Menjaga Berat Badan Setelah Berpuasa di bulan Ramadhan

Pasca Ramadhan, biasanya kebutuhan akan makanan kembali seperti semula sebelum Ramadhan. Mereka yang hobby makan dan memiliki masalah berat badan, biasanya berkurang berat badannya setelah berpuasa 30 hari di bulan Ramadhan. Tapi, sekarang yang jadi masalah adalah bagaimana mengontrol mulut kita dalam mengkonsumsi makanan agar berat badan yang sudah turun setelah berpuasa 30 hari tidak naik lagi setelahnya. Manfaat berpuasa memang sangat besar sampai bisa melatih atau membiasakan tubuh kita untuk mengkonsumsi lebih sedikit dari hari-hari selain Ramadhan. Saya sendiri terbiasa makan 3 kali sehari diluar cemilan-cemilan manis pada hari biasa. Namun, selama Ramadhan saya hanya makan selama 2 kali saja. Saat berbuka puasa dan saat makan sahur. Buat kamu yang terbiasa makan 2 kali sehari selama bulan Ramadhan sebetulnya masih bisa diteruskan setelah Ramadhan. Karena, tubuh sudah terbiasa untuk mengonsumsi makanan sejumlah itu. 

Source : http://www.medicaldaily.com/
Setelah Ramadhan biasanya banyak makanan atau kue-kue manis yang tersedia di rumah. Mulai dari biskuit, kue nastar, kastangel, kue-kue berbahan dasar coklat, atau cemilan-cemilan asin lainnya yang berpotensi menambah berat badan kamu setelah turun selama bulan puasa. Sebetulnya, mudah saja, karena tubuh kamu sudah terbiasa mengurangi porsi makanan selama bulan Ramadhan, kalau kamu menahan hasrat untuk mengunyah lebih banyak lagi bisa dilakukan. Ingat, yang kamu hadapi setelah bulan Ramadhan adalah hawa nafsu kamu melihat kue-kue manis terjejer rapi di meja tamu. Menganggur, tak terjamah, seperti memanggil-manggil namamu untuk segera mengunyahnya. 

Nah, buat kamu yang gak bisa melakukan diet ketat (seperti hanya makan kentang saja), nge-gym, atau olahraga secara teratur, kamu bisa melakukan hal-hal simple berikut untuk tetap menjaga berat badan kamu. 

1. Sembunyikan kue-kue manis dari lokasi yang mudah dilihat 

Pic source : http://goo.gl/Y15GMs
Meja tamu pastinya salah satu ruangan yang favorite setelah Idul Fitri. Jajaran kue-kue manis terpampang rapi di meja. Kalau kamu tidak bisa menahan hawa nafsu untuk mengunyah kue-kue manis itu, coba pindahkan kue-kue lebaran ke tempat yang lebih tersembunyi yang kemungkinan untuk dilihat kamu lebih kecil. Saya dan keluarga memang tidak terbiasa meletakkan kue-kue manis di meja tamu selain pada hari raya pertama dan kedua. Alasannya bukan karena memang ingin menekan hawa nafsu, tapi memang sepupu-sepupu saya yang masih kecil-kecil gemar membuat meja tamu berantakan. Setelah hal itu kami praktekkan, ternyata keinginan saya untuk mengunyah kue-kue lebaran lebih kecil. Satu toples kastangel bahkan belum terbuka karena saya letakkan di tempat lain. 

2. Kurangi konsumsi santan berlebih 

Satu lagi cobaan setelah Ramadhan pastinya makanan dengan berbahan santan. Hari raya pertama dan kedua, mungkin memang tidak bisa menahan hasrat untuk mengkonsumsi makanan-makanan lezat berbahan santan. Tapi, kamu dan keluarga bisa berencana untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi santan dengan tidak memasak makanan berbahan santan. Demi kesehatan, ada baiknya sama-sama berusaha menjaga satu sama lain kan? 

3. Banyak minum air putih 

Source : http://goo.gl/02OUZZ
Tidak heran lagi kalau botol-botol sirup maupun minuman soda terjejer rapi di kulkas. Setiap buka kulkas pun timbul hasrat untuk meminum minuman dengan kadar gula yang berlebih. Ingat, banyaklah minum air putih dan kurangi minum-minuman manis. 

4. Jagalah jumlah makan seperti saat Ramadhan

Buat kamu yang terbiasa makan 2 kali selama bulan Ramadhan, teruskan kebiasaan tersebut setelah bulan Ramadhan. 30 hari aja kamu bisa kok, masa setelah bulan Ramadhan kamu gak bisa. Jumlah menyantap makanan selama bulan Ramadhan yang bisa membuat berat badan kamu turun, masih bisa kamu teruskan setelah bulan Ramadhan kok karena tubuh kamu sudah terbiasa dengan jumlah makan  saat bulan Ramadhan. Yang penting, tambahkan dengan meminum air putih lebih banyak. 

5. Olahraga kecil sebelum tidur

Source : http://www.military.com/
Seringkali alasan tidak punya waktu jadi alasan kebanyakan orang tidak berolahraga. Saya sendiri sepertinya terlalu sayang jika waktu weekend saya dimulai dengan bangun pagi. 5 hari bekerja membuat kita kelelahan dan seringkali lupa berolahraga. Mudah saja, cobalah lakukan olahraga kecil sebelum kamu tidur. Kamu bisa melakukan push up, sit up, squats, jumping jacks, high knees, masing-masing 20 kali rutin setiap sebelum tidur. Gampang kok, kamu gak perlu keluar uang dan bisa melakukannya di kamar. Gak sampai satu jam kamu sudah berkeringat. Kalau kamu sudah terbiasa, kamu bisa menambah gerakan lain dengan jumlah masing-masing gerakan yang lebih banyak juga. 

Tidak mudah memang untuk menjaga badan agar tetap pada berat yang proporsional. Tapi kamu bisa memulai pasca Ramadhan karena berat badan kamu sudah turun karena berpuasa. Memulai kebiasaan yang baik memang tidak mudah. Tidak ada yang bilang untuk menjadi cantik atau tampan tidak butuh usaha atau biaya yang kecil. Biaya masih bisa kamu ganti dengan melakukan hal-hal kecil yang bernilai sama dengan yang membutuhkan biaya yang besar. Tapi, kalau usaha memang tetap berasal dari diri kamu sendiri. Dietnya nanti aja, dietnya besok aja, gemuk juga udah ada yang mau (gak jomblo), eits ini bukan soal udah ada yang mau atau belum, tapi soal hidup sehat buat kamu dan masa depan kamu. 




Looking good and feeling good go hand in hand. If you have a healthy lifestyle, your diet and nutrition are set, and you're working out, you're going to feel good. 
- Jason Statham


Share on Google Plus

2 comments :

  1. Kadang dihantui rasa khilaf itu lho yang bikin gak bisa nahan~

    ReplyDelete
    Replies
    1. minum aja yg banyak, nanti kenyang kok. hahaha

      Delete