Men’s problem : bau badan

10:45 PM

Hallo hallo.. *sambil sapu-sapu blog*
Entah udah berapa lama meninggalkan dunia bloging untuk beberapa saat meneruskan hidup pasca gelar S.E didapetin. Keras? Iya. Namanya hidup. Kalau kita cuma diem aja menatap kenangan masa lalu, yang ada jalan kedepan nyusruk di selokan tetangga. Lah apa iniiiii..

Well, setiap orang emang punya problem atau masalahnya masing-masing. Mulai dari ga bisa move on dari kenangan masa lalu yang sebenernya pahit, saking pahitnya tanah liat aja kalo dicobain, bisa jadi lebih manis ketimbang masa lalu. Mulai dari susah move on, susah nyelesain skripsi, susahnya ganti judul, susahnya ngejar gebetan yang ga mau dikejar, susahnya cari pasangan hidup. Lah ini sebenernya masalah asmara atau masalah hidup ya? Begitulah permasalahan masing-masing orang. But wait, kali ini bukan mau bahas mantan yang udah nikah tapi kamu cuma jadi tamu dan dateng sendirian, tapi saya mau bahas salah satu masalah yang sering ditemui para perjaka maupun duda, yang lurus maupun yang belok, yang kemayu maupun yang macho, yang jomblo maupun yang berpasangan, yang muda maupun tua. Apakah itu? 
(pic source)

Bau badan. Yes, it is the main topic. Keringat para cowok dengan cewek itu beda komposisinya, halah. Maksudnya para cowok berkeringat lebih banyak ketimbang para cewek. Syukurlah Cuma berkeringat lebih banyak. Coba bayangin kalau cowok juga berdarah lebih banyak daripada cewek. Aduh, itu uring-uringannya mereka pas dateng bulan bisa lebih ekstrem ketimbang para cewek ya ga? Nah, karena cowok berkeringat lebih banyak daripada cewek, bau badan bisa jadi masalah mereka yang ga tau kalau keringat berlebih itu, bisa menyebabkan kalian para cowok jadi BB. BB di sini bukan Bolo-Bolo, tapi Bau Badan. Bolo-bolo itu cuma punya Tina Toon yang sekarang beranjak dewasa dan ga lucu atau imut-imut kaya dulu lagi. Bau badan sebetulnya bukan cuma jadi masalah cowok yang memang pada dasarnya berkeringat dua kali lebih banyak. Para cewek juga kadang menghadapi masalah yang sama. Bau badan bisa jadi masalah setiap orang dan ga peduli dia umurnya udah 100 tahun tapi terlihat masih berkilau seperti Edward Cullen atau umurnya baru 8 tahun yang duduk di bangku Sekolah Dasar di mana setiap jam 12 siang tercium bau matahari di seluruh ruang kelas. Kalau untuk cabe-cabe rawit yang masih duduk di bangku SD, mereka mungkin ga bakal dijauhin temen-temennya karena bau badan. Ya, mereka sendiri juga udah biasa mencium bau yang sama dari badannya. Nah, yang terjadi sama orang dewasa adalah membuat lawan bicara atau orang yang ada di dekat kita jadi merasa ga nyaman walaupun sebetulnya nyaman buat ngobrol bareng kita. Tunggu dulu, untuk orang yang dekat dengan kita sekalipun, apa kamu tega seandainya kamu punya masalah bau badan dan kamu bikin orang yang deket sama kamu harus tersiksa beberapa jam selama bareng kamu karena kamu bau badan? It’s a big NO, right?



Penyebab bau badan bisa bermacam-macam ya. Silakan cari sendiri di google apa penyebabnya. Masing-masing orang yang punya masalah bau badan pasti punya penyebab sendiri-sendiri dan kadang ga semuanya sama dengan yang lainnya. Kali ini, saya akan bahas untuk kalian para jejaka maupun duda, para jomblo maupun pacar orang, apa yang harus kamu lakuin kalau kamu bau badan. Here we go….

1. Mandi yang lama
Para cowok berkeringat lebih banyak daripada cewek, tapi kenapa yang mandinya lebih lama itu justru para cewek? Kalian para cowok seringkali mandi bebek alias yang penting basah. Oh come on. Mandi yang lama emang ga bikin kalian tambah ganteng kaya pemeran utama sinetron Ganteng-Ganteng Serigala, tapi segaknya bikin badan kalian lebih bersih sebersih-bersihnya. Mandi lama bukan mengajarkan kalian buat jadi insan yang boros air dan ga saying lingkungan hidup kalian. Banyak alternatif lain yang bisa kalian gunakan. Mandi di rumah tetangga atau di masjid misalnya. *loh

2. Gunain sabun yang cocok
Gunain sabun yang cocok dengan badan kalian. Beberapa dari para cowok ada yang punya kulit sensitive. Mungkin itu yang bikin mereka diputusin secara tiba-tiba, karena terlalu sensitive dan cemburuan. Nah, mangkanya gunain sabun yang cocok buat kulit selain bikin kita nyaman juga bikin kita terhindar dari alergi. Kalau bisa gunain sabun cair. Kenapa? Sabun mandi bentuk balok bisa digunai oleh banyak orang di rumah. Ya walaupun kita tau orang rumah kulitnya kaya gimana. Gunain sabun cair segaknya lebih banyak busanya dan kalian bisa main busa. Udah itu aja sih positifnya pake sabun cair -___-

3. Gunain deodorant, bedak tabur bayi dan parfum
DEODORANT IS A MUST. Deodorant apapun itu, punya manfaat untuk menahan bau keringat. Ini yang suka dilupain oleh para cowok. Mereka pikir sama aja pake deodorant tetep keringatan juga. Ya iyalaaah kalau kalian ga keringetan itu pori-pori kalian ditutup sama solatip emangnya? Deodorant bisa meminimalisir bau keringat kalian. Coba deh bedain saat kalian ga pake deodorant dan saat pake deodorant. Pasti bakal beda banget. Yang kedua, jangan malu pake bedak tabur bayi. Helloooo, emang kalian bawa-bawa ke luar kan engga. Cukup simpan bedak tabur kalian di dalem kamar dan pakai bedak taburnya setiap habis mandi. Habis mandi kan udah bersih, ngapain pake bedak tabor kaya anak bayi baru lahir kemaren? Kandungan bedak itu bisa menyerap keringat. Jadi, waktu kalian keringetan, si bedak itu bakal menyerap keringat kalian. Kalau bedaknya wangi, bau badan ga akan tercium kok. Saya salah satunya pengguna bedak tabur sejak dulu. Soalnya saya takut banget dijauhin orang-orang karena bau badan. Saya pernah ketemu orang yang punya masalah dengan bau badan waktu usia sekitar 12-14an dulu. Bahkan seusia itu temen-temen saya udah banyak yang mengeluh dan bergosip ria karena dia bau badan. Padahal usia segitu belum terlalu paham cara merawat diri. Dari situ saya takut jadi bahan perbincangan karena bau badan. Mangkanya saya selalu pakai bedak tabur setiap habis mandi. Bau badan? Engga. Disakitin mantan? Itu mah tetep. Selain bedak tabur, jangan lupa pake parfum. Kalau ga punya parfum, silakan beli, kalau ga bisa beli, silakan minta parfum ade, kakak, mama atau papa kamu. Masih nanya juga gunanya parfum buat apa? THINK!! :D



4. Don’t skip MANDI
Boys, sesibuk apapun kalian, kalian tetep harus sempetin mandi walau Cuma 7-10 menit. Kalian ga tau kan sekotor apa badan kalian setelah aktifitas di luar ruangan? Jadi, jangan skip mandi walau Cuma satu hari. Sama aja kali berinvestasi menjadi insan yang bau badan. Mandi minimal 2x sehari. Maksimal sampai kalian diomelin ibu kalian karena buang-buang air.

5. Banyak minum air putih dan makan makanan berserat
Ini sangatlaaaah penting, lebih penting dari pesta pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Banyak minum air putih supaya kalian banyak pipis dan buang racun di tubuh kalian. Ini juga efektif banget untuk menghindari atau mengurangi bau badan. Minum air putih juga banyaaak banget khasiatnya kok. Apalagi minum air putih yang sebelumnya dikasih kata-kata positif. Dijamin bikin badan kalian………engga tambah ganteng sih, intinya menghindari bau badan. Makan makanan berserat, bergizi, protein baik, pokoknya ga jauh-jauh dari sayur dan buah, itu juga baik buat mencegah atau menghilangkan bau badan ya. Jadi, jangan nasi padang terus yang jadi menu andalan makan siang kamu. Salad sayur atau salad buah bisa disisipkan jadi menu pokok. Kalau ga bisa makan salad karena kamu cuma cocok makan makanan Indonesia, silakan kunyah tumis kangkung yang konon katanya bikin kalian ngantuk sepanjang hari (jangan percaya). Intinya sayur dan buah itu punya buanyaaak banget manfaat. Salah satunya baik untuk mencegah bau badan. Asupan makanan yang baik juga bisa mencegah atau menghilangkan bau badan. Eh tapi saya ga bilang kamu ga boleh makan pete atau jengkol ya. 

6. Konsultasi
Mandi udah 4x sehari, minum air udah 4 liter sehari, deodorant udah dipake setiap 2 jam sekali, bedak tabur udah dipake setiap sejam sekali dan masih bau badan juga? Itu namanya nasib. Hal yang harus kalian lakuin adalah konsultasi dengan ahlinya. Bukan, bukan konsultasi ke ahli jodoh, tapi konsultasi ke dokter. Coba konsultasiin kenapa kalian tetep bau badan. Mungkin tukang dokter bisa kasih kalian resep obat yang harus kalian minum buat kurangin bau badan. 


Nah, kalau semuanya udah kalian lakuin dan kamu tetep bau badan, berarti kamu ga cocok tinggal di Indonesia yang cuma punya dua musim. Silakan kalian pindah ke negara lain. Bisa urus paspor dan visa sendiri untuk izin kerja jadi TKI di luar negeri. Mungkin kalian bisa mengurangi bau badan kalian di luar negeri sana. Kalau masih bau badan juga, silakan berserah diri kepada Tuhan yang maha kuasa. Sesungguhnya dia selalu ada buat kita. #abaikansaranini

Buat kamu yang punya temen bermasalah sama, hemm, mau bilang dia bau badan, ga enak ya? Kalau kata nyunyu.com sih selipin aja deodorant di tas-nya, kalau kata saya sih, coba kamu praktekin gambar yang diatas ini. Pakai masker gede-gede pas ngobrol sama dia. Kalau udah dipraktekin, silakan share pengalamannya di sini ya. Heuheuheu.. 

Gimanaaaa? Dicoba dirumah yaaa buat yang punya masalah bau badan..





Thanks for reading.
Noni

You Might Also Like

4 comments

  1. tapi cowo indo mah masih mending ah baunya. coba kalau udah ketemu bule arab atau cina. baunya sesuatu banget dah. maboook.

    ReplyDelete
  2. Aku pernah denger dari siapa gitu, kalo BB cewe itu lebih bnyak dari cowok. tapi, kenapa keliatannya banyak cowok? soalnya cowok biasanya tidak mempermasalahkan BB dan cwek sangat peka terhadap masalah BB.

    ReplyDelete
  3. hehe ini emang masalah penting saya juga pelakunya hehehe

    ReplyDelete
  4. nah mandi sih paling penting ,, saya suka muntah apalagi kalau lagi di bis udah pengap bau ketek segala ..hih

    ReplyDelete