Fresh Graduate Trainee Program (FGTP) Lotte Mart

Sebelum kamu terjun ke dunia retail, sebaiknya kamu bisa memahami sekilas tentang dunia retail di post saya yang berjudul >> "Berkarir di Dunia Retail

Klik untuk melihat sumber gambar

Selanjutnya, kali ini saya akan berbagi pengalaman seputar seleksi Fresh Graduate Trainee Program (FGTP) Lotte Mart. Sebuah perusahaan retail ternama yang cabangnya sudah bisa kamu temukan dimana-mana. Merupakan pengalaman menarik, di sela-sela perjalanan karir saya, saya pernah mengikuti seleksi FGTP Lotte Mart ini. 

Banyak alumni-alumni universitas ternama dan terbaik yang juga mengikuti seleksi FGTP. Universitas Indonesia, UNPAD, ITB, IPB, Airlangga, dan masih banyak lagi fresh graduate yang lolos seleksi online. Eits, kalau kamu sudah lolos seleksi administrasi, jangan senang dulu, perjalanan kamu belum selesai. Kamu akan menghadapi teman-teman sesama fresh graduate dari universitas-universitas ternama. 

"Sekedar mencari pengalaman", begitu yang ada di benak saya saat mencoba mengikuti tahapan seleksi ini. Karena sesungguhnya, saya pernah terjun sebentar di dunia retail. Dengan harapan Lotte Mart ini berbeda dengan retail lainnya, kalau ternyata pekerjaan ini cocok dengan personality, passion, dan tujuan saya, kenapa tidak saya coba dulu bukan? 


Sebetulnya, tidak ada bedanya dengan program management trainee yang diadakan perusahaan-perusahaan retail lainnya (sebut saja trans retail atau alfamart), FGTP sendiri bertujuan untuk mencari pemimpin-pemimpin perusahaan masa depan. Baik manager, senior manager, atau posisi-posisi leader lainnya di perusahaan. Tentunya, tidak mudah untuk menjadi seorang pemimpin. Maka dibutuhkan seleksi yang ketat dengan peserta-peserta berkualitas dari segi akademik atau profile CV-nya. Sebelum kamu siap mengikuti seleksi FGTP ini, sebaiknya kamu meyakinkan diri bahwa kamu siap untuk berkarir di dunia retail. Berkarir di dunia retail tentu ada kelebihan dan kelemahannya, semua pekerjaan seperti itu. Tidak ada di dunia ini pekerjaan yang paling sempurna tanpa ada lelahnya. 

Seleksi FGTP ini dibagi ke beberapa seleksi setelah kamu dinyatakan lolos seleksi online (administrasi).

1. Seleksi administrasi (pendaftaran online)
Fresh graduated yang ingin bergabung dengan Lotte Mart, harus melamar via online ke website lotte mart. Mengisi form yang harus diisi, mengirim email, dan lain sebagainya. Nanti, jika profile CV kamu menarik, akan mendapat email dari team HRD lotte mart berupa undangan seleksi psikotest . 

2. Seleksi Psikotest
Seleksi psikotest ini akan dibagi ke beberapa kelas jika peserta yang diundang sangat banyak. Seleksi FGTP sebelumnya, jika pesertanya sedikit, seleksi psikotest dan seleksi-seleksi lainnya akan digabung. Namun, waktu saya mengikuti seleksi FGTP, hampir 200an orang peserta. Jadi, seleksi psikotest dibagi ke dua kelas dan dua sesi. Ada yang dapat pagi ada juga yang mendapat bagian setelah sholat zuhur. Seleksi psikotest ini ada 5 test. Tentunya, sama dengan seleksi-seleksi psikotest pada umumya : DISC test, menggambar, matematika, kraeplin, dll. Kamu bisa googling jenis-jenis test dan latihan soalnya di internet. 

3. Forum Group Discussion (FGD)
Klik untuk melihat sumber gambar

Saya masih lanjut sampai seleksi ini. Keesokan harinya, pada FGD, peserta seleksi akan diberikan sebuah case yang berhubungan dengan retail. Seperti pembukaan cabang baru, dan apa yang akan peserta lakukan jika peserta berada di posisi senior staff. FGD sendiri akan dibagi ke beberapa kelas di mana masing-masing kelas diisi 6 peserta. Seleksi FGTP yang saya ikuti tergolong sangat cepat, hari pertama tes psikotest, hari selanjutnya FGD, yang lolos seleksi FGD akan lanjut ke tes interview. Hasil kepo saya ke batch sebelumnya, seleksi FGTP sebelum batch saya, dilakukan selama 2 hari. Psikotest dan FGD dalam satu hari, selanjutnya tes interview. Namun, karena peserta batch saya sangat banyak, dibagi menjadi beberapa hari. Sekali lagi, seleksi FGTP ini tergantung pada peserta yang mengikuti. Semakin banyak peserta, maka seleksi akan dibagi sampai 2/3 hari dimana masing-masing test akan diadakan per hari. 

Tips dalam menghadapi FGD ini : JANGAN DIAM SAJA. Kamu bukan patung pancoran. Communication skill kamu akan diukur di sini. Daya analisa, ide, dan kreatifitas akan dinilai sebaik dan seadil mungkin. Mengapa saya bilang adil? team HRD secara adil memberikan nilai yg baik bagi kandidat yang aktif namun tidak terkesan terlalu dominan, juga akan profesional untuk "say goodbye" bagi mereka yang "krik krik krik". 

4. Interview 
Sesi interview adalah penentu lolos tidaknya peserta FGTP sebelum medical check up. Saya pikir, tes medical check up mutlak adanya. Kalau peserta adalah pengguna narkoba, sudah tentu tidak akan lolos. Namun, kalau peserta memiliki penyakit selama penyakit tersebut tidak menghambat aktivitasnya selama bekerja, pasti akan lolos ke tahap training. 

Sesi interview versi FGTP ini prosesnya sangat lama. Satu peserta bisa menghabiskan waktu setengah jam lebih (yang menurut saya ini cukup lama) dengan dua tim HRD yang siap memberikan anda beberapa pertanyaan mendasar. Ingat, kalau kamu fresh graduate, kamu harus membuktikan ke tim HRD kalau kamu punya skill dasar yang bisa ditempa menjadi lebih baik jika terus belajar. 

Banyak peserta-peserta yang gagal di tahap FGD, tidak peduli berasal dari kampus ternama sekalipun, saat dia gagal di FGD, maka dinyatakan tidak lolos ke tahap selanjutnya atau interview. Jadi, kamu harus gunakan kesempatan ini karena banyak kandidat yang tidak memiliki kesempatan yg kamu punya. 

Waktu itu, hampir seperempat dari total peserta yang megikuti tes psikotest yang melanjutkan ke tahap interview. Saya pikir seleksi FGTP ini cukup berat dan banyak penilaian. Jadi, persaingan benar-benar ketat. Sesi interview ini tentunya sama dengan interview-interview pada umumnya, namun yang saya asumsikan adalah, team HRD benar-benar mencari para fresh graduated yang benar-benar mau belajar dan berjuang dari bawah.  


Tempat yang baik untuk belajar bagi para lulusan baru.

Jika kamu merupakan lulusan baru yang mengikuti seleksi ini, berkarir sebagai FGTP ini bisa menjadi kesempatan emas kamu belajar bagaimana berkarir di dunia kerja, terutama di dunia retail. Lotte Mart ini sebetulnya baik banget, alih-alih membuat Management Trainee, Lotte Mart membuka kesempatan bagi para lulusan baru untuk belajar menjadi seorang pekerja keras dengan mental baja. 

Di Indonesia, dunia retail ini dikuasai oleh beberapa perusahaan besar, salah satunya Carrefour atau transmart yang tergabung dalam Trans Retail, Alfa mart dan alfa alfa lainnya yang tergabung dalam PT Sumber Alfaria Trijaya, Indomaret (PT Indomarco Prismatama), dan retail-retail lainnya. Sedangkan yang memiliki program khusus lulusan baru, sepertinya sampai saat ini saya hanya mengetahui Lotte Mart saja. 

Perbanyak Ilmu, Lupakan Gaji 

Sekilas saya berpikir hal ini sepertinya sangat munafik. Semua orang butuh uang, semua orang menginginkan gaji yang langsung besar ketika memasuki dunia kerja. Hei kamu, sadarlah. Ini Indonesia dimana kamu tetap harus bekerja keras dengan biaya hidup yang kadang tidak terkendali karena belum kuatnya ekonomi kita jika dibandingkan dengan Singapore (yaiyalaaah).

Hal yang kamu pikirkan setelah lolos, pasti adalah "berapa besar gaji saya nanti?"

Percayalah, saat saya menjadi lulusan baru, saya rela digaji berapapun selama masih sesuai dengan upah minimum yang ditentukan pemerintah. Kenapa saya harus serela itu? Lulusan baru dengan modal IPK tinggi pun jika disandingkan dengan lulusan SMA yang sudah bekerja 3 tahun, tentu saja lulusan baru masih kalah dari segi apapun. Unless, kamu ada di bidang-bidang menggiurkan yang hanya kamu yang bisa melakukannya. Seperti, design grafis, IT Developer, atau jurusan-jurusan spesifik lainnya.

Jadi, gunakanlah jalur ini sebagai bahan pembelajaran kamu sebagai seorang lulusan baru. Jika dirasa di tengah jalan "Push & Pull" kamu lebih berat dimana kamu merasa tidak sebanding dengan apa yang kamu harapkan, kamu bisa kibarkan bendera putih.



Tenang, Lotte Mart juga ada Annual Increament Salary kok

Kamu tau gak, ada beberapa perusahaan swasta yang nakal yang kadang tidak menaikkan gaji pegawai sesuai dengan peraturan atau kebijakan pemerintah setiap tahunnya. Saya sudah memastikan saat interview, Lotte Mart konsisten dalam memberikan increament salary tahunan.

Patut dicoba?

Untuk para Fresh Graduate, program ini patut dicoba dengan catatan kamu siap memasuki dunia retail yang "terlihat mudah" ketika kamu datang sebagai customer. Namun, untuk kamu seseorang yang sudah bekerja dengan pengalaman sudah lebih dari 2 tahun, sebaiknya pikirkan kembali untuk mengikuti program ini. Barangkali Lotte Mart memiliki posisi lain untuk kamu yang sudah berpengalaman.

Klik untuk melihat sumber gambar



Bonus ;
Setelah lolos training, kamu akan diangkat menjadi senior staff Lotte Mart. 


You Might Also Like

3 coment�rios

  1. Sebuah pengalaman menarik bisa berbagi ilmu tentang FGTP.

    ReplyDelete
  2. Klau boleh tahu anda sblm ny bkerja di retail jg kah ? Saya skrg bkerja di retail juga selama setahun ini, dan hari ini di tawari untuk bekerja di lotte mart. (Saya sbernya juga masih mikir2 karena hrus tetap di dunia retail). Mhon jawabannya ya gan.

    ReplyDelete
  3. yes, i did. aku pernah coba di retail juga. maybe for furthe talk bisa langsung email aku aja ya. nonisetianingsih@gmail.com

    thanks

    ReplyDelete