friendship

Mencari seribu musuh di dunia ini mudah, tapi mencari satu teman itu sulitnya luar biasa. Coba orang lagi jalan depan rumah trus dikata-katain sambil timpuk pake batu, pasti langsung jadi musuh abis itu. Sedangkan coba inget-inget waktu pertama kali masuk SMP / SMA dulu gimana susahnya cari temen yg nyaman sama kita. Trus beberapa bulan kemudian baru deh ketemu temen-temen yg nyaman setelah melalui beberapa proses. Ada salah satu ungkapan kalau "tidak ada teman yg sejati di dunia ini". Pernah denger lagunya opick,yg salah satu liriknya itu begini "bila waktu tlah memanggil, teman sejati hanyalah amal" #mendadakkangenbulanpuasa. Nah mencari teman sejati harus dimulai dari sendiri. Gimana kita tulus berteman ke sesama, gimana kita ikhlas berteman dengan orang lain, gimana kita memperlakukan orang lain dengan baik dan ga ada motif selain hanya ingin berteman, itu semua sama dengan kita beramal. Beramal untuk diri kita sendiri. Karna dengan kita mulai dari diri sendiri, nantinya kita akan mendapat feedback yang sama. Hukum alam, siapa yg menanam dia yg menuai. Siapa yg berbuat baik dia yg akan menikmati hasilnya. 

Masa-masa kampus itu masa dimana mencari teman itu jadi salah satu tantangan yang sulit. Karna salah-salah teman kita itu mau berteman dengan kita hanya karna ada maunya, misalnya kita cantik, eksis, pinter, dan supel. Trus dia mau nemenin kita biar kecipratan dikit efek samping dari keeksisan kita. Temen yang kaya begitu mah buang aja ke laut kasih ikan hiu yang lagi beranak. Cari temen dikampus itu juga harus cerdas, salah-salah kita keseret pergaulan yang terlalu bebas. Anak SMA jaman sekarang aja udah berani bikin film biru sendiri, gimana yang kuliah. Zona bebas bagi anak muda untuk mencoba hal-hal yg baru. Narkoba, alkohol, sex bebas, dan masih banyak lagi. Jadi tantangan besar juga tuh buat kita kuatin diri kita dengan pagar iman supaya ga terpengaruh sama temen-temen yang ngajak ke hal-hal kaya gitu. 

They stay with me at my best and at my worst
Postingan ini sebenernya masuk kategori special post untuk teman-teman gue yang selalu ada disamping gue, Waktu gue butuh mereka saat mata kuliah yang susyaaaah, waktu gue butuh mereka saat ga ada orang yang diminta tolong ngurusin acara, waktu gue egois dengan pendapat sendiri, mereka ada buat gue. Tulus, ikhlas, ga ngedumel, bahkan pada saat gue yang keseringan egois ini sering marah-marah, they stay there and stand with me. Mungkin kebanyakan orang bilang kita itu lebay, terlalu peduli satu sama lain, terlalu mikirin yang lainnya, dan terlalu terlalu lainnya, tapi satu hal yang mungkin jarang orang lain punya. Mereka adalah keluarga kedua buat gue. Masalah pasti ada, gondok-gondokan pasti ada, salah ngomong pasti ada, beda pendapat apalagi, tapi mereka selalu bisa mengalah, mereka selalu bisa menyisipkan sedikit ego masing-masing dan musyawarah layaknya pelajaran PPKN jaman SD. Power rangers emang cuma 5 biji, seven icon juga cuma 7 orang, tapi 7 orang gila itu berperan melebihi power rangers dan 7 icon bagi kehidupan gue dikampus *perumpamaan ga nyambung*. 



Dan gue mau bilang makasih atas kesabaran kalian ngadepin gue yang keras kepala, dan egois ini, makasih karna udah mau bantu gue disaat gue butuh kalian, dan makasih banyak atas segala dorongan, motivasi, dan ketulusan kalian. Thanks for deserve me at my worst and at my best.. Thanks for be there when i have no one to call helping me tidy up the mess thing, thanks for be my lecture, be my sister, be my doctor, be my garbage can, be my trainer, and many else. Semoga Allah SWT membalas setiap kebaikan kalian dan kesabaran kalian selama ini.. 

Share on Google Plus

0 comments :

Post a Comment