i named her annisa

Dunia ini diisi dengan makhluk Allah yang beraktifitas setiap hari. Dan tentunya makhluk Allah bukan hanya manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Tanpa kita sadar kadang kita tidak hidup hanya dengan mereka yang bisa kita lihat dengan kasat mata. Tanpa kita sadar kita ternyata hidup berdampingan dengan mereka yang tak kasat mata. Terkadang kita sering merasa seperti ada orang lain lewat disamping kita setelah kita cek ternyata tidak ada siapa-siapa dan "ah mungkin perasaan saja" adalah kata-kata yang keluar setelah kita merasakan ada yang lain baru lewat. Ternyata memang kita harus hidup berdampingan bukan hanya dengan mereka yang kasat mata, dengan mereka yang tak kasat mata pun kita harus hidup berdampingan. Karna bahkan sebelum kita ada, mereka sudah ada lebih dahulu. Sebelum kita tinggal dirumah kita yang sekarang, mereka sudah menempatinya terlebih dahulu, sebelum kita injak bumi tempat tinggal kita yang sekarang, mungkin mereka sudah menginjaknya lebih dahulu. 

Fenomena gaib kadang selalu dinilai negatif oleh orang lain. Banyak orang mengira kuntilanak itu adalah arwah ibu hamil yang meninggal saat melahirkan, banyak orang mengira pocong itu adalah arwah yang tali pocongnya itu lupa dilepas, atau genderuwo adalah hantu yang kebanyakan creambath dan hair spa sehingga berbulu lebat, atau masih banyak cerita-cerita lain seputar "hantu-hantu" tradisional asli Indonesia lainnya. Padahal mungkin manusia hanya ditipu oleh setan, dipermainkan oleh setan, atau diledek oleh setan karna manusia percaya dengan apa yang diperbuat setan. "Mereka" memang ada, dan wujud mereka memang lebih bervariasi dibandingkan manusia yang sempurna dengan sepasang mata, hidung, mulut, dan organ tubuh sempurna lainnya. Tapi mereka yang sudah mati tidak akan berurusan lagi dengan kita yang masih hidup. Urusan mereka hanya dengan malaikat-malaikat dialam kubur dan hanya dengan Allah SWT. Dan kita mungkin terlalu bodoh untuk mempercayai mereka bisa hidup kembali ke dunia ini. Legenda-legenda masyarakat lain mungkin masih diyakini oleh masyarakat sekitar, contohnya seperti kerajaan gaib di pelabuhan ratu. Karna ilmu saya masih sedikit tentang dunia gaib mungkin teman-teman pembaca bisa mencari informasi yang lain tentang kerajaan-kerajaan gaib seperti ini disumber lainnya. Yang ingin saya bahas kali ini adalah tentang "mereka" yang tinggal disekitar saya. 

I named her annisa. Dia seorang wanita dan dia hanya butuh seorang teman. Sudah, itu saja yang saya dapatkan dari Ustad yang menjadi guru spiritual keluarga saya. Suatu hari saat om saya mencari-cari adik saya dan berteriak memanggil adik saya, kadang-kadang annisa menyahut menyerupai suara adik saya. Sekali dua kali dia menyahut saat tetangga memberikan makanan ke rumah saya sampai tetangga percaya bahwa ada orang dirumah dan meninggalkan makanannya diteras rumah. Sekali dua kali dia mengucap salam (waalaikumsalam) saat orang lain selain anggota keluarga saya yang bertamu kerumah saat tidak ada orang dirumah. Dan tentunya tidak perlu ditanya, sudah sering kali dia mengganggu saya saat saya harus begadang sampai malam mengerjakan tugas kuliah. Annisa tidak menganggu, dia tidak jahil seperti teman-temannya yang lain. Oh mungkin harus saya ralat, dia tidak jahil kepada orang selain saya. Kadang dia menggoyang-goyangkan tempat tidur saya saat jam 12 malam saya masih asik berkutat dengan internet. Kadang dia menggoyangkan layar monitor saya saat saya terus "mlotot" kearah monitor. Dan saat saya bentak dia pun diam. 

Sampai pada ketika ibu saya mulai penasaran siapa gerangan yang selalu menyahut dari dalam rumah ketika tidak ada orang, ibu saya pun mencoba untuk mediasi dengannya melalu ustad saya itu. Sepulang kuliah saya kaget sudah ada ustad saya didepan pintu kamar diam cukup lama sampai setengah jam. Oh ternyata dia sedang mediasi dengan annisa. Setelah mediasi ustad saya pun bertanya perihal Annisa. Apa saya sering diganggu dia. Saya menjawab sekenanya karna saya takut dia sakit hati. Karna kalau sampai "mereka" sakit hati, mereka tidak akan ngetweet "aku galau" tapi mereka akan langsung bikin saya galau dg menjahili saya. Hanya teori saya. Selanjutnya Saya bilang saya tidak diganggu hanya kadang-kadang saja. Dan ustad saya kembali bercerita, ada yang menunggu dikamar saya. Seorang perempuan yang akhirnya saya beri nama Annisa. Annisa sudah lebih dulu berada dikamar saya bahkan sebelum rumah saya didirikan. Annisa tidak mau dipindah ketempat lain dia hanya ingin dikamar saya dan dia berjanji dia tidak akan jahil kepada keluarga saya. Ustad saya kembali bercerita, Annisa hanya butuh teman. Karna itu kadang kalau saya begadang sampai malam dia sering jahil mengerjai saya. Saya tidak mau bertanya banyak kepada ustad saya perihal Annisa. Apa dia cantik,dan kenapa dia butuh teman. Apa dia salah satu makhluk yang unsocial dialamnya,atau dia tidak main twitter karna itu dia tidak supel saya tidak ingin tahu banyak. Yang saya tahu hanya, ada yang lain dikamar saya dan dia hanya butuh teman.

Mengetahui bahwa ada yang lain dikamar saya tidak membuat saya takut. Untuk apa ? Saya diciptakan didunia ini lebih tinggi derajatnya dari mereka. Untuk apa saya takut dengan mereka ? Sebagian keluarga saya mungkin boleh merasa agak sedikit ngeri karna harus tidur didalam kamar yang ternyata ada yang "lain". Tapi bagi saya tidak. Saya merasa tidak sendiri didalam kamar. Saya merasa punya teman walaupun memang saya tidak bisa melihatnya dan saya tidak berharap untuk bisa melihatnya. Kalau cantik ya saya mungkin ga akan ngeri, tapi kalau kebalikannya yang ada saya malah minta pindah kamar. Sekarang Annisa jarang menjahili saya ketika saya begadang sampai malam bahkan saat saya nonton bola sampai pagi. Tapi saya tetap merasa dia berada dikamar saya. Setiap pulang kuliah dan masuk ke dalam kamar saya selalu mengucap salam. Karna mereka sebagai makhluk juga ingin dihargai. Mereka punya perasaan loh. Buktinya kadang jika kita tidak berbuat sopan kepada mereka, tidak sedikit dari mereka yang marah. Banyak kejadian seperti ini yang berujung pada seorang manusia yang kesurupan. Itu menunjukan bahwa mereka juga memiliki perasaan. Karna saya berpikir Annisa juga berperasaan saya selalu menghargai keberadaannya dikamar saya. Dan saya tidak ingin mengusirnya karna ternyata dia sudah lebih sesepuh tinggal ditempat saya. Oh iya ada cerita tentang Annisa yang ketinggalan, ustad saya bilang kalau saya sholat annisa pergi cari angin keluar dari kamar saya, sampai saya selesai baca al-quran dan berhenti ibadah dia kembali masuk kekamar saya. Ya mungkin dia kepanasan dan ingin cari angin segar dulu diluar sambil ngecengin teman-temannya yang tampan.

I named her Annisa. Sekelebat terbersit dibenak saya waktu saya ingin menamakannya Annisa. Ini hanya sedikit cerita tentang Annisa. Dan pesan saya, kita tidak perlu takut dengan makhluk astral, makhluk gaib, atau dengan yang mereka sebut kuntilanak, pocong, genderuwo, dan sebutan-sebutan wow lainnya. Karna nyatanya mereka hidup berdampingan dengan kita dan tidak bisa dipisahkan karna kita hidup dalam bumi yang sama namun pada dunia yang berbeda. Kita tidak perlu takut dengan mereka karna hanya dengan kita merasa takut dengan apa yang ada disekitar kita (mereka),mereka akan semakin menggila dan asik untuk menjahili kita. Karna itulah berkembang apa itu yang namanya arwah penasaran, pocong, ibu hamil yang melahirkan meninggal menjadi kuntilanak dan cerita-cerita masyarakat lainnya. Jika kita adalah orang yang beriman, kita hanya akan percaya satu, Tuhan kita (saya dan umat muslim lainnya) adalah Allah SWT dan tidak ada kekuatan lain selain kekuatannya. Dan semua yang telah diambil olehnya akan kembali kepadanya dan tidak berurusan lagi dengan kita yang masih hidup. Semakin kita berani semakin mereka takut dan menciut untuk berurusan dengan kita. Dan sekali lagi, percayalah pada Allah SWT dan dengan kekuatannya yang maha segalanya..








Sumber Gambar :

Share on Google Plus

40 comments :

  1. Wah, ga kebayang klo di rumah saya ada yg nunggu >,<
    Saya ga berani...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya emang ada yg nunggu ? elo tinggal disitu kan dat ? brati elo yg nungguin dong hehehe

      Delete
  2. Wah, sama donk. Tapi kalau di rumah aku di depan pintu kamar aku. Untungnya dia ga pernah ganggu aku,dan aku ga pernah ganggu dia. Saya juga jaga perasaan dia.. Katanya sih "mereka" yg menghuni rumah kitasering menjaga rumah kita dari perbuatan jahat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya beneeer !! karna orang pikir emang penghuni rumahnya ada dirumah hahaa bener banget

      Delete
  3. kadang gue juga ngerasain, tapi ga masalah kalo emang ga gangggu :D
    non, kalo dia annisa baca post mu ini gimana ya?
    mungkin dia bakal bikin akun twitter dan onlen disaat lo molor XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. si annisa gaptek ja dia masih maen prenster kaga maenan pesbuk.. hahahaha

      Delete
  4. Replies
    1. HAHAHAHAHAHAHAHAAAAAA biar tenar kaya annisa chibi

      Delete
  5. sempat serem.. tapi ngakak pas baca komen di atas ane ini.. wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaaaa yg punya nama annisa protes ya

      Delete
  6. annisa jail begitu muslimah banget yah non berarti? hihihi emang, kadang orang malah melebih-lebihkan keberadaan mereka,padahal kan kesian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. muslimah gimana toh rat ? wong kalo gue sholat dianya kabur,gue selesai dia nya masuk lagi. hahahaa, iya kadang orang melebih-lebihkan ya.

      Delete
  7. halo jeng, ternyata kamu pemberani juga ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah yah,takutnya sama Allah aja :)

      Delete
  8. postingannya memotivasi kita jadi berani, alhamdulillah belum pernah diganggu. Ternyata dia ga kuat juga kalo ada yang lagi beribadah haha tapi kok ada yang ga takut juga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalo ga takut itu dia adalah bagian dari kita, makhluk yang menyembah allah gitu jeng :)

      Delete
  9. "Mereka punya perasaan loh. Buktinya kadang jika kita tidak berbuat sopan kepada mereka, tidak sedikit dari mereka yang marah." <-- betul banget. sempat kejadian juga dikota gue soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak kejadiannya emang ya haha,kayak kesurupan dll gicu gicu

      Delete
  10. hiii..sereeeem, moga aja wajahnya cantik ya mbak, kayak Annisa cherybelle .. bhihik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya biar bisa aku promosiin jadi personel chibi ya hahaha

      Delete
  11. Kalau aku gak bakalan berani deh.. >_<
    Tapi postingannya bagus banget, aku sukaa :))
    Eh kak, mau saling follow blog atau tukeran banner gak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiiiii ya cantik. banner nya lagi males utak atik kapan-kapan aja ya kalo lagi banyak waktu :)

      Delete
  12. oww.........
    ga' mau disuruh pindah??
    kalau manusia diberi kemampuan untuk melihat mahluk seperti mereka, maka akan terlihat bahwa jumlah mereka banyak sekali dan sudah tidak ada tempat untuk pindah lagi. sudah penuh......

    ReplyDelete
    Replies
    1. whaaat ? jadi gitu ya om ? yaampuuuun baru tauuuu :o

      Delete
  13. Jika kita adalah orang yang beriman, kita hanya akan percaya satu, Tuhan kita (saya dan umat muslim lainnya) adalah Allah SWT dan tidak ada kekuatan lain selain kekuatannya.

    Kata kata ini pernah denger, di dua dunia Trans7...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ga tau deh kalo sama. tapi itu murni karya tulisan aku.

      Delete
  14. semalem baru baca 1 paragraf tapi aku tutup, nunggu besok siang baru selesai baca haha :D

    ReplyDelete
  15. Hiyaa... untung bacanya siang bolong :O
    agak mrinding dikit bacanya...
    emang setiap rumah pasti ada, takut sih iya...
    tapi kalau lagi kepepet ga takut... *misal kebelet
    atau pas mau sholat juga ga pernah kepikiran, takutnya ilang...
    soalnya km ku rada serem...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg namanya kepepet mah orang - orang juga mending pipis langsung neng daripada dikasur :D

      Delete
  16. INi beneran? >___<
    kenapa harus Annisa Non?
    gue tiba" langsung kebayang sama Annisa anggota girlband itu .. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa iya kan tadinya dia juga suruh audisi tapi ga mau

      Delete
  17. Untung bacanya pagi.... tp tetep aja bikin merinding, serem kayaknya kalo ada temen yang gak kdliatan di rumah, apalagi di kamar. Ya..moga Anisa baik-baik y, gak kumat jahilinnya..
    ini coment perdana. slm kenal y :)

    ReplyDelete
  18. Mampir kesini krn ngeliat twit Kamu Jeng...

    Wih, asyik juga tuh. Jadi ada teman di kamar kalau lagi kesepian. XD

    ReplyDelete