yang penting pencitraan

6:49 PM

pernah ga disaat kita ngerasa kebelet buang air besar (bahasa inggrisnya ee) level 10 (ini keripik maicih?) di saat yang engga tepat tapi kita harus menahan hanya karna pencitraan yang positif akan diri kita terhadap orang lain ? pernah ga kalian cewe-cewe feminin ala-ala luna maya kesaruk nunung terpaksa nahan ketawa keras-keras karna takut disangka kesurupan arwah goyang karawang ? atau pernah ga kalian para cowo demi menjaga kekerenan kalian sepulang sholat jumat terpaksa membeli sendal jepit yang mereknya lebih keren dari swallow karna sendal jepit kalian diambil sama jomblo yang abis sholat jumat keilangan sendal juga ? atau pernah ga kalian para jomblo dengan senangnya check in via foursquare dimalam minggu demi dibilang "engga cendilian dirumah" ? 

hal-hal tersebut diatas yang kita anggap jaga image atau JAIM, mengalami perubahan model kata dimana kata JAIM tersebut berubah menjadi PENCITRAAN.. Bukan, bukan citra artis jebolan indonesian idol tapi ini adalah citra hand body lotion itu loh, itu menurut gue sih ga terlalu bagus, lebih bagus kalo kalian pake vaseline yang mahal dan berkualitas,oke mari kita fokus. PENCITRAAN.. kalo kalian cari di twitter dengan #pencitraan , kalian banyak menemukan tweet-tweet ala-ala "pengen dibilang" oleh pengguna twitter. Yang kepengen dibilang jomblo tapi tetap bahagia lah, yang kepengen dibilang keren karna nongkrong si senayan city tiap hari lah, yang kepengen dibilang punya pacar padahal lagi luluh lantah hatinya lah, kalian bakal menemukan banyak tweet-tweet yang bersifat pencitraan. Pencitraan itu berasal dari kata dasar CITRA, dimana citra bisa diartikan sebagai IMAGE, dimana IMAGE bisa diartikan sebagai CITRA,dan begitupun sebaliknya (ini apa bedanya???). Pencitraan itu berasal dari kejadian dimana seseorang berpura-pura melakukan sesuatu agar dipandang oleh orang lain seperti itu. Dapat disederhanakan bahwa seseorang ingin menampilkan citra baik positif maupun negatif kepada public. 


Sebagai contoh misalnya, seorang cowo karna dia pengen dibilang kuat terpaksa mendorong motor dan melewati 2 pom bensin untuk mencapai tujuan hanya karna di 2 pom bensin berbeda tersebut ada dua orang mantannya yang sedang bekerja. Maka dari itu si cowo karna sedang ingin pencitraan terhadap dua orang mantannya itu terpaksa mendorong motor beratus-ratus meter karna tidak ingin bertemu mantan dan kepingin dibilang kuat ceritanya. Kasus lain misalnya seorang jomblo yang bahagia-bahagia aja tapi dia selalu melahirkan tweet-tweet mengenaskan yang menggambarkan dirinya jomblo demi untuk balikan dengan mantan, atau kasus lain misalnya seorang jomblo demi pencitraan pun dengan senantiasa menahan ngetweet selama beberapa jam dimalam minggu cuma untuk dibilang "lagi punya acara dimalam minggu". Kasus lainnya misalnya seorang mahasiswa terpaksa masuk ke dalam pizza hut di tanggal tua karna melihat mantannya diajak makan oleh pacarnya diwarung tegal punya si uda ucok, karna pencitraan ingin menunjukan bahwa dia sudah bukan mahasiswa ngekos yang kere, si cowo pun terpaksa masuk pizza hut yang berakhir menggadaikan hape bututnya dan puasa di sisa-sisa akhir bulan karna engga punya uang buat bayar. 

Pencitraan sering kita temukan dikeseharian kita. Ada yang negatif ada juga yang positif. Citra yang positif tadi bisa dilihat dari contoh-contoh diatas. Tapi beda halnya dengan citra yang negatif. Contohnya aja ga usah jauh-jauh tapi bapa ibu dewan (yang ngakunya) perwakilan rakyat Indonesia yang tiap rapat kerjaannya kalo ga tidur ya bolos rapat. Waduh eta teh kumaha perutnya ga gendut coba kalo kerjaannya makan tidur aja ngabisin duit rakyat ? Pencitraan macem ini yang disebut pencitraan yang negatif. Kadang pencitraan yang negatif ini timbul secara tidak sengaja. Niatnya mah ya kepengen rapat tapi ga sengaja ketiduran di ruang rapat, niatnya mah mau dengerin ketua dewan ngomong tapi ga sengaja ketauan buka situs porno. Ya begitulah pencitraan yang negatif yang bisa kita temuin dimanapun. 

Pencitraan yang positif jauh lebih baik ketimbang yang negatif. Ibarat kata nih lebih baik dibilang single tapi happy (walaupun terpaksa nahan sakit) dibanding dibilang jomblo ngenes yang kerjaannya galau mulu.. itu positif kan tuh ? Nah yang begitu itu yang seharusnya ditampilkan.. Bukan pencitraan yang negatif.. 

Jadi jaman sekarang yang serba digital, yang penting pencitraan. Mau makan cuma sama warteg yang penting pencitraan ya kan, tinggal upload foto makanan ambil dari google trus upload ke instagram biar dibilang makanannya kece.. Kan yang penting pencitraaaaan ya mameeeen.. #sekian

You Might Also Like

15 comments

  1. wokokokokk,, ini postingan pasti udah lama pengen di post. lama bgt tu twit nya pocong

    ReplyDelete
  2. wahahaha..
    kayaknya sebagian ngena banget deh :)

    ReplyDelete
  3. ruaaaar biasa ! pasti maksud sendal jepitnya adalah an*do haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. heh ka kenapa yg lu bahas malah sendal jepit haaaaah :p

      Delete
  4. jadi pencitraan itu perlu tidak???? kalau mnurutku kadang perlu juga lo tapi juga nggak pencitraan yang 'otherwise' juga sih..nice writing, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung jeng.. hehehe.. pencitraan itu kadang kaya obatm dibutuhkan saat sedang sakit #halah , lupakan saja :)

      Delete
  5. Haha kadang kadang suka gitu sih jeng *tersapu malu* *malu2in* :O

    ReplyDelete
  6. cie cieeeee yg pengalaman pribadi nih yeeeee hahahaha

    ReplyDelete
  7. Haha tau aja u,u jeng pindah blog atau gimana sih? *bingung._.v

    ReplyDelete