welcome to the new world !!!

11:15 AM

Hallooooo ade-ade yang baru mau masuk SMP atau SMA. Gimana nilai ujian kalian ? Bagus kah ? Mengecewakan kah ? Dont be worry, nilai ujian itu tidak membuktikan kalau nantinya kalian tidak bisa sukses. Bumi terus berputar dan selama kalian terus berusaha, belajar, dan berdoa, nothing is imposible. Dunia baru udah menanti kalian didepan. Just a couple of weeks  later kalian akan menyandang status murid baru SMP / SMA yang kalian pilih sesuai hati kalian. Iya kan ? Itu pilihan hati kan bukan pilihan orang tua ? Sekalipun itu pilihan orang tua dan you have to accept that, coba deh berpikir positif atas apa yang orang tua kalian lakukan untuk kalian. They know what the best for their children. Untuk yang akhirnya masuk ke sekolah pilihan kalian sendiri, congrats yaaaa karna kalian akhirnya bisa mewujudkan impian kalian. But, untuk yang belum bisa masuk sekolah favorit pilihan sendiri, just think that akan ada hikmahnya jika kalian bersekolah di bukan salah satu sekolah favorit dan pilihan kalian. Akan ada cerita yang lain dari sekolah yang bukan pilihan kalian itu. Dan akan ada banyaaaaaak cerita yang ga akan pernah kalian bisa lupakan didunia sekolah baru kalian nanti. Nikmati aja apa yang ada didepan kalian. Dont be stress and dont be scared jika masa depan kalian disekolah itu tidak sebagus jika kalian sekolah disekolah yag favorit. Masa depan cerah itu tidak tergantung dengan dimana kalian sekolah dan bagaimana sekolah kalian. Masa depan cerah itu tergantung pada diri kalian sendiri. Jadi tetap semangat sekalipun kalian gagal masuk sekolah favorit. Because i was in your position last time. Ga bisa masuk ke SMP favorit setangerang selatan, first time i got the information, i cried. Ya, waktu pertama kali tahu kalau ternyata ga ada nama gue di daftar murid baru SMP favorite itu, nangis adalah hal yang pertama terjadi. Then, i have to move on and finally got a new world with a new school and also incredible friends. And i have my own stories there. Meskipun akhirnya bersekolah disekolah swasta yang ga favorit amat, i just being happy that time. Dan masih ada waktu untuk bisa mewujudkan impian masuk ke sekolah favorite lagi. Yakni SMA. Dan akhirnya berbekal usaha, belajar dan doa, saat masuk SMA finally i got my favorite highschool. Alhamdullillah akhirnya bisa masuk ke salah satu SMA favorite setangerang selatan. Nah selama kalian berusaha dan berdoa serta percaya semua indah pada waktunya, insya Allah semua itu akan datang tepat pada waktunya. Jadi jangan pernah menyerah karna menyerah hanya untuk orang-orang yang gagal.

Theeeeeen, gimana yang mau masuk kuliah ? Kemaren udah ikut ujian apa aja ? Ikut SNMPTN ? Ikut UMB ? Ikut USM STAN ? Trus udah follow twitter aku ? *eh. Dan sekali lagi, kampus favorite itu bukan salah satu ujung tombak dari usaha kalian. Masih banyak koq kampus swasta yang memang ga kalah kualitasnya dengan yang negri. Ada atmajaya, Trisakti, Binus, Parahyangan, dan masih banyak lagi sederet nama kampus swasta yang emang ga kalah kualitasnya dengan yang negri. Sama dengan kalian masuk SMP / SMA yang bukan pilihan kalian, you will have your own story di kampus yang bukan favorite kalian. Dan gagal pada ujian-ujian yang telah kalian ikuti juga bukan salah satu pembuktian hasil kerja keras kalian. God has his own story for us, dan Dia memang sudah menyiapkan jalan kita masing-masing. Dulu juga berbagai macam tes sana sini gue ikutin, dan memang semua itu juga membutuhkan ridho/restu dari orang tua. Saat kita berusaha sekeraaaaas apapun untuk bisa masuk UGM sekeras apapun untuk bisa masuk ITB, saat orang tua kita tidak merestui kita, kemungkinan besar kalian tidak akan bisa menyandang sebagai mahasiswa UGM atau mahasiswa ITB. Karna restu/ridho orang tua adalah ridho Allah swt. 

Mahasiswa sebenarnya berbeda dengan mahasiswa yang di FTV

Untuk kalian yang baru lulus SMA, gimana udah dapet kampus untuk lanjutin study kalian ? Pasti yang ada dibenak kalian itu "ga sabar pengen jadi mahasiswa, dan ga sabar untuk lepas seragam, ke kampus pake baju bebas, rambut boleh gondrong kaya yoda idol" dan pikiran-pikiran indah lainnya seputar kampus yang kalian bayangin saat kalian jadi mahasiswa nanti. Mungkin yang demen nonton FTV pasti udah kebayang gimana jadi mahasiswa seperti yang digambarkan di FTV escetepe itu. But trust me, mahasiswa sebenarnya itu jauuuuh berbeda dengan mahasiswa FTV yang hobby ngegalau kalo ga ketemu gebetan sehari. Mahasiswa sebenarnya itu ga seindah kehidupan mahasiswa di FTV. Kalian akan dihadapi dengan tugas, penelitian, dan bayang-bayang IP harus tinggi, serta masih banyak lagi. Apalagi saat kalian kuliah diluar daerah kalian, lebih banyak lagi yang dipikirin. Gimana caranya bertahan hidup selama satu minggu dengan uang selembar Rp. 50.000 an, gimana caranya tetep bisa makan enak walaupun dompet lagi krisis, dan gimana caranya mendapatkan hati si dia disaat aer dikosan lagi kekeringan *oke ini ga nyambung*. Berbeda jauh kan dengan yang digambarin di ftv. Nabrak cewek dikampus, jatuh cinta, pedekate, dll. Its so old time. Dan tidak berlaku didunia kampus nanti. Salah-salah kalian masuk status STMJ (Semester Tiga/Tujuh Masih Jomblo) atau masuk pasukan PMDK (Pendekatan Mulu Dapet Kaga). Mungkin menjadi mahasiswa itu tidak seindah kalian bayangkan seperti di ftv, kalo dibilang komposisi hidup kalian itu adalah 40 % bahagia, 69 % campur aduk, tergantung gimana kalian mencampur bahan-bahannya. Kalo kebayakan gula bisa terlalu manis, kebanyakan garam pun terlalu manis. Tapi yang jelas banyak hal yang akan kalian pelajari dan baru kalian dapatkan ketika kalian menjadi mahasiswa. Gimana kalian adaptasi dengan orang-orang baru yang lebih bervariasi ketimbang temen-temen SMA dulu, gimana kalian bisa menjadi orang yang mandiri dan ga tergantung dengan orang lain, karna saat kalian menjadi mahasiswa itu kalian dituntut untuk tidak tergantung dengan orang lain. Orang lain ga akan rela menunggu beberapa semester lagi untuk lulus bareng kalian kan ?. Dan saat menjadi mahasiswa nanti kalian juga akan merasakan gimana macam-macam teman. Tetep jaga diri dan pagerin diri kalian dengan yang baik-baik. Karna bisa-bisa teman yang buruk itu bisa berpengaruh pada hidup kalian. Menjaga diri sendiri dari jeratan pergaulan yang kebablasan itu baik untuk diri kita sendiri dan masa depan kita. Jadi tetep waspada dengan dunia baru kalian nanti. Karna angin selalu bertiup ke arah sesukanya. 








Sumber Gambar :

You Might Also Like

10 comments

  1. Yup, dulu sewaktu aku mau masuk kuliah, aku slalu kebayang2 enaknya jadi mahasiswa gara2 sering banget nonton FTV d escetepe itu... hahaha... truly, ndak banget deh... jauh beda :D

    btw, selamat ya buat adek2 yang udah lulusan, naik kelas, dpt sekola baru, dsb dsb...

    nice post :) I like it

    ReplyDelete
    Replies
    1. ftv mendoktrin sluruh lapisan anak muda haha

      Delete
  2. thats right, parents always know the best for the children..

    ReplyDelete
  3. Dunia nyata itu lebih keras dari FTV.
    Btw, dengan jadi mahasiswa gua jadi sadar akan berharganya hal yang disebut waktu tidur, apalagi tidur siang. Suatu hal yang terabaikan selama periode SD-SMP-SMA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan tidur puas hanya bisa dirasakan saat LIBURAAAAAAN...

      Delete
  4. wah,, saya sedang sial karena adik saya tidak diterima di smp favorit..

    ReplyDelete
  5. Semangat buat yang mau dapat skolah idaman ya, wa doain bisa lulus hehe


    Btw temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh - PUTRA LANGIT ONLINE - dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> http://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => http://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG "LEGENDA PUTRA LANGIT" yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo

    ReplyDelete
  6. ternyata tak selamanya masuk jenjang sekolah itu
    selalu menyenangkan apa lagi kalau lagi MOS/ospek
    ampun2 gaya seniornya.
    tapi
    dibalik kepahitan itu pasti ada kemanisannya
    sampai diabetes kalau berlebihan
    hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dooong diabetes kan berbahaya hihihi

      Delete