euforia menjadi mahasiswa baru

8:45 PM

Dan, liburan panjang pun telah berakhir bagi mereka para mahasiswa yang sedang menikmati liburan semester genap ini. Bosan? Tentu, tapi tidak bagi mereka yang memanfaatkan liburan ramadhan ini dengan mudik ke kampung halaman bertemu sanak saudara dan keluarga yang tercinta. Anak-anak rantau pun kembali ke habitatnya untuk sementara menikmati suasana yang telah lama mereka rindukan. Karna liburan pun telah berakhir, dan rutinitas pun akan segera dimulai, saya masih menerima oleh-oleh dari kampung halaman tempat teman-teman mudik ramadhan kemarin loh untuk teman-teman yang mau membagi oleh-olehnya.. #abaikan. 

Penerimaan mahasiswa baru pun dimulai pada beberapa kampus yang sudah memulai masa orientasinya setelah hari raya idul fitri. Masa-masa "indah" menurut para lulusan SMA yang akan melanjutkan ke jenjang sarjana pun segera dimulai. Namun harus diawali dengan sedikit pengorbanan rasa malu dan ikhlas karna harus menghadapi beberapa tuntutan para senior dikampus. Masa orientasi dimana para senior unjuk gigi pun telah dimulai. Wajah yang biasanya polos dipasang dengan tampang sok galak supaya para mahasiswa baru (yang kemudian akan disingkat maba) menjadi segan dan menghormati kakak-kakak senior mereka dikampus. 

Dulu, sewaktu saya masih SMA saya berpikir jadi mahasiswa itu ENAK. BEBAAAS sebebas-bebasnya orang yang menuntut ilmu, layaknya seperti yang layar televisi tunjukan, jadi mahasiswa itu begitu santai. Wara-wiri sana-sini cari gebetan, nongkrong bareng temen-temen kampus, bahkan seperti apa yang digambarkan televisi, jatuh cinta kepada mahasiswa / i lain pun terlihat begitu mudah. Cukup pura-pura menabrakan diri lalu dua minggu kemudian sudah resmi berpacaran. Kalau menjadi mahasiswa sesantai dan seenak yang ditampilkan pada film-film televisi, mungkin kategori mahasiswa abadi sudah dihapuskan dari perundang-undangan kehidupan mahasiswa. 

Mahasiswa baru, dimana kita masih bertanya-tanya, apa sih kampus ? apa sih ini jurusan yang kita ambil ? gimana sih kehidupan anak-anak kampus ? gimana sih rasanya jadi mahasiswa ? atau mungkin untuk yang merantau bertanya-tanya, bisakah saya bertahan hidup ditengah-tengah kejamnya dunia perkuliahan ? Beribu pertanyaan berkumpul di otak para mahasiswa baru, dan untuk menjawab pertanyaan itu semua, mungkin saya bisa kasih usul "jalani saja dulu, nanti juga ngalir kaya air". Karna perlahan-lahan pasti kita tahu apa yang selama ini kita pertanyakan. Karna waktu yang akan menjawab semuanya. Ibarat ada orang mau move on, itu hanya waktu yang bisa menjawab apakah dia bisa move on dengan sukses atau justru sebaliknya.

Menjadi mahasiswa awalnya memang saya mengira seindah seperti yang televisi tampilkan, tapi pada kenyataannya mungkin kalian akan segera melemparkan pertanyaan seperti "APA INI SEMUAAAA?". Ya, menjadi mahasiswa yang sebenarnya tidak seindah di FTV. Bukan maksud saya untuk membuat kalian menjadi patah semangat, bukan. Saya hanya ingin memberikan kalian bekal supaya kalian cepat-cepat mengumpulkan tenaga, semangat, dan segala perbekalan yang sekiranya akan kalian butuhkan setelah menyandang status mahasiswa. Menjadi mahasiswa yang sebenarnya jauh dari kenyataan yang FTV tunjukan pada kita. Kita dihadapkan dengan tugas yang menumpuk, target IP tinggi untuk bisa mengambil semua mata kuliah selanjutnya (tergantung kebijakan universitas masing-masing), presentasi sana-sini, organisasi sana-sini, menganut paham "posisi menentukan prestasi", dan hal-hal lain yang tidak pernah kita pikirkan dikala kita menjadi mahasiswa.

Mungkin terdengar sangat berat, tapi jika dijalani dengan ikhlas, sabar, dan penuh semangat, insya Allah menjadi mahasiswa memberikan kita banyak pelajaran akan hidup. Saat kita menjadi mahasiswa baru, kita semangat untuk setiap hari pergi kekampus belajar dikelas dan curi-curi pandang kepada teman-teman baru, dan saat kita menjadi mahasiswa baru keuangan pun masih mencapai kata makmur, saat kita menjadi mahasiswa baru mungkin semuanya akan terasa asing namun masih mudah untuk dipahami. Tidak untuk seterusnya, banyak tantangan yang menunggu kalian yang harus kalian lewati. Orientasi baru awal dari perjuangan yang harus kalian lakukan selama kalian menjadi mahasiswa. 



Yap, benar sekali. Menghilang dari dunia blogging, dan sedikit terpinggirkan di dunia maya dikarenakan akyu lagi sibuk jeng untuk mengurus persiapan kegiatan orientasi pengenalan kampus kepada mahasiswa-mahasiswa baru. Ditambah lagi sepanjang bulan ramadhan alhamdulillah disibukkan dengan kegiatan kampus dan kegiatan rutin buka bersama dengan teman-teman. Dunia nyata memberikan banyak kesibukan sampai-sampai sedikit kuper didunia maya. Karna hidup itu harus balance, antara maya dan nyata harus seimbang. Bersua dan eksis didunia maya, ada baiknya diimbangi pada dunia nyata loh jeng. Jadi mungkin jika kalian terlalu banyak berkutat dengan dunia maya, ada baiknya untuk sedikit keluar dari kemayaan dan menemukan banyak pelajaran diluar sana. 

Mungkin kata penutup diatas agak sedikit tidak bisa disambungkan dengan tema tulisan saya kali ini. Tapi kalo kata bondan prakoso, ya sudahlaaaah..
Pesan saya untuk mereka yang telah menyandang status mahasiswa adalah "FEEL THE AIR OF YOUR CAMPUS"..yeaaaaah.. #gaknyambung

You Might Also Like

12 comments

  1. like bgt sama kata-kata :"menjadi mahasiswa yang sebenarnya tidak seindah di FTV" haha.

    wah kayaknya tau nih foto ospek di kampus mana hihi

    ReplyDelete
  2. ecieee noni jadi mentor :p pantes dari kemaren lewat depan uin maba berseliweran dengan atributnya, hihihi~
    jadi mahasiswa itu berjuta memang rasanya :3

    ReplyDelete
  3. bentar lagi aku yg akan merasakan siksaan itu.. -___-

    ReplyDelete
  4. smngat ajah buat kuliah,, jgn mikir FTV.. :D

    ReplyDelete
  5. jadi inget nih dulu pas ospek ampe pernah ga mandi gara2 telat bangun, hehe nd pernah nulis sambil ketiduran, ya amsih syukur ga ileran yaa, hehe..
    lagi bikin prosa nih, follow nd komen balik yaaa...

    ReplyDelete
  6. Hihihi memang sekarang lagi heboh-hebohnya ospek ya jeng, tetanggaku malah dapet tugas bawa nyamuk 4 pasang gitu. Padahal semua juga nggak yakin gimana ngebedain yg mana betina dan mana yg jantan, hahaha...

    ReplyDelete
  7. namanya juga tv ya mbak, penuh fantasi dan ilusi kehidupan manusia, hehe.

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  8. selamat bergabung di rimba belantara kampus :)

    ReplyDelete
  9. wah seru menjadi mahasiswa
    saya lum pernah merasa ...

    salam sukses :)

    ReplyDelete
  10. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    jujur dalam segala hal tidak akan mengubah duniamu menjadi buruk ,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    ReplyDelete
  11. yang paling berat bukanlah dimasa OSPEK'a tp melainkan dimasa kita menanggung semua beban hidup biaya sekolah & hidup,dan itu yang sedang aku rasakan saat ini & mungkin kedepan'a lagi

    ReplyDelete
  12. pastinya, dunia kampus atau dunia apapun itu enggak pernah seindah FTV
    hehehe
    btw outfit adek barunya keren euy
    kalau aja ada yang kreatif, pasti justru bikin mereka terlihat fashionable banget dg kostum begitu.

    ReplyDelete