birokrasi or birocrazy

2:41 PM

Disini mungkin sudah banyak yang merasakan bagaimana lambatnya pihak kelurahan jika kita hendak membuat kartu identitas keberadaan kependudukan kita atau biasa kita sebut KTP. Lambatnya proses menyebabkan sebagian orang menyerahkan pembuatan ktp kepada RT setempat dengan membayar sejumlah uang yang sebanding dengan kecepatan waktu yang kita tunggu untuk mendapatkan sebuah kartu kecil itu. Saya sendiri juga tidak mau repot-repot untuk mondar-mandir RT-RW kemudian ke kantor kelurahan dengan segala ribetnya sistem yang mereka punya untuk pembuatan ktp. Bukan hanya pembuatan ktp lama, sekarang pembuatan e-ktp atau ktp elektronik (yang sampai sekarang tak kunjung diberikan) juga menuai protes disana-sini disejumlah kelurahan. Contohnya dikelurahan tempat saya. Untuk cepat masuk dalam pendataan dan foto ktp elektronik saja masih terjadi praktek kkn. Beberapa warga bisa cepat masuk dan dipanggil oleh pihak kelurahan untuk pengisian data dan pengambilan foto elektronik jika memberikan sejumlah rupiah kepada petugas tersebut. 

Menurut survei pnpm mandiri, Indonesia menempati tempat kedua birokrasi terburuk di Asia setelah India. Menyedihkan bukan ? Suatu pekerjaan rumah yang sampai sekarang belum bisa diselesaikan oleh pemerintah kita yang klemer-klemer seperti banci taman lawang. Indonesia yang bisa dikatakan negara yang "katanya" pertumbuhan ekonominya menopang perekonomian dunia nyatanya masih memiliki masalah pelik terkait birokrasinya. Praktek kkn tidak terlepas dari birokrasi Indonesia. Memudahkan ini memudahkan itu, mempercepat ini mempercepat itu menjadi alasan orang-orang menghindarkan birokrasi yang buruk ini yang malah makin memperparah birokrasi negara kita. Tidak jauh-jauh selain kelurahan, beberapa institusi seperti institusi pendidikan pun birokrasinya sangat lah ribet dan lama. Jika kita ingin membuat ini kita harus kesana, setelah kesana kemudian kita kesitu, setelah kita kesitu kemudian kesana lagi, dan lain sebagainya membuat sebagian orang merasa tidak nyaman dan akhirnya memutuskan untuk mempercepat dengan jalan praktek kkn tadi. 

Singapura merupakan kota dengan birokrasi terbaik di Asia. Apakah kita harusnya malu dengan negara kecil yang tidak punya sumber daya sendiri itu ? YA, kita seharusnya malu dengan singapura yang telah naik tahta menjadi salah satu negara maju dari negara berkembang. Birokrasi Singapura berorientasi pada kepuasan pelanggan, serta pembaruan terus-menerus terhadap cara dan hasil kerja. Bagaimana dengan Indonesia ? Kalian punya jawaban masing-masing. 

Sedangkan bagaimana dengan kita yang mengaku kaum terpelajar menyikapi birokrasi negara kita yang parah ini ? 

Praktek KKN ini datang dari masyarakat kita sendiri. Yang sudah terlalu terbiasa dengan "jalan cepat" dalam mengurus ini itu. Kita sudah terlalu terbiasa melakukan praktek yang tidak membuat negara ini menjadi lebih baik dalam hal birokrasi. Kita tidak menjalankan fungsi kontrol sosial kita sebagai masyarakat terhadap jalannya pemerintahan ini. Malah kita berkecimpung ikut dalam praktek memperburuk birokrasi kita. Saya ingat apa kata aa gym dalam ceramahnya, Mulai dari yang kecil-kecil, Mulai dari diri kita sendiri, dan Mulai sekarang. Memang 3 M ini sulit untuk dikerjakan. Sulit untuk menjalankan sistem birokrasi Indonesia yang payah ini. Tapi jika kita terus mempraktekan kkn disetiap birokrasi kapan mereka bisa menjadi lebih baik dan meningkatkan mutu mereka jika yang mereka layani membayar lebih untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Jika kita lihat Singapura bisa lebih maju dari kita, mengapa kita tidak bisa melakukannya. Singapura tidak bisa seperti itu jika tidak didukung oleh masyarakatnya, bagaimana dengan kita ?  


Pic Source :

You Might Also Like

12 comments

  1. tp sekarang pembuatan KTP cepet kok alias kagak sampai 15menit dikelurahan tp uang pelicin'a masih sangat di nomer satukan
    PNS kan masuk pakai uang mba,jadi biar birokrasi mudah & cepat juga harus pakai uang buat balikin modal awal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaha tetep kan brati ujung-ujungnya KKN udah jadi tradisi dan budaya..

      Delete
  2. padahal pns itu harusnya melayani, bukan malah ambil untung dari kita yang membutuhkan pelayanan mereka ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. HARUS nya kan ya, tapi faktanya sih ga begitu hehehe

      Delete
  3. maksudnya yang ini India kan? "Menurut survei pnpm mandiri, Indonesia menempati tempat kedua birokrasi terburuk di Asia setelah Indonesia"

    gimana ya? kalo kaya gini tergantung pemikiran individu masing-masing, pola pikir mereka dan ajaran yang mereka dapat dari kecil #IMHO

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhee iya beneeer makasiiiii sudah dikoreksi sudah diedit juga :)

      nah justru itu kita sbg generasi muda harus merubah pola pikir kaya gitu.. kan mulai dari kita :)

      Delete
  4. Bener banget, birokrasi yg rumit dan menyebalkan itulah yg jadi alasan kenapa banyak orang Indo lebih milih untuk "nyogok", ujung2nya KKN deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending pindah ke antartika yaaaa om birokrasinya ga ribet2, *krn populasinya juga sepi*

      Delete
  5. ah, gara gara KKN nih...kapn ya bersih nya..
    nah, ini mungkin di ralat
    'Menurut survei pnpm mandiri, Indonesia menempati tempat kedua birokrasi terburuk di Asia setelah Indonesia.' (?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaaaa iyaaaaa salah update itu heuheuheu..

      kapan-kapaaaan mungkin ya bersihnya..

      Delete
  6. Waktu itu gue pernah keluar kota tanpa bawa KTP. KTP lagi diperpanjang tapi sampe deadline belum selesai-selesai. Lama, banget!

    ReplyDelete