fenomena krim "dokter" pemutih wajah

9:36 PM

Hi girls, pernah ga sih kalian berpikir sebagai wanita berkulit saomatang adalah salah satu hal yang tidak menarik bagi penampilan? Kalau kamu berpikiran seperti itu, mungkin kamu harus banyak bergaul dengan bule-bule yang selalu berjemur dibawah sinar matahari untuk mendapatkan kulit yang coklat. Ya, sebagai wanita, penampilan adalah hal yang pertama yang harus mendapatkan prioritas utama. Kalau ada yang bilang, dont judge a book from its cover, saya berpikir tidak semua orang bisa mempraktekan hal tersebut. Termasuk saya. Karna bagi saya, cerminan penampilan seseorang sedikit banyak dapat memberikan kita informasi bagaimana orang tersebut. Itu menurut saya, entah menurut kalian seperti apa. 

Berpenampilan menarik. Ketika peradaban bergeser ke dunia barat, standar kecantikan pun berubah sesuai dengan standar kecantikan perusahaan-perusahaan kosmetik yang selalu mencekokan para wanita diseluruh dunia, bahwa cantik itu "putih", dan putih itu "cantik". Sempat berdiskusi dengan seorang teman yang menekuni Sejarah Kebudayaan Islam, ketika peradaban Islam masih berjaya pada masanya, standar kecantikan masih dipegang oleh wanita-wanita timur tengah. Yang berbadan subur dan berkulit gelap. Tapi semua itu berubah ketika negara api menyerang. Standar kecantikan pun sekarang berubah. Sesuai dengan yang perusahaan kosmetik inginkan. Tanpa sadar terkadang kita meyakini bahwa putih itu cantik, dan cantik itu putih. Termasuk saya sendiri. Yang berkulit coklat terang, namun tak seterang jalan menuju hatinya, kadang juga meyakini bahwa cantik itu putih. Tapi, saya sadar bahwa cantik itu relatif. Tidak sekadar putih bersih dan bersinar. 


Sebagian wanita yang meyakini bahwa cantik tak harus putih adalah mereka yang cerdas dan selalu bersyukur atas apa yang dimiliki dan diberikan Tuhan Yang Maha Esa. Tapi sebagian lagi yang meyakini cantik itu putih, tapi sejatinya mereka tidak memiliki kulit putih, menggunakan berbagai macam cara untuk mendapatkan kulit yang putih seperti model-model perusahaan produk kecantikan yang terpampang. Sebagian mereka cukup cerdas untuk melakukan cara-cara yang aman.  Sebut saja dengan menggunakan perawatan kulit di dokter kulit yang benar atau klinik-klinik yang terjamin keamanannya. Tapi sebagian lagi, khususnya bagi masyarakat kaum menengah sampai ke bawah, mereka tentu tidak memiliki akses ke klinik-klinik besar yang terjamin. Alhasil, krim-krim pemutih yang beredar di pasaran pun menjadi salah satu jalan bagi mereka untuk mendapatkan kulit putih layaknya wanita-wanita Jepang. Dan beredarlah krim-krim pemutih dengan memakai slogan "krim dokter" atau krim "racikan dokter" atau semacamnya. Lebih parah lagi, krim-krim racikan yang beredar ini tidak tanggung-tanggung membawa nama artis-artis besar untuk menjual krimnya. Sebut saja krim Syahrini. Dimana ketika memakai krimnya, kulit wajah akan menjadi putih merona seperti tante glamour itu. Aman ? Belum tentu. 

Oh ya sekedar sharing pengalaman, saya pernah iseng membeli salah satu paket krim berlabel "ayu tingting". Karna sebelum saya membuktikan bahwa krim-krim yang beredar dipasaran tanpa kejelasan izin bpom, MUI, atau depkes, saya ingin mencoba keamanannya terlebih dahulu. Sayang saya tidak documentasikan karna saya menggunakannya itu waktu masih menjadi mahasiswi junior. Dan voillaaaaa, wajah saya alergi !!! Selain alergi makan telor terlalu banyak yang bisa menimbulkan gatal-gatal, saya tidak memiliki alergi lain kecuali setelah memakai krim "yang katanya krim dokter" itu. Kulit saya berjerawat merah, tapi tidak seperti jerawat, aneh, bentuknya seperti bentol-bentol kecil berwarna merah dan itu perih ketika cuci muka. Setelah pemakaian 3 kali, krim itu langsung saya buang ke tong sampah. Dan akhirnya saya membebaskan wajah saya dengan produk-produk kosmetik selama satu minggu lebih, mencari obat alergi di apotik, dan alhamdulillah efek samping krim tidak jelas itu pun hilang. Pembuktian selesai. 

Mari kita bahas dengan menggunakan logika yang sehat. Coba teman-teman pikir, apa seorang dokter kecantikan akan punya waktu untuk meracik krim dan dijual dipasaran dengan harga yang murah? Apa seorang dokter kulit yang pendidikannya menghabiskan puluhan juta akan dengan mudahnya mengedarkan produk ciptaannya jika dia bisa mengedarkan dengan resmi di klinik-klinik kecantikan?  Saya pikir seorang dokter kecantikan tidak akan menganggur. Profesi dokter sesungguhnya profesi yang tidak akan pernah tidak dicari oleh orang banyak. Saya tidak akan membahas praktek dokter-dokter nakal kali ini. Coba mari kita lihat dari sisi yang positif. Jika benar seorang dokter menciptakan krim seperti yang beredar dipasaran, apa semurah itu kah dia akan menjual produknya? kecuali dengan bahan-bahan yang murah meriah dan cepat memutihkan wajah, mungkin itu bisa dipertimbangkan. Tapi apa teman-teman tidak tahu apa resikonya? Kanker kulit yang mungkin kita tidak tahu kapan akan menyerang wajah teman-teman jika terus mengkonsumsi "krim dokter" yang tidak memiliki izin bpom atau tidak jelas ciptaannya siapa.

Beberapa waktu lalu saya sedang jajan pop ice di tetangga sebelah, saya mendengar dia asik ngobrol setelahnya. Dia bilang "iya, dina sama windi pake krim dokter yang dijual di apotek depan, harganya murah lagi cuma 20ribu". Saya tertawa dalam hati mendengarnya. Coba pikir dengan logika yang sehat, apa ada krim pemutih buatan dokter kulit dijual dengan harga hanya 20 RIBU RUPIAH? Jika 20 puluh ribu rupiah sudah bisa membuat kulit putih, mungkin yang harga 50 ribu rupiah bisa membuat kulit transparant sampai keliatan tengkoraknya. Dan saya cukup prihatin dengan orang-orang yang terus mengkonsumsi krim-krim pemutih berlabel "krim dokter" yang beredar dipasaran. Entah berapa mercury yang mereka konsumsi setiap harinya untuk mendapatkan kulit yang putih seperti model-model iklan produk kecantikan di televisi. 


Bicara soal model iklan, pernah ga sih teman-teman berpikir, yang namanya model iklan produk kecantikan, sebut saja pemutih kulit, mana ada yang memakai wanita-wanita ras negroid ? Selalu wanita-wanita jepang / korea, atau wanita-wanita yang memang sejatinya memiliki kulit putih dari masih bayi. Tidak pernah produk pemutih kulit mengiklankan seorang wanita kulit hitam atau kulit sao matang berubah warna kulitnya menjadi seputih wanita jepang karna memakai produk mereka. IMPOSIBEEEEELLLLLLL!!!!! Mereka ingin produk mereka laku,dan kita percaya dengan kebohongan-kebohongan iklan mereka. WAKE UP GIRLS, WAKE UP !!!

Cantik itu tidak harus putih. Dan putih itu tidak harus melulu cantik. Mungkin karna panggung hiburan didominasi wanita-wanita kulit putih, pandangan kita masih melulu soal "cantik itu putih". Jika sedikit saja wanita-wanita berkulit gelap, seperti Kimi Jayanti, Fahrani, Farah Quin, atau deretan nama artis berkulit gelap mendominasi panggung hiburan, mungkin pandangan teman-teman akan sedikit bergeser bahwa cantik itu tidak harus putih. Namun itu semua tergantung dari teman-teman.  Jika memang menurut teman-teman cantik itu putih, sok silahkan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan kulit putih. Tapi ingat, gunakan cara yang aman dan tidak membahayakan teman-teman. Resiko yang harus dibayar juga besar. Ketika teman-teman ingin mendapatkan kulit yang putih, biaya yang besar harus dikeluarkan. Itu sudah menjadi harga yang harus dibayar teman-teman jika ingin putih seperti model-model Jepang itu. Jejeran klinik-klinik kecantikan yang terjamin mudah ditemui dikota teman-teman pastinya. Namun jika teman-teman tidak mau mengeluarkan biaya yang mahal tapi menginginkan kulit putih, yasudah, kalau ketemu sinar matahari, pakai saja jaket lengkap atau kostum yang menutup semua kulit teman-teman, atau pakai jas ujan kalau panas. Bisa putih? Ya tidak, tapi mungkin dikira orang gila pakai jas ujan panas-panas. 

Nikmat manalagi yang kamu dustakan? Ketika masih memiliki tubuh lengkap dan sempurna, tapi masih kurang karna tidak memiliki kulit yang putih. Ketika salon pencoklat kulit meraup laba ribuan dollar di luar sana, kita masih sibuk untuk memutihkan kulit. Jadilah cantik dan cerdas. :) 

You Might Also Like

15 comments

  1. "Cantik itu tidak harus putih" buktinya Alicia Keys terlihat cantik dan sexy meski kulitnya gelap :)

    ReplyDelete
  2. cantik gak mesti putih, yg penting bersih :)

    ReplyDelete
  3. menurut saya cantik itu cukup sederhana dan apa adanya membuat laki2 terpikat ko

    ReplyDelete
  4. I love your blog
    followed
    http://minimaysi.blogspot.co.uk/

    ReplyDelete
  5. It's going to be end of mine day, however before finish I am reading
    this fantastic post to improve my know-how.

    my page Business Electricity (http://storify.com/)

    ReplyDelete
  6. Hello i am kavin, its my first occasion to commenting anyplace, when
    i read this paragraph i thought i could also create comment due to this
    good piece of writing.

    my homepage; deeplyenclosure15.newsvine.com ()

    ReplyDelete
  7. Wonderful work! That is the kind of information that are meant to be shared across
    the internet. Disgrace on Google for not positioning this post higher!
    Come on over and discuss with my site . Thank you =)

    Have a look at my webpage click me

    ReplyDelete
  8. I'd like to find out more? I'd care to find out more details.


    Here is my web blog - click me

    ReplyDelete
  9. With havin so much written content do you ever run into any issues of plagorism or copyright violation?
    My site has a lot of exclusive content I've either authored myself or outsourced but
    it appears a lot of it is popping it up all over the web without my
    permission. Do you know any techniques to help protect against content from being stolen?
    I'd really appreciate it.

    My web blog :: epicracers.com ()

    ReplyDelete
  10. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point.
    You definitely know what youre talking about, why throw away your
    intelligence on just posting videos to your weblog when you could be giving us something enlightening to read?


    Here is my web-site friendship sms

    ReplyDelete
  11. Nice post. I was checking constantly this blog and I'm inspired!
    Very useful info specially the ultimate part :) I handle such info much.
    I was looking for this certain information for a long time.
    Thank you and best of luck.

    my page :: click me

    ReplyDelete
  12. Cream pemutih dokter harusnya tidak dijual secara bebas, dokter terlebih dahulu harus mengecek kondisi dan jenis kulit pasien baru bisa meracik cream wajah yang cocok untuk kulit pasien.

    ReplyDelete
  13. halo...terimakasih artikelnya ditunggu artikel selanjutnya...

    ReplyDelete