Trans Retail Development Program (Management Trainee Carrefour)

4:58 PM


Setelah Berkarir di Dunia Retail dan tulisan saya lainnya tentang Fresh Graduate Trainee Program (FGTP) Lottemart , kali ini saya telah mencoba tes management trainee retail lain, yakni salah satu perusahaan retail yang merupakan bagian dari Trans Corp : PT Trans Retail Indonesia atau biasa dikenal dengan Carrefour. Seperti biasa, setelah mendapat panggilan via email dari alamat recruitment@transretail.co.id, sebelum saya membalas email tersebut saya melakukan pencarian review atau kesan-pesan para pencari kerja yang telah mengikuti seleksi Management Trainee Trans Retail yang dibungkus dengan nama Trans Retail Development Program (TRDP). Voilaaa, tentunya kamu akan mendapat banyak perbincangan dan kesan-kesan seleksi TRDP dari forum-forum online, atau blogger-blogger yang menulis pengalaman seputar seleksi TRDP ini. Namun, satu yang kadang dilupakan para pencari kerja saat melakukan penelitian kesan-pesan seleksi penerimaan pekerja suatu perusahaan, ingatlah, tidak semua yang tertulis sama dengan fakta di lapangan atau kenyataan setelah diterima bekerja di perusahaan tersebut. Kesan negative tentu ada, tapi jangan lupa, kalau yang tertulis di media online, baik berita atau tulisan lainnya ditulis berdasarkan opini dan pengalaman masing-masing. Sebagian ada yang menceritakan dengan meninggalkan kesan negative pada tulisannya. Sebagian lagi menceritakan opini, sebagian lagi menceritakan kombinasi keduanya. Response para kandidat yang dipanggil untuk mengikuti seleksi TRDP memang bermacam-macam. Jadi, jangan heran kalau kamu menemukan banyak review dan akhirnya berpedoman pada review-review tersebut. Sebagian orang memutuskan untuk akhirnya tidak memenuhi panggilan karena membaca review-review yang tertulis di forum-forum diskusi atau blog. Sebagian lagi memberanikan datang karena memang membutuhkan pekerjaan, memiliki pemikiran lainnya, atau menghilangkan rasa penasaran (yang ini contohnya saya). 

Berbekal beribu pertanyaan yang saya tanyakan kepada karyawan Trans Retail yakni sahabat saya sendiri, saya memberanikan untuk memenuhi panggilan seleksi psikotest program Trans Retail Development Program. Sama seperti langkah-langkah seleksi yang sudah saya tulis pada artikel Fresh Graduate Trainee Program (FGTP) Lottemart  , seleksi TRDP ini juga tidak jauh beda dengan seleksi FGTP Lottemart. Menggunakan sistem gugur dimana kandidat yang tidak lolos psikotest tentu tidak akan lanjut ke tahap selanjutnya. Hal yang berbeda dari seleksi TRDP dengan FGTP Lottemart bisa dijabarkan sebagai berikut :

FGTP Lottemart :
1. Dilakukan serentak. Maksudnya jika yang dipanggil sebanyak 150 orang, maka panggilan psikotest akan dilakukan pada hari yang sama. 
2. Tertera batas waktu pengiriman lamaran. 
3. Dilakukan secara sistematis, teratur, jelas, dan nyaman.
4. Kandidat yang dipanggil disediakan coffee break (ini penting loh, hehe). Baik yang gagal tes pertama, atau lanjut ke tahap selanjutnya, coffee break disediakan sejak pagi untuk menemani kandidat-kandidat yang menunggu pengarahan staff HRD. 

TRDP :
1. Tidak dilakukan serentak. Pemanggilan seleksi psikotest dilakukan secara berkala. Dalam satu hari, kandidat yang dipanggil bisa saja bukan untuk lowongan TRDP. Maksudnya, pada saat menjalani psikotest kandidat TRDP dengan kandidat posisi lain menjalani tes bersama dalam satu ruangan. 
2. Tidak tertera batas waktu pengiriman lamaran sehingga panggilan kerja pun terserah pihak HRD-nya aja. Hehe. Maksudnya, 2 hari lalu saya mengirim lamaran sudah mendapatkan balasan. Begitu juga teman saya yang mengirim 3 hari kemudian pun dipanggil untuk mengikuti psikotest. Dengan kata lain, sampai kuota TRDP terpenuhi dan pihak HRD belum mendapat kandidat dengan jumlah yang ditentukan, pemanggilan kandidat via email akan terus dilakukan. 
3. Tidak dilakukan secara sistematis, teratur, jelas dan nyaman. Mengapa? Berbeda dengan seleksi FGTP dimana pihak HRD menjelaskan langkah-langkah seleksi FGTP pada satu ruangan, kandidat TRDP pun tidak dijelaskan bagaimana atau seleksi apa saja yang harus dilewati para kandidat. Satu orang staff HRD pun hanya mengarahkan, memerintahkan masuk kelas, kemudian psikotest berjalan dengan sendirinya setelah staff tersebut menjelaskan instruksi soal-soal psikotest. 
4. Tidak ada coffee break. Jadi, penting untuk kamu yang mendapat panggilan seleksi TRDP untuk sarapan di rumah terlebih dahulu. 


Seleksi TRDP ini ringkasnya seperti berikut :
1. Psikotest. Berlaku sistem gugur. Kalau tidak lolos, silakan pulang dan tetap semangat.
2. Forum Group Discussion. 
3. Interview HRD.
4. Interview USER. 
5. Training selama 1/2 Minggu di Institute Carrefour Indonesia (ICI) Bekasi. 
6. Ikatan Dinas dan penempatan selama 2 tahun.


Kelebihan TRDP :
1. Career Path
Berbeda dengan FGTP Lottemart dimana kandidatnya tidak dipetakan career path, kandidat TRDP setelah lolos masa training dan ikatan dinas ditempatkan untuk mengisi posisi Sales Manager Store (Toko). Maka dari itu, kalau kamu meremehkan panggilan seleksi management trainee Trans Retail ini, belum tentu kamu lolos di tahap psikotest. Mungkin IQ kamu memang rata-rata cerdas atau cerdas, tapi ingat ya, posisi Sales Manager juga memiliki kriteria tertentu untuk calon-calon kandidatnya. Kamu merasa kamu pintar, tapi di luar juga banyak kandidat dengan kelebihan-kelebihan yang mungkin tidak kamu miliki. Career path di PT Trans Retail Indonesia itu cukup menjanjikan. Trans Retail Indonesia merupakan barisan nama perusahaan retail besar di Indonesia. Jadi, peluang berkarir di perusahaan ini masih cukup besar. Ditambah lagi turn over karyawan-karyawan yang bekerja di dunia retail juga cukup tinggi. Peluang kamu untuk bisa jadi pemimpin perusahaan juga masih menjanjikan. Asalkan kamu berkembang dengan baik untuk menjadi karyawan masa depan, menjadi Store Manager atau General Manager bukan tidak mungkin dicapai pada usia yang muda. 

2. Besaran gaji
Besaran gaji yang didapatkan masa TRDP untuk menempati posisi Sales Manager sebesar Rp3.700.000 - Rp4.000.000. Nominal ini tentu lebih besar dari nominal penawaran FGTP Lottemart. Nominal tersebut juga belum termasuk bonus-bonus penjualan, insentif opening closing, atau tunjangan lainnya. Insentif opening-closing yakni upah tambahan kalau kamu ikut opening/closing toko. Misal kamu masuk shift pagi dan dijadwalkan masuk jam 06.00. Kalau kamu masuk dan ikut opening toko, kamu akan mendapat insentif opening. Begitu juga hal-nya kalau kamu masuk shift siang dan pulang setelah ikut toko tutup. Besaran gaji yang didapatkan kandidat TRDP setelah penempatan juga beragam sesuai lokasi penempatan (disesuaikan dengan UMP). Dan satu lagi, dunia retail adalah tempatnya kamu belajar, mencari pengalaman seluas-luasnya, melatih kepemimpinan,  profesionalisme, dan loyalitas. Jadi, jangan berharap mendapat gaji Rp10 juta per bulan meskipun kamu diterima melalui jalur management trainee perusahaan retail. Para fresh graduate biasanya membayangkan jalur "management trainee" adalah jalan menuju pendapatan besar setiap bulan. Camkan ini anak muda! Kalau kamu lolos Management Trainee PT Pertamina, Nestle, anak-anak perusahaan BUMN atau perusahaan swasta yang besar, bolehlah kamu mengharapkan pendapatan >Rp7 juta per bulan. Tapi tidak untuk management trainee perusahaan retail. 

Kelebihan selanjutnya, mungkin sama dengan perusahaan lainnya, Trans Retail Indonesia juga menerapkan final payment bagi para karyawan yang resign. Saat sudah menjadi pegawai tetap dan mengajukan pengunduran diri, Trans Retail juga memberikan final payment. Seorang sales manager yang mengajukan pengunduran diri setelah 14 tahun bekerja mendapat final payment sebesar Rp60 Juta. 14 Tahun ya. 

Kelemahan TRDP :
1. Ikatan dinas selama 2 tahun dengan penahanan ijasah. 
Penahanan ijasah memang sudah banyak diterapkan perusahaan-perusahaan untuk jalur management trainee. Tidak terkecuali management trainee perusahaan retail. Trans Retail Indonesia adalah salah satunya yang menerapkan aturan penahanan ijasah dengan ikatan dinas 2 tahun. Hmm, terdengar biasa? Begini ya, kalau kamu ikatan dinas 2 tahun dengan tekanan pekerjaan tinggi dan gaji yang besar, pasti kamu tidak keberatan kan? 

Sekarang bayangkan apa yang sudah saya jelaskan di sini >> Berkarir di Dunia Retail << akan kamu jalani selama 2 tahun dan kamu tidak diperbolehkan kemana-mana sampai ikatan dinasmu selesai. Bayangkan baik-baik. Jangan kamu bayangkan dalam jangka pendek. Waktu 2 tahun itu tidak sebentar, kawan. 

Jadi, sebelum kamu bersedia menandatangani kontrak, lebih baik dipikirkan matang-matang. Ditambah lagi kamu juga harus bersedia ditempakan di seluruh Indonesia. Selain ikatan dinas, kamu juga akan dikenakan penalty jika keluar sebelum ikatan dinas selesai. Murah kok, hanya Rp30 juta aja. Hehe. Murah darimanaaa? Dibandingkan program development officer perusahaan-perusahaan BUMN yang lebih dari nominal Rp30 Juta, penalty sebesar Rp30 juta ini termasuk bilangan yang lebih kecil dari perusahaan lain. 

2. Penempatan di seluruh wilayah di Indonesia. 
Kelemahan yang satu ini menurut saya sebetulnya bisa untuk tidak diterapkan di Indonesia. Seandainya PT Trans Retail Indonesia menerapkan penempatan sesuai domisili, pasti peminat program ini jauh lebih banyak. Loh, namanya management trainee ya harus bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia dong? Iya, betul. Tapi, dengan jumlah store-store trans retail yang tersebar banyak di seluruh kota, bahkan dalam satu kota bisa belasan store, sebaiknya tag "penempatan seluruh Indonesia" pada iklan-iklan pembukaan lowongan kerja bisa dihapus dan dikembalikan sesuai dengan kota domisili.  

Selain itu, benefit yang ditawarkan saat penempatan di luar domisili, menurut saya menjadi salah satu kelemahan program ini. Karena :
Peserta trainee yang ditempatkan di luar kota domisili selama ikatan dinas mendapat tunjangan tempat tinggal selama satu tahun saja. Sisa tahun ikatan dinas jika masih ditempatkan di luar kota domisili (luar daerah) ditanggung oleh pribadi masing-masing. Entah ada pembaharuan perjanjian kontrak atau apa, tapi untuk sementara, informasi yang saya dapatkan adalah peserta TRDP diberikan tunjangan tempat tinggal jika ditempatkan di luar daerah hanya di tahun pertama. Mungkin selanjutnya akan ada rolling position atau pembaharuan kontrak. 


Source : link

Jalur management trainee perusahaan-perusahaan bisa menjadi peluang untuk belajar dan berkarir bagi para fresh graduated. Bayangkan seperti ini :
Di usia 22 tahun kamu lolos TRDP dan menempati posisi Sales Manager selama 2 tahun. Pada umur 24 tahun, kalau kamu ingin pindah ke perusahaan lain,  kamu sudah sangat memiliki pengalaman yang cukup untuk dibawa ke perusahaan lain. Tapi, kalau kamu seseorang yang usianya sudah mencapai 25 tahun ke atas, sebaiknya berkarir di dunia retail harus sudah menjadi final destination kamu dalam kehidupan karir kamu. Mengapa? Sebagian perusahaan menerapkan aturan usia tidak lebih dari 25 tahun untuk penerimaan pada posisi tertentu. Kalau kamu baru memasuki dunia retail pada usia 25 tahun ke atas, sebaiknya jadikan loncatan kamu ke perusahaan retail sebagai jalur karir yang serius. Serius berkarir dan serius mengejar posisi di perusahaan tersebut. Bukan sekedar masuk untuk keluar lagi 2 bulan kemudian. 

Berkarir dimanapun, tentu ada kelebihan dan kekurangan. Tapi yang pasti, setiap orang memiliki persepsi sendiri dari segi kebutuhan, ekonomi atau status sosial, prinsip, dan lain semacamnya. Jangan jadikan tulisan saya ini sebagai pedoman kamu untuk menjalani suatu pekerjaan. Saran saya, setiap ada panggilan interview atau psikotest, jangan cuma berpedoman pada review-review di forum-forum diskusi online atau hasil browsing saja. Yang ditulis di internet adalah hasil opini pribadi masing-masing kepala yang tentu pola pikir dan kebutuhannya berbeda-beda. Kalau kamu memang mempertimbangkan untuk tidak membuang waktu, silakan saja jadikan hasil-hasil penelitian online kamu untuk pedoman. Tapi kalau kamu seorang fresh graduate, datanglah! Belum tentu juga kamu lolos seleksi psikotest jalur management trainee ini bukan? Hehehe. 



Success is not destination, but the road that you're on. Being successful means that you're working hard and walking your walk every day. You can only live your dream by working hard towards it. That's living your dream. 


- Marlon Wayans




Related post :
Berkarir di Dunia Retail
Fresh Graduate Trainee Program (FGTP) Lottemart

You Might Also Like

1 comments

  1. Apa sebenarnya jobdesk dari TRDP Trans retail ? Thank you

    ReplyDelete