Datang dan Pergi

7:05 PM

Kalau kita bertemu dengan seseorang, bersiaplah untuk berpisah dengannya. Begitu kata orang. Mereka yang bertemu akan berpisah pada akhirnya, mereka yang hidup akan mati pada waktunya. Mereka yang disayang akan pergi pada saatnya, mereka yang dibenci akan memulai perannya segera. Bukan begitu alurnya? 

Hidup ini rumit, terlalu rumit sampai seseorang rela mati demi suatu alasan yang tak pasti kebenarannya. Terlalu rumit sampai seseorang tidak bisa menentukan mana yang harus didahulukan perannya. Mereka bilang hidup cuma sekali, sekali saja untuk bisa menikmatinya dengan nyaman. Nyaman? Begitu yakin untuk bisa nyaman menikmatinya? 

Mereka bilang bersakitlah sebelum semuanya didapatkan dengan kemenangan. Bagaimana dengan mereka yang selalu sakit merasakan perihnya hidup? Bagaimana dengan mereka yang bisa berlari kencang tanpa rasa sakit sama sekali? Apa mereka pernah merasakan sakit? Apa hidup ini tentang kesakitan dan bahagia?

Tak ada yang pasti dalam hidup. Mereka yang datang akan pergi saat mereka ingin pergi. Kembali? Adakah tempat untuk kembali pulang bagi mereka yang pergi? Mungkin ada. Tapi mungkin bukanlah tempat yang sama seperti yang mereka tempati sebelumnya. 

Ada saat dimana seseorang digantikan dengan yang lainnya, ada saat dimana seseorang tidak lagi berperan seperti semestinya. Bukan, bukan dia yang salah. Namun hidup memilihnya untuk memulai perannya. Diizinkan, hal tersebut diizinkan karena memang tidak pernah ada yang pasti dalam hidup. Bahkan coretan di peta pun tidak mudah dipahami dan selalu rumit. Walau tetap ada petunjuk menuju ke arah yang dituju. 

Selalu ada yang datang, 
Selalu ada yang pergi,
Ada saat mereka memiliki perannya, 
Ada saat mereka menutup perannya..

Bukankan hidup penuh dengan ketidakpastian? 





You Might Also Like

2 comments

  1. Karena satu-satunya hal yang pasti dalam hidup adalah sebuah ketidakpastian. :)

    ReplyDelete
  2. Pada setiap ketidakpastian, perubahan adalah satu hal yang pasti.

    ReplyDelete