Tipe-tipe Teman yang Kerap Kali Ditemukan di Kantor

2:53 PM

Mengutip pepatah lama, 1000 teman terlalu sedikit, sedangkan satu orang musuh terlalu banyak. Maka dari itu, bertemanlah dengan semua orang sebanyak yang kamu bisa namun hindarilah bermusuhan dengan siapapun itu karena hanya menyiksa dirimu sendiri. Kira-kira begitu makna dibalik pepatah lama. Mencari teman memang tidak mudah, kadang ada sebagian orang yang sulit sekali berteman atau beradaptasi dengan orang baru. Sebagian lagi sangat mudah berteman bahkan saat pertemuan pertama kadang terlihat seperti sudah berteman sangat lama. Kamu juga pasti pernah bertemu dengan seseorang yang langsung "click" dengan kamu dan memiliki kecocokan yang banyak dalam beberapa hal. 
Pic Source
Sama halnya dengan kehidupan di sekolah atau kampus, tipikal teman yang bisa kamu temui di kantor sesungguhnya hanya turunan atau fotocopy tipe-tipe teman yang juga bisa kamu temui saat kamu sekolah atau kuliah dulu. Kalau kamu bertemu dengan teman yang tukang kritik dengan kebijakan kampus, kamu juga akan bertemu tipe teman si tukang kritik di kantor. Nah, memang tipe teman seperti apa sih yang bisa kamu temui di kantor? Yuk kita bahas satu per satu. 

1. Si Dermawan
Tipikal yang satu ini sesungguhnya adalah tipe manusia yang selalu berpikir bahwa rezeki sudah ada jalannya. Si dermawan ini berpikir dengan bersikap demikian dia tidak akan jatuh miskin atau kehabisan gaji. Perangainya yang gemar berbagi baik makanan, atau sekedar traktir ngupi-ngupi cantik, membuat dia disukai banyak rekan kerjanya. Biasanya tipikal si Dermawan ini memang tulus ikhlas dalam berbagi kebaikan dan membuat dia punya banyak teman. Bukan karena teman-temannya kepengen selalu di traktir ya (walaupun tetap ada beberapa yang mengambil kesempatan itu), tapi tipikal si dermawan ini memang mudah menarik perhatian lainnya karena kebaikan hatinya. 

2. Si Tukang Ngeluh
pic source
Dimanapun kamu bekerja, selalu ada teman yang kerjaannya tukang ngeluh. Dikasih kerjaan ini ngeluh, dikasih kerjaan itu ngeluh. Digaji kecil ngeluh, digaji besar tapi kerjaannya banyak ngeluh. Duh, tipikal yang satu ini bisa berpengaruh buruk kalau kamu gak pintar-pintar menahan diri agar tidak terpengaruh menjadi seperti dia. Kalau saya bertemu teman seperti ini, saya dengan cepat akan menjawab "yaudah sih resign aja sana. perusahaan bisa dapet yg lebih dari kamu kok". Biasanya kalimat ini efektif untuk mendiamkan keluhannya. 

3. Si tukang kritik 
Enggak di sekolah, enggak di kampus, enggak temen satu geng, si tukang kritik ini selalu dan selalu punya bahan buat mengkritik sesuatu atau seseorang. Entah kebijakan perusahaan, entah cara kerja orang lain, entah apa yang kamu pakai hari ini, atau bahkan kenapa kamu bernafas dari mulut (padahal kamu lagi pilek). Si tukang kritik ini biasanya hidupnya ga tenang karena dia terlalu sibuk mengkritik apapun. Kalau ketemu teman seperti ini, coba kamu tulis di kertas HVS :
"Kritik & Saran silakan kirim ke PO BOX 12345" , lalu saat dia sedang mengkritik, kamu tempelin aja ke mukanya. 

4. Si Pendengar & Penasihat yang baik
pic source
Dia selalu dicari ketika teman-temannya butuh pendengar atau penasihat yang baik. Dia salah satu orang yang bijak yang tau bagaimana memberikan saran atau jalan keluar atas setiap masalah. Biasanya tipikal seperti ini adalah tipikal teman yang jauh lebih dewasa dan bahkan sebagian dari mereka masih terbilang muda usianya. Seperti kata orang, dewasa itu memang tidak bisa diukur dengan angka. 

5. Si Bossy 
Si bossy alias tukang nyuruh-nyuruh ini biasanya cukup menyebalkan. Dia selalu bersikap seolah-olah teman-temannya adalah anak buahnya sedangkan dia adalah kepala tukang pukulnya. Gak sedikit teman-temannya yang tetap mengikuti perintahnya entah karena faktor X dan yang lainnya. Kalau ketemu teman seperti ini, coba kamu kasih kontak penyedia asisten rumah tangga atau baby sitter. Mungkin bisa menjadi jalan keluar daripada kamu yang disuruh-suruh terus. 

6. Si Gak Tegaan & Gak Bisa Marah 
Tipikal yang seperti ini yang kadang menyedihkan dari yang lainnya. Si gak tegaan dan gak bisa marah ini selalu menuruti, mendengarkan, dan bersikap baik ke teman-temannya karena pada dasarnya dia memang memiliki hati yang sangat lembut. Tapi sayangnya tipikal seperti ini kerap kali dimanfaatkan oleh Si bossy. Namun satu hal tetang tipikal si gak tegaan dan gak bisa marah ini, dia dengan mudah disukai banyak orang karena perangainya yang mudah menolong atau ringan tangan dalam membantu teman-temannya yang membutuhkan pertolongannya. 

7.  Si Google 
Kamu tanya apapun ke dia, dia akan dengan mudah menjawabnya dengan penjelasan ilmiah. Biasanya pengalamannya jauh lebih banyak atau dia memang memiliki wawasan yang luas. Tipikal teman seperti ini biasanya menjadi referensi teman-teman sekitarnya karena dia tau segalanya. Selalu ada wawasan baru kalau kamu ngobrol sama dia. Sering-sering ngobrol dengan orang seperti ini tentu akan memberikan kamu banyak dampak yang positif. 

8. Si Cerdas & Kreatif 
pic source
Sama halnya dengan si google, si cerdas ini biasanya juga memiliki wawasan yang luas walau tidak seluas si google. Biasanya tipikal yang satu ini selalu memiliki cara terbaik keluar dari masalah dan selalu memiliki ide-ide brilian atau kreatif dalam pekerjaan. Dia dengan mudah berargumentasi dengan bosnya jika dia melihat sesuatu akan tidak berjalan baik jika dilakukan. Sebagian diimbangi dengan sisi kreatif yag lebih tinggi dari yang lain. Tipikal seperti ini yang biasanya menjadi aset bagi perusahaan dan kesayangan rekan-rekan kerjanya. 

9. Si Telmi (Telat Mikir) 
Sepertinya tipikal seperti ini selalu bisa kita temukan dimanapun. Begitu juga di kantor, kamu akan menemui teman yang kadang suka telat mikir. Kita sudah ngobrol sampai Afrika Selatan, dia baru transit di Singapura. Jadi ya begitulah. Sabar-sabar menghadapi teman seperti ini. Kadang dia bisa jadi penggerak canda tawa ketika ngumpul karena teman-temannya sudah serius membicarakan sesuatu, ternyata daritadi dia gak nyambung. 

10. Si Ter-up-to-date
picsource
Si ter-up-to-date ini biasanya paling depan dengan berita-berita seputar kantor yang entah darimana sumbernya dia selalu dapat duluan. Mulai dari berita seputar perusahaan, sampai gosip terpanas yang gak ada faedahnya buat dibahas, tipikal yang satu ini bisa jadi tipikal teman yang dicari saat kamu membutuhkan informasi terbaru seputar kantormu. 

Sebetulnya masih banyak lagi tipe-tipe teman di kantor yang masih belum disebutkan di atas. Mulai dari : 
- Si tukang pamer yang secara implisit atau eksplisit selalu memamerkan yang dia punya, 
- Si pedagang yang kerjaannya promosiin dan menjual barang dagangannya, intinya kerja sambil dagang = pendapatan besar, 
- Si penuh talenta karena punya banyak talenta tersembunyi dan berpotensi untuk menjadi selebriti, 
- Si fashionable yang memiliki high taste of fashion dan selalu sedap dipandang dengan apa yang dia pakai setiap hari,
- Si cuek yang sabodo teuing orang lain mau ngapain yang penting saya teh kerja,  
- Si cerewet yang rame sendiri, 
- Si kesayangan bos yang entah kenapa apapun yang dia lakukan selalu mendapat response yang positif dari atasan, 
- Si tukang ngurusin orang yang selalu ribet ngurusin kehidupan orang lain, 
- Si pendiam yang memang diam dari mulai masuk kerja sampe pulang kerja dan kamu ga tau dia sedih apa seneng mana bedanya, 
- Si humoris yang bisa selalu mencairkan suasana dengan jokes-jokesnya,
- Si tukang makan yang tiap kali kamu liat dia pasti lagi ngemil,

dan masiiiiih banyak lagi tipe-tipe teman yang bisa kamu temui di kantor. 
Kira-kira kamu sendiri tipikal seperti apa ya? 

You Might Also Like

1 comments

  1. Semua nya ada ne, pernah ak temui,

    Yang ke Lima : si bossy itu nyebelin sumpah, sukanya nyuruh-nyuruh aja dia, udah macam Bos.

    ReplyDelete