Pasca Ramadhan

2:35 PM

Assallamualaikuuuuuuuuuuuuum.. 
Yang jawab salam insya Allah kalo jomblo segera dipertemukan dengan belahan jiwanya, yang LDR segera diberikan petunjuk dikala hubungannya sedang genting, dan yang pacaran untuk segera dinikahkan karna pacaran terlalu lama itu tidak baik.. Pernah saudaranya teman saya pacaran lama tapi alhasil engga jadi nikah, sedangkan yang pacaran sebentar tau-tau udah mantap untuk nikah..eh maap.. *fokus jeeeng fokuuuus*.

Alhamdulillah bisa update blog yang telah lama ditinggal ini, tenang aja kalian tidak akan menemukan kata-kata "duh blognya berdebu nih banyak kecoa mati dipojokan" atau kata-kata lain sejenis 'duh blog akyu udah banyak sarang laba-labanya niiiiic", karna tentu saja merawat blog lebih mudah ketimbang merawat hati yang sudah rongsokan dan kosong. Merawat hati yang kosong itu ibarat merawat rumah yang ditinggal mudik penunggunya, harus pelan tapi pasti. Karna salah sedikit bisa dicuri orang, orang yang salah.. woooooooooooiiii fokuuuuus jeeeeng fokuuuus.. okeee, mari kita fokus.. Bulan ramadhan telah berlalu ya ? Tiba saatnya bulan syawal yang memiliki giliran untuk diisi dengan kebaikan-kebaikan dan ibadah-ibadah yang masih sama kita kerjakan ketika ramadhan. Meskipun keberkahan, pahala, kebaikan-kebaikan, kebahagiaan-kebahagiaan yang kita dapatkan pada bulan ramadhan tidak bisa kita dapatkan pada bulan-bulan yang lainnya, tentu kita harus tetap menjadi hamba Allah bukanlah hamba Ramadhan yang hanya beribadah pada bulan ramadhan saja. 

Idul Fitri kali ini akhirnya kita merayakannya bersama-sama, pemerintah memutuskan Idul Fitri 1433 H jatuh pada hari kemarin, Minggu 19 Agustus. Indahnya kebersamaan.. Walaupun begitu, banyak saudara-saudara semuslim kita yang merayakan dihari sebelumnya. Tidak apa asalkan masih satu pedoman yakni Al-quran dan hadis,juga berpegang pada dalil-dalil yang ada, insya Allah bukanlah menjadi perkara yang masih terus kita bicarakan setiap tahunnya. Karna yang menilai baik tidaknya seorang muslim hanya Allah SWT,kita hanya manusia biasa yang jauh dari sempurna dan tidak pantas menilai baik / tidaknya hamba Allah lainnya. 

Ramadhan telah berlalu, bulan dimana iklan-iklan televisi berubah menjadi sarat makna dan pesan-pesan kebaikan. Seandainya iklan-iklan dibulan biasa bisa sebagus bulan ramadhan. Bukan cuma iklan beberapa  pria berbadan kekar yang bernyanyi menggunakan topeng.. Ya sudahlah itu tak perlu dibahas. Ramadhan telah berlalu, bulan dimana kita menemukan banyak orang bersedekah kepada sesama, ya meskipun hal ini kadang dijadikan peluang bagi mereka yang mengaku tidak mampu, tapi hanya dibulan ini orang-orang berbondong-bondong untuk bersedekah kepada sesama. Mengadakan banyak acara amal sejenis saur on the road, bagi-bagi takjil gratis, bakti sosial, serta acara-acara lain sejenisnya.

Usai ramadhan kita kembali kepada rutinitas seperti biasa. Yang kuliah tetap pergi kekampus seperti biasa, yang sekolah menjalani hari-hari sekolahnya , yang single tetap mencari belahan jiwa meskipun tidak semudah mencari anak kodok di selokan tapi mereka harus tetap berusaha. FOKUS JENG FOKUS !! Ya, usai ramadhan kita dihadapkan kepada rutinitas yang tidak mewajibkan kita menahan lapar dan haus seperti pada bulan ramadhan. Rutinitas yang kadang membuat kita lupa untuk tetap membaca dan mengkhatamkan al-quran,rutinitas yang kadang membuat kita lupa untuk bersedekah satu sama salin, rutinitas yang kadang membuat kita lupa untuk tetap bersyukur atas apa yang dimiliki selama ini, rutinitas yang membuat kita meninggalkan masjid kembali sepi seperti sedia kala,dan rutinitas-rutinitas duniawi yang kadang membuat kita lupa akan Sang pencipta. 

Pasca Ramadhan merupakan masa dimana seseorang terlahir kembali, banyak yang bilang "mulai dari NOL lagi", seandainya itu dikatakan pada sang mantan mungkin bisa bermakna ambigu, tapi mulai dari awal lagi adalah berkah Ramadhan yang diberikan Allah SWT. Bulan ramadhan merupakan bulan latihan kita, setelah hari kemenangan tiba kita menjadi jiwa yang menang yg sepatutnya menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Mulai hubungan baik kembali kepada teman, sahabat, keluarga, tetangga, dan man...ah sudahlah.. 

Pasca Ramadhan sepatutnya kita tetap bersilaturahmi dengan sesama bukan hanya pada bulan Ramadhan saja dimana kita hanya berkumpul dengan teman-teman sekolah yang dulu, teman-teman lama, dan teman-teman lainnya. Tapi pasca ramadhan tali silaturahmi hendaknya tetap terjalin antara sesama dan tidak diputuskan. Karna menjaga tali silaturahmi merupakan hal yang sulit dibandingkan membangunnya. Sama seperti menjaga hubungan baik dengan mantan. Itu adalah hal yang sulit. 

Mungkin banyak selama ini kata-kata yang salah terucap sengaja / tidak sengaja, perbuatan yang lebih banyak salahnya ketimbang benarnya, juga tulisan-tulisan yang membuat hati tidak enak membacanya, saya mohon maaf lahir dan batin jika tulisan opini-opini saya jauh dari kata baik. Jika banyak dari tulisan saya yang tidak memberikan manfaat bagi pembacanya, dan atau tulisan-tulisan lainnya yang membuat pembaca mengenang luka lama. Manusia adalah makhluk yang selalu melakukan kesalahan. Sekecil-kecilnya kesalahan, saya dari SPICE GIRL 2012 *ralat , saya nonni mohon maaf lahir dan batin.. semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi , lebih bertakwa, dan lebih dekat denganNya.. Amin ya Rabb..






You Might Also Like

12 comments

  1. Mohon maaf lahir batin juga Jeng. Serta tak bosan-bosan saya mengucapkan bahwa saya telah memaafkan segala kesalahan anda baik yang tidak sengaja apalagi yang sengaja.

    Semoga kita masih diperkenankan untuk bertemu bulan Ramadhan dan lebaran tahun depan, serta dipertemukan dengan belahan jiwa agar tidak selalu menyesali kepergian man[Receiving Text]

    ReplyDelete
  2. Itu di paragraf pertama kalimat terakhir kayanya buat gue ya.. :'''''''''''(

    ReplyDelete
  3. pasca Ramadhan opor ayam, daging rendang dan minuman cola sudah menungguku :9

    ReplyDelete
  4. Nooniiii,,,

    Maaf lahir batin ya,,!?

    jangan lupa follow back, wajib! #maksa *potensidosabaru

    ReplyDelete
  5. mohon maaf lahir batin yaa..
    selepas Ramadan jangan lupa puasa Syawalnya

    ReplyDelete
  6. padahal mau protes tuh tadinya,karena ngaku anggota Spice Girls tp untung sadar :D
    kalau aku sekarang lebih fokus kuliah aja,soalnya sebelum lebaran kemarin udah pamit sama bos kantor untuk itu semua & sedih karena karyawan pertama itu gw disana #cup2

    ReplyDelete
  7. mohon maaf lahir batin
    mudah2an ramadhan membawa banyak perubahan buat diri kita :)

    ReplyDelete
  8. I was lazy to actually go and other people's comments on the web .. but this time I was eager to comment here, after reading his article, go read it!
    ^ _ ^

    ReplyDelete
  9. Mantap,, rate terbaik dah buat blog nya , terutama buat postingan yang ini ...
    salam blogger.

    ReplyDelete
  10. Selamat hari raya idul fitri ,mohon maaf lahir dan batin ,salam bloger

    ReplyDelete