antara SDA dan kebutuhan manusia

Salah satu cekungan PT. Freeport di Papua

Sumber Daya Alam yang terbatas menjadi salah satu kendala pemenuhan kebutuhan hidup manusia yang tidak terbatas. Dalam ilmu ekonomi selalu disebutkan seperti ini. Waktu kita SD/SMP dulu kita belajar tentang kebutuhan manusia,primer sekunder tersier. Tapi ternyata pendidikan dan kesehatan masuk kedalam kebutuhan manusia yang sangat penting. Selanjutnya kita diajari tentang Sumber Daya Alam sebagai alat pemenuh kebutuhan hidup kita yang terbatas jumlahnya. Beberapa SDA bisa diperbaharui beberapa lagi tidak bisa diperbaharui. Dengan kata lain SDA yang kita pakai jumlahnya terbatas dan dalam penggunaannya kita harus seefektif mungkin. Itu menurut ilmu ekonomi yang pernah kita pelajari.


Kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Selain primer sekunder tersier, manusia butuh pendidikan serta kesehatan untuk bisa tetap bertahan hidup. Tapi kalo manusia jaman 2012 gini sih selain yang disebutkan diatas itu masih banyak tambahan-tambahan kebutuhan hidup lainnya. Misalnya nonton konser artis-artis luar negri yang ngantri tiketnya sampe nangis-nangis segala dan nginep-nginep juga. Belum lagi ada gadget baru yang keluar pasti itu bakal jadi kebutuhan tambahan setelah kebutuhan-kebutuhan pokok kita terpenuhi. Menurut ilmu ekonomi sih manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas akan kebutuhannya kan? Coba liat para wakil rakyat kita yang gajinya udah alhamdulillah malah ga puas dan ujung-ujungnya korupsi. Itu salah satu bukti kalo manusia adalah makhluk yang ga pernah puas sekalipun dikasih gunung emas. 

Semakin berkembangnya zaman kebutuhan manusia selalu bertambah. Waktu jaman pa harto dulu mungkin punya hp yang titut titut bunyinya udah cukup,tapi sekarang punya hp yang ga bisa internet mungkin seorang remaja bisa kejang-kejang setiap satu jam sekali. Entah emang kena ayan entah ga tahan kalo ga twitteran. Yang jadi masalah ya alat pemuas kebutuhan manusia itu. Kita selalu dihadapi dengan kendala bahwa Sumber Daya yang kita punya terbatas. Kata siapa ?



SDA yang berlimpah
Indonesia adalah salah satu negara yang dilimpahkan banyaaaaaaak SDA oleh Allah SWT. Dari mulai sawah yang terbentang luas dari sabang sampai merauke, cekungan-cekungan tambang yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelilingi oleh lautan dan ikan-ikan yang berlimpah ruah, hutan-hutan belantara yang menyumbang oksigen besar bagi rakyatnya, tanah yang ditanami apa aja bisa tumbuh, dan masih banyak lagi. Tapi kenapa kita masih import beras ? Kenapa kita masih mengikuti harga minyak mentah dunia ? Kenapa BBM kita naik ? Kenapa kita ga bisa bikin motor sendiri ? Kenapa kita masih jadi fakir asmara tertindas ? KENAPA OH KENAPAAA !!!! Jawabannya simple, manusia tidak mengikuti apa kata Rasulnya. 

Nabi Muhammad bersabda, "berhentilah makan sebelum kenyang". Satu kalimat yang kalo diartikan itu bisa memiliki banyak arti dan tersimpan banyak makna yang kadang kita ga pedulikan. Seandainya kita berhenti makan sebelum kenyang, apa kita akan kekurangan ? Seandainya kita memenuhi kebutuhan sampai kata CUKUP apa kita akan kekurangan alat pemuas kebutuhan ? Seandainya pemerintah memberikan subsidi kepada fakir asmara apa APBN akan defisit ? Jawabannya sebenarnya kita yang tahu. 

Manusia tidak pernah puas terhadap kebutuhan-kebutuhan hidupnya yang sudah terpenuhi. Ini jauh sekaliiiiii dari makna kalimat "berhentilah makan sebelum kenyang". Sama jauhnya seperti seorang fakir asmara mendambakan pangeran William menjadi pendamping hidupnya. Kita penuhi kebutuhan kita sampai kata CUKUP apa kita akan kekurangan alat pemuas kebutuhan ? Kenapa bisa kita kekurangan SDA ? Kenapa bisa BBM kita naik ? Kenapa bisa fakir asmara galau tiap malem minggu ? Kalo tetap kekurangan alat pemuas kebutuhan coba kita liat SDA kita yuk..


Diatas ini adalah peta penguasaan migas oleh perusahaan-perusahaan pengolahnya. Coba cari bendera merah putih kita ? Kalo ketemu saya kasih jodoh ya.

Selain pemenuhan kebutuhan kita yang tidak pernah cukup,ternyata SDA kita terbatas itu disebabkan karna ini juga loh. Kita ambil contoh dari sektor migas. Peta diatas itu mewakili kalo SDA-SDA kita yang kaya dikuasai oleh pihak-pihak swasta atau pihak asing. Dari sabang sampai merauke ga ada bendera kita berkibar disalah satu perusahaan pengolah migas. Bahkan ada beberapa bendera negara tetangga deket kita loh. Entah pemerintah kita mau beramal sama negara-negara kaya atau emang lagi pengen dibilang negara paling baik yang bagi-bagi SDA.

BBM naik masyarakat makin sengsara.
Biaya operasional pengolahann BBM dari bahan baku menjadi bahan jadi itu hanya sekitar Rp 500- Rp 600. Menurut perhitungannya Kwik Kian Gie (tulisannya lupa gimana). Harga BBM sekarang Rp. 4500. Lantas empat ribunya kemana itu jeng ? Dikemanakan ya ? Karna perusahaan-perusahaan yang mengolah itu milik swasta / asing jelas aja empat ribunya itu merupakan profit buat mereka. Bukannya tujuan suatu perusahaan mendirikan usahanya itu meraup keuntungan yang sebesar-besarnya dengan modal yang sekecil-kecilnya. Tapi bukannya dalam Undang-undang kekayaan negara itu digunakan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakatnya ya ? Terus kenapa bisa bahkan masyarakat harus masih tetap sengsara walaupun hidup diatas tanah emas ? 

Islam juga mengajarkan kalau kita beramal itu harus kepada orang-orang terdekat kita yang membutuhkan. Indonesia itu dalam menjalani ibadahnya mungkin salah kaprah. Disekelilingnya masih banyak orang-orang yang membutuhkan,tapi koq ya pemerintahnya beramal ke negara-negara lain yang jelas udah kaya ? Harusnya pemerintah beramal dulu kerakyat-rakyatnya yang membutuhkan. Baru beramal kenegara lain. Bukannya itu yang dimaksud beramal kepada orang-orang terdekat dulu. 


Penuhi kebutuhan sampai kata CUKUP.
Bicara soal SDA yang berlimpah tapi kenapa kita masih kekurangan ada baiknya kita penuhi kebutuhan kita dengan tidak berlebihan dan sampai kata cukup. Selain itu, SDA memang berlimpah, sekalipun itu terbatas Allah udah menyediakan gantinya untuk kita loh. Coba liat, misalnya BBM naik, mungkin Allah lagi pengen ngeliat kita buat gunain barang lain yang diberi nama SEPEDA. Atau daripada naik mobil sendiri mungkin Allah pengen kita ngerasain gimana desak-desakan di bus. Alat pengganti pemuas kebutuhan itu kalau kita mau mencari dan menggunakannya pasti ga ada yang namanya kelangkaan alat pemuas kebutuhan. Contoh lain harga cabe naik, kita punya halaman rumah yang tanahnya subur, kenapa kita ga tanam cabe sendiri dirumah ? (FYI, cabe saya gagal tumbuh di 6 tempat yang sudah saya tanam). Jadi sebenarnya ga ada kelangkaan akan alat pemuas kebutuhan. Karna kita Indonesia. 







Pic Source:




Share on Google Plus

16 comments :

  1. Suka banget ama tulisannya. Dan perlu juga diketahui, latar belakang wakil presiden kita itu neo liberalisme, jadi jangan heran kalau kebanyakan kekayaan alam kita di manfaatkan oleh swasta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiiiiih :)
      yap betul tuh !! antek2 neolib masih jadi pemimpin negeri kita

      Delete
  2. Great post! I'm enjoy reading it :) Mind to follow each other? ^^

    Join my International Giveaway, win Goodie Bags with a total value of IDR 500,000.- (USD 55). Click here ˆ⌣ˆ
    Cheers,
    Karina Dinda R. ♥
    BLOG | TWITTER | SHOP

    ReplyDelete
  3. postingan yg bgus,,,,
    te2p mmperhtikan sekitar...
    :D

    MAMPIR ke blog qu yah... ^_^
    selamat menikmati blog qu

    ReplyDelete
  4. Padahal kalo gak dikuasai asing Indonesia bisa jadi negara kaya lho, SDA kita tuh termasuk yg terbanyak di dunia, tapi saham2nya malah dijual2 sm asing. Kita belum merdeka. Kita masih berlindung di bawah ketiak negara lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir seluruh perusahaan pengelola minyak bumi dikuasain asing gimana kita mau makmur ya ka -___-

      Delete
  5. aduuuh terpukau sama gambar pertama =D

    ReplyDelete
  6. masihkah kita dijajah?
    itu sbnernya pertanyaan yg sampai skrng msh jadi misteri! hiiiiyyyy,, serem :p

    ReplyDelete
  7. pake sepeda di jkt enaknya pas CFD doang, selain itu bae2 ditabrak kopaja. belom lagi musti ngirup asap polusi -_-

    btw cekungannya keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa.. yg ada seminggu sepedaan TBC ya pin

      Delete
  8. freeport hmmm :)

    nice posting, aku setuju untuk mengikuti sunnah Rasul :D

    ReplyDelete
  9. yah... sayang gak bisa nemuin bendera putih, gagal dapet jodoh deh #NangisDarah -_____-"

    Nice post :)

    ReplyDelete