Trans Retail Development Program (Management Trainee Carrefour)

4:58 PM


Setelah mengikuti seleksi sejenis management trainee yang dikhususkan untuk lulusan baru di Lotte Mart (kamu bisa baca review-nya di sini), artikel kali ini akan membahas program serupa namun dari perusahaan berbeda. Jika Lotte Mart mengusung kata "Fresh Graduate Trainee Program (FGTP), Trans Retail atau Carrefour memiliki Trans Retail Development Program (TRDP). 


Menurut penilaian saya, TRDP ini sepertinya satu level lebih sulit dibanding dengan FGTP. Menurut saya ya. Entah penilaian orang berbeda, namun setelah melenggang mulus di catwalk FGTP, lolos satu tahap pun tidak saya dapatkan di TRDP. Kenapa eh kenapa? 

Sepertinya belum rezeki saya di program TRDP ini. Alasaaan saja. Sebetulnya saya sudah tidak lolos dari tahap psikotest karena beberapa hal yang membuat saya tidak fokus. Mulai dari kerjaan kantor (iya, jadi posisi saya bukan lulusan baru, melainkan seorang pekerja yg ingin mencoba peruntungan di perusahaan lain). 

Nah, ada beberapa tahap yang kamu lalui untuk program TRDP ini. Diantaranya :

1. Psikotest. 

Berlaku sistem gugur. Kalau tidak lolos, silakan pulang dan tetap semangat. Tidak dilakukan serentak. Pemanggilan seleksi psikotest dilakukan secara berkala. Dalam satu hari, kandidat yang dipanggil bisa saja bukan untuk lowongan TRDP. Maksudnya, pada saat menjalani psikotest kandidat TRDP dengan kandidat posisi lain menjalani tes bersama dalam satu ruangan. 

2. Forum Group Discussion. 

3. Interview HRD.

4. Interview USER. 

5. Training selama 1/2 Minggu di Institute Carrefour Indonesia (ICI) Bekasi. 

6. Ikatan Dinas dan penempatan selama 2 tahun.


Patut dicoba?

Sejujurnya, TRDP ini dilahirkan dari perusahaan CT, jadi siapa yang mau membuang kesempatan berkarir di salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia. Saat saya menjalani proses ini, kandidat TRDP yang tentunya lolos dengan beberapa tahap seleksi & penilaian saat training, diangkat sebagai percobaan Sales Manager. Hei, sebentar kisanak, Sales Manager ini tidak selalu punya team yang segambreng karena ada embel-embel "Manager" di belakangnya. Tapi, ya semacam kamu akan dicoba untuk menjadi memanage penjualan agar tetap mencapai target. 

Hmmm, portofolio yang bagus bukan untuk CV kamu ke depannya. Peluang kamu untuk bisa jadi pemimpin team juga masih menjanjikan. Asalkan kamu berkembang dengan baik untuk menjadi karyawan masa depan, menjadi Store Manager atau General Manager bukan tidak mungkin dicapai pada usia yang muda. 

Perbanyak Ilmu, Lupakan Gaji

Sama seperti yang saya tulis di artikel "FGTP Lotte Mart", Semua orang butuh uang, semua orang menginginkan gaji yang langsung besar ketika memasuki dunia kerja. Hei kamu, sadarlah. Ini Indonesia dimana kamu tetap harus bekerja keras dengan biaya hidup yang kadang tidak terkendali karena belum kuatnya ekonomi kita jika dibandingkan dengan Singapore (yaiyalaaah).

Hal yang kamu pikirkan setelah lolos, pasti adalah "berapa besar gaji saya nanti?"

Bisakah kamu tidak memasukan dunia retail ke dalam persaingan gaji yang disandingkan dengan anak-anak perusahaan BUMN atau perusahaan swasta besar sekelas Nestle dan kawan-kawannya? 

Jika kamu sudah bisa mendapatkan angkat >Rp7 juta di salah satu perusahaan swasta di Indonesia, kamu harus bekerja lebih keras lagi di dunia retail. Dunia retail merupakan tempat kamu belajar, mencari pengalaman seluas-luasnya, melatih kepemimpinan,  profesionalisme, dan loyalitas. Terkadang posisinya tidak bisa disandingkan dengan industri online marketplace. Tapi tenang, kamu akan tergiur begitu tau besar insentif atau bonus penjualan yang didapatkan para karyawan seperti Sales Manager. 


Ikatan dinas selama 2 tahun dengan penahanan ijasah. 

Trans Retail Indonesia adalah salah satunya yang menerapkan aturan penahanan ijasah dengan ikatan dinas 2 tahun. Namun saya tidak tahu terkait pemberlakuan aturan dari pemerintah bahwa dilarang ada penahanan ijasah oleh perusahaan. 

Hmm, yang perlu kamu ketahui, kamu akan "Berkarir di Dunia Retail" dengan penahanan ijasah selama 2 tahun. Persiapkan dan pikirkan baik-baik ya.

Selain ikatan dinas, kamu juga akan dikenakan penalty jika keluar sebelum ikatan dinas selesai. Murah kok, hanya Rp30 juta aja. Hehe. Murah darimanaaa? Dibandingkan program development officer perusahaan-perusahaan BUMN yang lebih dari nominal Rp30 Juta, penalty sebesar Rp30 juta ini termasuk bilangan yang lebih kecil dari perusahaan lain. 

Penempatan di seluruh wilayah di Indonesia. 

Sumber Gambar

Seandainya PT Trans Retail Indonesia menerapkan penempatan sesuai domisili, pasti peminat program ini jauh lebih banyak. Loh, namanya management trainee ya harus bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia dong? Iya, betul. Tapi, dengan jumlah store-store trans retail yang tersebar banyak di seluruh kota, bahkan dalam satu kota bisa belasan store, sebaiknya tag "penempatan seluruh Indonesia" pada iklan-iklan pembukaan lowongan kerja bisa dihapus dan dikembalikan sesuai dengan kota domisili.  

Hmm, kalau ditempatkan di Bali, kira-kira kamu ambil gak ya?

Benefit yang ditawarkan saat penempatan di luar domisili 


Peserta trainee yang ditempatkan di luar kota domisili selama ikatan dinas mendapat tunjangan tempat tinggal selama satu tahun saja. Sisa tahun ikatan dinas jika masih ditempatkan di luar kota domisili (luar daerah) ditanggung oleh pribadi masing-masing. Entah ada pembaharuan perjanjian kontrak atau apa, tapi untuk sementara, informasi yang saya dapatkan adalah peserta TRDP diberikan tunjangan tempat tinggal jika ditempatkan di luar daerah hanya di tahun pertama. Mungkin selanjutnya akan ada rolling position atau pembaharuan kontrak. 


Source : link

Jalur management trainee perusahaan-perusahaan bisa menjadi peluang untuk belajar dan berkarir bagi para fresh graduated. Teori saya seperti ini :



  • Di usia 22 tahun kamu lolos TRDP dan menempati posisi Sales Manager selama 2 tahun. 
  • Pada umur 24 tahun, kalau kamu ingin pindah ke perusahaan lain,  kamu sudah sangat memiliki pengalaman yang cukup untuk dibawa ke perusahaan lain. 
  • Tapi, kalau kamu seseorang yang usianya sudah mencapai 25 tahun ke atas, sebaiknya berkarir di dunia retail harus sudah menjadi final destination kamu dalam kehidupan karir kamu. Mengapa? Sebagian perusahaan menerapkan aturan usia tidak lebih dari 25 tahun untuk penerimaan pada posisi tertentu. 
  • Kalau kamu baru memasuki dunia retail pada usia 25 tahun ke atas, sebaiknya jadikan loncatan kamu ke perusahaan retail sebagai jalur karir yang serius. Serius berkarir dan serius mengejar posisi di perusahaan tersebut. Bukan sekedar masuk untuk keluar lagi 2 bulan kemudian. 


Berkarir dimanapun, tentu ada kelebihan dan kekurangan. Tapi yang pasti, setiap orang memiliki persepsi sendiri dari segi kebutuhan, ekonomi atau status sosial, prinsip, dan lain semacamnya. 


Jangan jadikan tulisan saya ini sebagai pedoman kamu untuk menjalani suatu pekerjaan. Saran saya, setiap ada panggilan interview atau psikotest, jangan cuma berpedoman pada review-review di forum-forum diskusi online atau hasil browsing saja. Yang ditulis di internet adalah hasil opini pribadi masing-masing kepala yang tentu pola pikir dan kebutuhannya berbeda-beda. Kalau kamu memang mempertimbangkan untuk tidak membuang waktu, silakan saja jadikan hasil-hasil penelitian online kamu untuk pedoman. Tapi kalau kamu seorang fresh graduate, datanglah! Belum tentu juga kamu lolos seleksi psikotest jalur management trainee ini bukan?  




Success is not destination, but the road that you're on. Being successful means that you're working hard and walking your walk every day. You can only live your dream by working hard towards it. That's living your dream. 



- Marlon Wayans




Related post :

Berkarir di Dunia Retail
Fresh Graduate Trainee Program (FGTP) Lottemart

You Might Also Like

1 comments

  1. Apa sebenarnya jobdesk dari TRDP Trans retail ? Thank you

    ReplyDelete