satu sinetron yang selevel dengan tersanjung. Dimana ceritanya dibuat menjadi entah berapa season. Terakhir yang gue tau sampe season 7. Kalo ada lagi ya tolong dimaapin maklum tipinya masih tvri. Cerita yang terus berkembang dipenuhi dengan family drama,perebutan harta, cinta,dll itu masih menjadi tayangan favorite ibu-ibu rumah tangga yang tersebar di pulau-pulau Indonesia. Mungkin anak si ibu rumah tangga pencinta sinetron ini merayakan ulang tahun yang ke-2 bertepatan dengan cinta fitri dimulai di stasiun televisi Indonesia. 



Kehadiran bintang-bintang muda didunia entertainment menambah jumlah sinetron yang ditayangkan distasiun televisi. Abis sinetron ini selesai ganti lagi dengan yang ini. Dan kadang masih dengan artis yang sama. Seperti si tante nikita willy. Mulai dari ketuker anak,sampe terakhir gue liat cuplikan sinetronnya si tante nikita dibikin anak kembar yang satu orang kaya dan terkenal yang satunya artis. Yang jadi pertanyaan gue adalah, kemana tayangan srimulat ? #abaikan. Kehadiran bintang-bintang muda itu yang katanya memberikan warna baru dalam sinetron diyakini bisa mendongkrak rating dari sinetron-sinetron yang ditayangkan. Rating emang ga pernah bohong. Buktinya semakin banyak sinetron-sinetron baru bermunculan setelah sinetron yang ini abis. Dan begitupun seterusnya.


Sebagai salah satu penggemar gossip girl,bukan promosi,tapi menurut gue sinetron-sinetron Indonesia terkadang perlu sedikit mengintip cerita-cerita episode dari tv series hollywood yang fresh,tidak berlarut-larut,dan tidak dipenuhi dengan drama serta perebutan harta. Cerita di setiap episode yang selalu berbeda dengan tetap pada alur kisah dan ditayangkan dengan waktu yang cukup (engga lebih dari 1 jam) membuat tv series hollywood lebih asik buat ditonton. Bintang-bintang muda yang tampil tanpa dempulan make up dan dengan actingnya yang pas menjadi alasan tv series ini patut dan layak untuk dibuat sampai season 8 sekalipun. Kisah romance yang natural dan dukungan dari setiap aktor aktris nya dikemas dengan acting yang ciamik. Cerita setiap tokoh juga pas dengan apa yang diperankan. Misalnya kalo dia masih murid sekolah ya diberikan acting yang sepantasnya murid sekolahan. Bukan dibuat-buat seperti murid sekolah. Salah satu sinetron di sctv,salah satu bintangnya berperan sebagai anak SMU dimana tampangnya sudah sangat tidak mendukung dia sebagai anak SMU. Dan selayaknya pula seorang anak remaja itu engga diberikan alur kisah yang terlalu berlebihan. Kasian dong masih remaja tapi koq masalah hidupnya kayaknya beraaaaat banget. Yang broken home lah, yang dijahatin sama temennya sampe segitunya lah, yang sampe ikut-ikutan dibully karna harta lah. Mungkin kalo didunia nyata si anak remaja itu udah ngelem mulu kerjaannya tiap hari. 

Selanjutnya mungkin kita patut mencontoh drama korea yang sering ditayangkan indosiar. Tipe-tipe drama korea yang selama ini gue tonton itu berciri khas dengan meletakan klimaks cerita ditengah-tengah. Misalnya drama tersebut terdiri dari 25 episode maka klimaksnya itu dikitar episode 19-23. Sedangkan episode terakhir biasanya diisi dengan scene bahagia. Bukan seperti sinetron Indonesia yang dari awal aja udah dijahatiiiiin mulu kayaknya. Sepatutnya kita contoh tv series ciptaan asing yang mungkin sisi positifnya patut untuk diambil. Selama kita mencontoh yang baik-baik kan tidak masalah demi tayangan yang berkualitas dan mendidik masyarakat kita. 

Olraiiit,selanjutnya gue akan memberikan kalian tips jika hendak menonton salah satu sinetron yang ditayangin stasiun televisi kita :
1. Siapkan es batu. Karna mungkin kepala anda akan mengeluarkan asap saking kesalnya.
2. Siapkan boneka untuk pelampiasan kekesalan terhadap pemeran antagonis.
3. Siapkan peralatan make up untuk mengintip bagaimana orang yang sedang tidur dalam sinetron dg make up dan eye shadow yang masih sangat nyata dimatanya.
4. Siapkan remote tv untuk mengganti chanell kalau-kalau darah tinggi sudah tanda-tanda mau kumat.
5. WARNING !! tidak dianjurkan menonton bersama pacar karna menyebabkan keretakan hubungan dan perbedaan pendapat cerita selanjutnya.

Nah.. mungkin 5 tips diatas bisa dijadikan pedoman temen-temen untuk bersiap-siap sebelum serangan jantung atau tiba-tiba ngecek ke dokter ternyata mengidap darah tinggi. Sekian opini jeng blogii kali ini. Tetap tonton tayangan yang berkualitas dan mendidik. Dan tetap dampingi ade-ade nya yg masih kecil agar tidak terkena serangan jantung sejak dini.

Share on Google Plus

20 comments :

  1. Ada satu point lagi yang membuat film Indonesia kurang enak untuk ditonton Jeng. Yaitu jika semakin tinggi rating sebuah judul film maka semakin banyak pula porsi untuk iklannya, jadi film yang pada episode 1-10 bisa maksimal 1 jam (atau sampai 50 menitan) bisa menjadi sekitar 20 menit untuk acara, sisanya dipakai buat iklan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BENAAAAR !!!! kalo tv series luar itu ga bakal sampe sebanyak indonesia iklannya. udah ceritanya ga penting banget lagi dipotong2 iklan bejibun gitu ya.

      Delete
  2. Sinetron di Indonesia itu terlalu tidak menarik, cerita-nya relatif sama. Dan episode-nya terlalu banyak, sehingga kadang cerita-nya semakin lama semakin aneh di setiap episode-nya.. Tidak seperti drama korea yang rata2 episode-nya hanya belasan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. whaaaat ? apri nonton drama korea jugaaaa ?

      Delete
  3. muahahhahhahha :))
    pas bobo bukan cm eye shadow doank yg kliatan,tp lipstiknye jg msi tebel gila :))
    barangkali,,itu yg namanya srimulat masa kini wkwkkkw

    ReplyDelete
  4. kayanya saya pernah liat topi tersanjung pas kecil, tapi bajunya belom. atau yang saya liat itu si jeng jangan - jangan ?!

    ReplyDelete
  5. Apapun katanya gue palinggg maleeess nonton sinetron!!
    mending tidur..
    hahahaha..

    Salam kenal kk..
    saling follow yuuk, ntar pasti gw folbek, makasih yaa!!

    ReplyDelete
  6. aih aih sinetron sekarang awut awutan. kalau bisa sih dari tiap channel di bikin kolaborasi aja jadi ga ganggu program lain yg lbh manfaat :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi kepikiran kalo sinetron dikolaborasi gimana yaaa.. #abaikan

      Delete
  7. Baru tau tuh ada pernak-pernik ala tersanjung itu sis, hahaha kalo pake kaos si timmy sih masih unyu, tapi kalo kaos tersanjung, Oh Noooo....

    Oia aku juga paling geli masalah make up kalo ngomongin sinetron Indonesia, perannya jadi rakyat jelata, tapi make upnya menor begitu...
    *tepuk jidat

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaaaah bener tuh ci. kadang lagi tidur tapi make up kaya mau nyinden gitu ya..

      Delete
  8. untungnya aku ndak suka sinetron2 gituan. . .. yang aku suka ntu kaya Anak kaki gunung dll yang lebih ngena dari sisi kemanusiaannya. . . .

    sinetron kaya gitu mah sampah lebay

    ReplyDelete
    Replies
    1. si bolang ya maksudnya ? apa sinetron yg baru di sctv itu ya yg ngrengek minta sepeda ?

      Delete
  9. wkwkwkww sinetron lagi ,tapi aku suka sinetron putri yang di tukar itu lho
    sampek hafal pemainnya
    rizky
    amira
    tuan prabu
    banyak dech
    wkwkwkwkww :D

    ReplyDelete
  10. setujuuu.. #tosss
    gw jga paling males liat sinet2 gaje gitu,
    kadang sering berantem en ngumpet2in remot gara2 si emak pengen nonton sinet -__-"

    panjangnya episode itu juga sangat tergantung sama rating, samakin bagus ratingnya, ya makin panjang deh dibuat cerita sinetnya..makanya makin gajelas aja jalan ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan ujungnya cuma bikin yg punya darah tinggi umurnya lebih pendek lagi ya

      Delete