kamu cantik dengan caramu sendiri

9:02 PM

Mencoba menjadi orang lain yang mereka pikir bahwa itu cantik, atau mencoba menjadi orang lain yang mereka yakini sesungguhnya benar-benar cantik adanya. Ah kata-kataku terlalu sulit untuk dicerna. Sama seperti mencerna perhatian si dia yang sebenarnya. Maaf sedikit curhat. Entahlah, kadang seorang wanita tidak akan pernah merasa bahwa dia kurus sebelum melihat tulang punggungnya sendiri. Atau tidak akan pernah merasa berkulit putih walaupun sebenarnya sudah putih sebelum warna kulitnya hampir sama dengan cat dinding. Atau tidak akan pernah merasa seksi sebelum membuka sedikit bagian dari pakaiannya untuk memperlihatkan paha mulusnya. Atau tidak akan pernah merasa tinggi sebelum hitungan centimeter tubuhnya sampai dengan seratus tujuh puluh sekian. Atau tidak akan pernah merasa mancung, merasa berbibir sensual, merasa bentuk wajahnya belum berbentuk V line, merasa matanya terlalu sipit, merasa lemak tubuhnya terlalu banyak untuk dipamerkan, atau merasa tidak pernah cantik secantik ratu sejagat yang dipilih berdasarkan tampilan luarnya terlebih dahulu. Entahlah..

Sudah sering dibahas bahwa kecantikan datang dengan sendirinya jika didalamnya sudah cantik. Kecantikan bukan hanya dari luar, namun kecantikan sejati akan terpancar sendiri. Namun berapa persentase wanita yang meyakini kalimat super itu? Tidak banyak. Karna dokter-dokter kecantikan, klinik-klinik estetika, ahli bedah plastik, produk-produk kosmetik kecantikan, atau produk-produk pelangsing badan, masih laku keras dipasaran bagi mereka para hawa. Apa yang sebenarnya mereka yakini ? Cantik itu putih, cantik itu langsing, cantik itu tinggi semampai, cantik itu berpenampilan seksi, cantik itu make up tebal, cantik itu hidung mancung, cantik itu bibir sensual, cantik itu rambut tergerai hitam dan panjang, cantik itu...... Entahlah..

Seberapa sering kita bersyukur meskipun itu hal sekecil apapun yang kita dapatkan dari Dia, sang pencipta. Atau mari kita ubah pertanyaannya, seberapa sering kita mengeluh karna diciptakan seperti ini dalam bentuk yang sebegini. Bersyukur memang sulit untuk dipraktekan. Karna sesuai seperti apa yang orang bilang, teori lebih mudah untuk dihafal ketimbang mempraktekannya dalam dunia nyata. Atau dunia nyata yang selalu kita anggap memberikan banyak tuntutan agar kita seperti ini, atau agar kita begini. Cantik mengandung arti banyak hal bukan sekedar apa yang dilihat orang diluar. Cantik dengan caramu sendiri. Entah itu menjadi aktivis kegiatan sosial, entah menjadi murid yang pintar, entah menjadi mahasiswi berprestasi, entah menjadi anak yang berbakti, entah menjadi orang yang melahirkan banyak karya, entah menjadi sahabat yang baik, entah menjadi teman yang selalu mengerti, entah menjadi penolong untuk si dia yang membutuhkan, entah menjadi tempat sampah bagi mereka yang membutuhkan pendengar, entah menjadi sosok perempuan yang penuh dedikasi tinggi, entah menjadi sesosok perempuan aktif yang produktif, entah menjadi pengusaha, menjadi apapun. Cantik dengan caramu sendiri jauh lebih bahagia ketimbang cantik dengan meyakini yang kita saksikan di luar sana lah yang mereka bilang cantik.. Entahlah.. 


"Kecantikan yang abadi terletak pada keelokan adab dan ketinggian ilmu seseorang. 
bukan terletak pada wajah dan pakaiannya"

- Hamka





You Might Also Like

6 comments

  1. masih susah di praktekkan non u,u
    kalau udah liat yang rupanya oke punya, duhhhh prasaan jadi paling jelek sedunia =,="

    ReplyDelete
  2. cantik itu relatif, tergantung manusia memandang dan menyadarinya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul nih yang diatas gue.. Semua cewek itu cantik.. Kalo cowok ganteng, udah gitu aja.
      Gausah dibawa ribut, gak usah banding-bandingin kecantikan dengan sebuat fisik.

      Delete
  3. cantik rupa itu sudah biasa, tapi cantik secara perilaku & tutur kata, mungkin yang masih langka :)

    ReplyDelete
  4. Sifat cewek ya, sukanya banding-bandingin dengan yang kelihatan 'lebih'... Lebih kurus, lebih cantik, barang2nya lebih bagus... Padahal belum tentu dianya lebih bahagia... Di atas langit masih ada langit, nggak akan ada habisnya kalo kita ga bersyukur ya :D

    ReplyDelete