sumpah pemuda, kami pemuda Indonesia ?

10:30 AM


Naskah diatas adalah naskah asli dari sumpah pemuda yang diadakan 28 Oktber 1928 lalu. Dimana para pemuda Indonesia melahirkan sumpah kesatuan bangsa. Rumusan sumpah pemuda yang ditulis oleh Moehamad Yamin pada secarik kertas ini menjadi bukti bahwa dulu, pemuda bangsa ini masih berjuang untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Benar bahwa dikala itu pemuda membawa perubahan bagi bangsa. Bahwa pemuda masih diperhitungkan gerakannya. Bahwa pemuda masih semangat untuk ikut serta untuk kemajuan bangsa ini.


Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, 

tanah Air Indonesia.
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe,
 bangsa Indonesia.
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, 
bahasa Indonesia.



28 Oktober diperingati sebagai hari sumpah pemuda. Namun apakah sebagai pemuda kita telah melakukan hal yang sama dengan para pemuda pada 1928 lalu ? Apakah sebagai pemuda kita masih peduli dengan kemajuan bangsa ini ? Apakah sebagai pemuda telah memberikan sesuatu untuk bangsa ini ? Apa malah justru sebagai pemuda kita telah membawa bangsa ini kedalam kehancuran moral ? Apa malah sebagai pemuda kita hanya menjadi beban bangsa ? Apa malah sebagai pemuda kita hanya menjadi sampah masyarakat ? Apa malah sebagai pemuda kita masih menyusahkan orang lain ? Apa malah sebagai pemuda kita malah menyia-nyiakan waktu yang ada ? Apa malah sebagai pemuda kita malah berdiam diri bersantai menikmati harta orang tua kita ? Apa malah sebagai pemuda kita hanya bisa menghabiskan apa yang ada namun tidak bisa menghasilkan yang tidak ada ? Apa malah sebagai pemuda kita malah membuat keributan dan mengganggu ketenangan masyarakat ? Apa malah sebagai pemuda kita malah merusak diri sendiri dengan menggunakan barang haram seperti narkoba ? Apa malah sebagai pemuda langkah kita terhenti ditempat rehab ? Apa malah sebagai pemuda kita hanya bisa mengasihani diri dan tidak bergerak maju sebagai penerus para pemuda perubahan pada 1928 lalu ?
Dan sekelumit pertanyaan lainnya tentang apa yang telah kita lakukan sebagai pemuda Indonesia masa kini. Dirasa pertanyaan diatas mencerminkan seperti apa potret pemuda kita sekarang. Dimana berpakaian seksi menjadi trend yang selalu dipakai para pemuda, dimana merokok untuk pemudi merupakan standar kekerenan anak sekarang, dimana harga diri sekolah dipertaruhkan melalui tawuran antar pelajar, dimana kesenangan dan kebahagian hanya bisa didapat melalui suntikan narkoba, dimana kenikmatan sesaat melalui sex bebas menjadi hal yang biasa bagi mereka yang akan berujung pada kehamilan diluar nikah, dimana nilai agama sudah tidak tertanam dalam diri pemuda-pemudi bangsa, dimana kehidupan ala barat dijadikan sebagai pedoman, dan masih banyak lagi. 

Apa yang telah mereka lakukan pada olimpiade london ? Apa yang telah mereka berikan pada sea games ? Apa yang telah mereka raih pada AFF ? Apa yang telah mereka dapatkan melalui olimpiade-olimpiade dunia ? Apa yang telah mereka lakukan dalam hidup ? Para juara, para atlet, para pemuda yang melakukan hal yang positif, para pemuda yang ikut berjuang untuk kemajuan bangsa, para pemuda yang tidak membuang waktunya dengan tawuran, dengan narkoba dan dengan kehidupan bebas, para pemuda yang tidak hanya banyak bicara namun banyak melakukan hal yang positif, para pemuda yang berkontribusi untuk bangsa, para pemuda yang membawa perubahan, serta para pemuda Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa lah yang pantas disebut pemuda Indonesia, disebut generasi penerus bangsa, disebut sebagai darah muda yang siap untuk mengguncang dunia dengan segala perubahannya, disebut sebagai pemuda yang siap untuk membawa bangsa ini menjadi lebih baik dari kemarin, dan para pemuda yang tidak akan pernah menyesal dihari tua karna telah melakukan sesuatu untuk bangsa ini. 

Sebagai pemuda Indonesia mari kita sama-sama membangun bangsa melalui banyak hal positif, sebagai pemuda mari kita membuat perubahan bagi bangsa, atau minimal melakukan hal-hal yang positif dalam hidup yang juga untuk masa depan kita yang cerah, karna ditangan kita lah perubahan bisa lahir. Pada hari ini , 28 Oktober yang diperingati sebagai hari sumpah pemuda, mari kita sama-sama melangkah untuk menjadikan bangsa ini lebih baik dari sebelumnya, mari kita sama-sama melakukan hal yang positif dalam kehidupan, mari kita sama-sama meraih cita-cita dan impian dalam hidup.. Karna hanya dengan bergerak lah kita bisa membawa perubahan. (Sekali lagi ini bukan lagi promosi partai nasdem, #sekian)




Source :
http://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Utama
http://galangvoxfave.blogdetik.com/2009/10/25/sumpah-pemuda-yang-dicampakkan/
http://www.kawankumagz.com/read/tawuran-remaja-siswa-sma-6-jakarta-menjadi-korban1
http://www.okefood.com/read/2012/10/01/500/697603/tawuran-sma-6-vs-sma-70-dipicu-perebutan-wilayah
http://jurnaline.com/2012/09/26/komite-sman-70-kecewa-lambannya-polisi-merespon-tawuran/
http://areamagz.com/article/read/2012/10/15/jakarta-siaga-tawuran-pelajar

You Might Also Like

2 comments

  1. wah anak muda sekarang kagak gaul kalau kagak tawuran,demo,swipping rusuh dsb
    menyedihkan ya,anak muda buka sebagai generasi yang lbh baik,tp kenyataan'a sama saja malah kelihatan lbh bobrok

    ReplyDelete
  2. wonderful issues altogether, you just received a
    new reader. What would you suggest about your publish that you made some days in
    the past? Any positive?

    Feel free to visit my webpage ... web design london

    ReplyDelete