penipuan panggilan tes dan wawancara kerja berkedok pertamina dan chevron

3:53 PM

Yth.! Pelamar PT. Pertamina
Surat Panggilan Tes sudah kami kirim via email, silahkan dicek.
Laporan kehadiran anda harus masuk hari ini.

Manager HRD



Begitu isi sms pagi ini yang masuk ke nomor saya. Senang? Tentunya! Fresh Graduated yang sedang menunggu proses wisuda universitas dan menunggu pendamping wisuda (ehm.. ada yang berminat?) dengan mengisi waktu luang melamar kerja dimana-mana mendapatkan sms seperti itu pasti senang. Saya tidak munafik bahwa saya percaya awalnya dengan apa yang diungkapkan di sms. Segera saya cek email yang masuk dan memeriksa kebenaran dari sms tersebut. Dan betul ada email yang masuk dengan subject Surat Panggilan Tes. Disitu tertulis saya diundang ke suatu tes penerimaan karyawan pertamina yang bertempat di Yos Sudarso, Medan. Yang pertama saya pikirkan adalah, medan? Lampiran surat-surat panggilan tes yang dilampirkan begitu terlihat meyakinkan. Tapi tunggu dulu, bahkan kita bisa melihat banyak kejanggalan-kejanggalan. Sebagai pelamar kerja yang belum berpengalaman tentu saya juga tidak mau dibodohi oleh penipu-penipu amatiran ini. Segera saya mengecek keabsahan info tersebut ke web resmi pertamina. Dan voilaaaaa, bahkan perekrutan karyawan sudah tutup sejak maret. Untuk lebih jelasnya saya akan jelaskan bagaimana si penipu amatiran ini bisa ketahuan tanpa harus diselidiki lebih lanjut. 


Gambar 1

1. Saya iseng cari-cari dan mengirim lamaran via email beberapa minggu ini dan pada 6 mei lalu saya melihat info perekrutan pegawai dari PT. Pertamina di sebuah situs yang memuat lowongan-lowongan pekerjaa. Siapa yang tidak ingin bekerja di perusahaan multinasional dengan gaji rata-rata 5 juta perbulan? Tapi, satu hal yang perlu digaris bawahi saya cuma iseng. Kenapa, saya tau saya tidak akan lolos kualifikasi karna saya tidak melampirkan berkas-berkas yang diminta secara lengkap. Tidak ada sertifikat toefl dan memang toefl saya juga tidak memenuhi standar yang ditetapkan yakni 600. 

2. Saya mengirim email tersebut pada 6 mei lalu, dan voilaaa pagi ini sudah mendapat balasan. Sedangkan email-email lamaran pekerjaan yang saya sudah kirim lebih dulu ke perusahaan-perusahaan lain bahkan belum mendapatkan balasan.

3. Kejanggalan yang saya temukan lainnya adalah ketika saya melihat nama saya masuk kedalam list peserta yang berhak mengikuti tes yang saya pikirkan adalah "ini pertamina". Bahkan kualifikasi saya belum cukup untuk menjadi 20 orang terpilih untuk mengikuti tes selanjutnya. Dari segi berkas pun pasti saya juga tidak lolos karna hanya melampirkan beberapa berkas. Pun, banyak sarjana-sarjana muda yang kualitasnya jauh lebih tinggi dari saya untuk bisa masuk ke pertamina (yang ini ceritanya ga pede bisa masuk perusahaan sekelas pertamina). 

4. Kejanggalan selanjutnya adalah ketika saya menyelidiki keabsahan pada web resmi, betul saja, bahkan lowongan sudah ditutup sejak maret lalu dan saya baru mengirim 6 mei lalu. 

5. Di web resmi tidak ada pengumuman tentang peserta-peserta yang diundang untuk mengikuti seleksi tes dan wawancara. Tidak ada secuil pun informasi penerimaan pegawai pertamina. Dan, perusahaan sekelas pertamina tidak mungkin tidak mengumumkan seleksi secara resmi pada webnya. 


Gambar 2
Himbauan PT. Pertamina kepada para pencari kerja untuk tidak mempercayai panggilan tes yang mencurigakan

6. Tanpa harus menghubungi nomor telpon yang ada di berkas tersebut saya sudah menyimpulkan ini bagian penipuan. Di dalam lampiran surat panggilan tes tersebut tertulis sebuah nama yang menandatangani kebenaran surat tersebut diatas materai. Saya cari tahu nama tersebut lewat google berikut NIPnya. Dan VOILA!! Yang keluar hanya dua situs, yang pertama adalah situs berita tentang penipuan berikut komentar-komentar dari yang pernah dikirimi oleh penipu amatir ini, juga keluar document yang diupload ke disini seperti dibawah ini :




Format surat dari PT. Chevron ini SAMA PERSIS dengan surat undangan PT. Pertamina dan masih dengan tanda tangan direktorat sumber daya mineral. Selebihnya, semuanya sama persis. Lampiran-lampiran, ketentuan-ketentuan yang harus diikuti juga sama persis dengan surat undangan dari PT. Pertamina. Entah nama siapa yang dicantumkan si penipu, tapi saya tidak bisa menemukan nama tersebut pada struktur organisasi direktorat sumber daya mineral. 

6. Dari situ saya sudah menyimpulkan, ini bagian dari penipuan. Tapi saya penasaran bagaimana penipu ini melakukan proses penipuannya. Bagaimana kelanjutannya jika saya menjadi salah satu korban yang percaya. Disitu tertulis nomor telpon HRD yang harus dihubungi, berbekal bonus nelpon dari provider saya coba akting sebagai salah satu peserta yang penasaran karna tiba-tiba namanya nongol di surat panggilan tes. Dan saya akui, jika saya tidak tau ini bagian dari penipuan mungkin penjelasan dari nomor telpon (yang ngakunya) HRD PT. Pertamina ini meyakinkan saya untuk segera terbang ke medan mengikuti tes (yang ngakunya diadakan) di gedung serba guna PT. Pertamina di Yos Sudarso. 



7. Saya diarahkan untuk segera menghubungi travel and tour yang bekerja sama dengan Pertamina pada kegiatan seleksi tes penipuan ini. Saya coba ikuti alurnya, saya telpon travel and tour (yang ngakunya) bekerja sama dalam menjemput dan mengurusi akomodasi peserta tes. Masih berbekal bonus nelpon dari provider, saya mendengarkan penjelasan-penjelasan yang tidak jelas dari si penipu. Dan tebak apa yang dia minta? Dia minta saya mengirim uang sebesar 2,9 juta untuk kebutuhan akomodasi dan transport. Yang meyakinkan lagi adalah dalam lampiran surat undangan tes tersebut, dijelaskan bahwa segala akomodasi dan transport diganti oleh perusahaan. Saya pura-pura mengikuti permainan penipu ini, saya pura-pura bertanya soal tiket pesawat. Bagaimana saya bisa kesana tanpa tiket pesawat? Tiket akan dikirimkan via email setelah saya mentransfer sejumlah uang yang diminta oleh si penipu amatiran ini. Wohooooo.. Amazing..

8. Saya hanya tertawa setelah menutup telpon dari (yang ngakunya) agent travel and tour tadi. Oh ya, si penipu dari travel and tour ini meminta kita mengirimkan nama dan nomor ktp sebelum mentransfer. Setelah kita mentransfer sejumlah uang yang diminta kita akan dikirimi rincian perjalanan berikut tiket pesawat dan besok kita sudah bisa berangkat ke medan untuk mengikuti seleksi penerimaan pegawai PT. Pertamina. 

9. Coba pikirkan, perusahaan besar sekelas pertamina mengadakan seleksi / tes tertulis dan tes wawancara dengan bekerja sama dengan agent travel and tour? Selidik lebih jauh, saya coba mengirimkan sms ke pihak (yang ngakunya) HRD Pertamina : " boleh saya tidak memakai travel and tour yang ditawarkan?" dan balasan dari si penipu tersebut adalah "seluruh peserta diwajibkan memesan tiket dan hotel ke travel yang sudah disiapkan perusahaan". Nenek saya yang dulunya tamatan sekolah rakyat juga bisa berpikir jernih tentang ini. 

10. Jadi, begitu cara kerja penipuan masa kini. Si penipu memasang iklan lowongan pekerjaan, kemudian meminta kita datang untuk mengikuti tes dan wawancara di luar kota atau di daerah yang jauh dari domisili kita, kemudian meminta kita mentransfer sejumlah uang, dan yang terjadi adalah kita rugi dengan mengharapkan uang kita kembali. 

Biar saya beri tips untuk teman-teman sarjana muda yang sedang mencari pekerjaan. 
  • JANGAN LANGSUNG PERCAYA KETIKA MENDAPATKAN PANGGILAN WAWANCARA ATAU SELEKSI SELANJUTNYA DARI PERUSAHAAN-PERUSAHAAN. Khusus pada perusahaan besar sekelas Pertamina atau perusahaan-perusahaan lain yang memang sedang membuka rekruitment pekerjaan, pihak HRD pasti mempublikasikannya lewat web resmi perusahaan. 
  • Teliti lebih jauh tentang keabsahan surat panggilan, contact person, kejanggalan-kejanggalan yang sebetulnya bisa dilihat dengan kasat mata. Cari informasi terkait info tersebut via google atau web resmi perusahaan yang mengirimi surat panggilan. Jika tidak ada informasi atau publikasi soal penerimaan pelamar, sudah dapat dipastikan itu PENIPUAN. 
  • Bahkan pada KOP surat panggilan penipuan, kita bisa melihat apa kop surat tersebut dibuat dari perusahaan resmi atau hanya sekedar kreatifitas si penipu. (lihat gambar 1)
  • Jangan langsung percaya dan mau mengirimkan sejumlah uang dengan nominal yang besar bahkan nominal 10.000 rupiah pun jangan langsung percaya dan mau mengirimkan uang tersebut. Karna sebuah perusahaan tidak akan mengambil keuntungan pada pelamar pekerjaan dengan meminta sejumlah uang via transfer.
  • Habis itu, kalian bisa berserah diri kepada Tuhan dan doakan tidak ada korban dari penipu-penipu amatiran ini. 
Kita memang sarjana muda yang masih mencari pekerjaan, tapi kalian sarjana muda yang cerdas yang tidak akan dibodohi oleh penipu-penipu amatiran dan berakhir sebagai pecundang yang kehilangan sejumlah uang atau harta. Jadi, tetap teliti dan hati-hati ketika melamar pekerjaan ya teman-teman. 


*kiss*



Silahkan klik ini untuk lebih jelasnya :

http://energitoday.com/2013/02/20/pertamina-himbau-masyarakat-waspadai-penipuan-bermodus-rekrutmen-pekerja/?popup

http://www.pertamina.com/company-profile/karir/peluang-karir/lulusan-baru/
http://www.scribd.com/doc/214426629/Surat-Panggilan-Tes-Seleksi-Calon-Karyawan-PT-Chevron-Pacific



You Might Also Like

6 comments

  1. pokoknya kalo dapet email atau sms yang mencurigakan langsung gugling. kalo bisa jangan telpon karena beberapa penipu pake cara hipnotis lho!


    salam, https://delapankata.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. heran juga, pada kemana polisi cyber indonesia.. masa nangkepin penipu kaya begini aja gak bisa..
    sayang sekali, knapa mba gak rekam waktu nelpon penipu itu.. sebagai kenang2an gitu.. hhe

    ReplyDelete
  3. semangat noniiiii ... alhamdulillah akhirnya tmn gw yg sudah lulus SE ini ga tertipu olehnya :* good luck after your graduation :)

    ReplyDelete
  4. hebat kak, tetep waspada. padahal biasanya kan klo baru tamat suka buru-buru mau dapet kerja.
    good luck ya kak semoga cepat dapat kerja XD

    ReplyDelete
  5. Serem banget penipu sekarang :( Padahal dia pasti cerdas ya bisa mikirin hal licik kayak gini.. >_<
    Makasi banyak yahh infonyaaa

    ReplyDelete
  6. aku juga dapet! kacauuu.. haha..
    untung aja ketiadaan uang menolongku ^^d

    nyari kerja emang kudu ati2 banget, terlampau banyak perusahaan abal2 yang nyari untung ditengah himpitan keadaan mendapatkan pekerjaan

    ReplyDelete