Menjalani Pola Hidup Sehat dalam Memerangi Jerawat

Terhitung satu tahun sudah saya berperang memerangi jerawat yang muncul di kisaran usia 24-an ini. Lelah? Jangan ditanya. Bahkan saya sudah ada di titik “yauda lah, suka-suka lo mau nongol dimana tong!”. Segala macam skin care dengan harga yang ramah kantong sampai konsultasi di beberapa dokter kulit (dengan biaya yang menguras kantong) sudah saya jalani. Hasilnya, ya sampai dengan tulisan ini dibuat saya masih berperang mengatasi masalah jerawat di wajah saya. Meskipun rasanya lelah, ini harus diperangi dengan kesungguhan dan kegigihan yang levelnya harus selalu ditingkatkan keseriusannya. Sejauh ini, saya merasa sangat jauh lebih baik setelah mengganti pola hidup saya sehari-hari. Jerawat sudah mulai berkurang dan kalem. Meskipun meninggalkan bekas, saya berpikir “tunggu ya tong, yg penting gak pada keluar kaya hujan aja lo tong, bekasnya mah gpp deh belakangan”.

Ingin terlihat cantik tanpa jerawat? Bagi saya, takaran kecantikan seorang wanita tidak diukur dari kecantikan yang terlihat di wajah saja. Seperti kata orang bijak, cantik itu relatif. Setiap orang memiliki definisi cantik yang berbeda-beda. Sedangkan standarisasi cantik tanpa jerawat bukanlah standar gambar kecantikan bagi saya. Namun, sehat lah yang merupakan standar cantik bagi saya. Mulai dengan kesehatan, sesungguhnya takaran yang sangat mudah dalam mengatasi masalah dalam tubuh kita. Apalagi baru jerawat.

Awalnya, saya mengira masalah jerawat muncul karena faktor eksternal yang saya hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari polusi udara, asap kendaraan, kebiasaan yang berhubungan dengan kebersihan, atau penggunaan skin care yang tidak tepat pada wajah. Tapi, setelah saya menjaga agar tidak terkena dampak dari faktor-faktor eksternal, jerawat tetap menyerbu wajah saya. Tanpa henti saya terus mencari tahu mana yang salah. Skin care yang saya pakai, atau faktor lainnya yang belum saya temui. Konsultasi kesana kemari, banyak mencari tahu mulai dari internet, membaca buku kesehatan, artikel-artikel kesehatan, melihat review beauty blogger atau beauty vlogger, sampai konsultasi ke teman-teman yang juga sedang memerangi masalah jerawat, selalu saya lakukan setiap harinya. Kadang saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk melihat pembahasan bagaimana mengatasi jenis jerawat tertentu.

Pada akhirnya, setelah menghabiskan waktu untuk mencari tahu apa yang salah dari sisi saya, saya mendapat kesimpulan bahwa selama ini saya menjalani pola hidup yang sedikit di bawah standar sehat. Mulai dari asupan makanan & minuman, jam istirahat, sampai kebiasaan sehari-hari mulai saya review satu per satu. Selama 2 bulan belakangan ini, saya mulai mengganti beberapa kebiasaan dalam memerangi jerawat. Selain terus mencoba skin care yang benar-benar tepat untuk jenis jerawat yang saya derita, saya mulai mengganti beberapa asupan yang masuk ke dalam tubuh saya. Benar kata review para beauty blogger / vlogger, ahli dermatology, atau skin expert lainnya, bahwa apa yang masuk ke dalam tubuh kita adalah cerminan yang akan keluar ke permukaan. Dengan menjalani beberapa pola hidup sehat yang sebenarnya simple (tapi kadang kita malas melakukannya), saya melihat ada beberapa perubahan di tubuh saya dan wajah saya yang berjerawat. Mungkin untuk beberapa kasus jerawat terdapat beberapa kemungkinan yang akan terjadi di masing-masing kulit wajah. Ya, seperti yang kita ketahui, jenis kulit atau jenis jerawat yang diderita sebagian orang memang berbeda-beda. Tapi, tips pola hidup sehat yang akan saya bagikan ini sesungguhnya sangat mudah dilakukan dan bisa memberikan dampak yang positif bagi kamu yang punya masalah jerawat.

1. Minum air mineral 2.5 L sepanjang hari.
click for pic source
Saya sudah mempraktekan untuk meminum air mineral tidak hanya ketika haus atau setelah makan saja. Tapi, saya akan mencukupkan badan saya untuk menerima air minum sebanyak minimal 2.5 L sepanjang hari. Sepanjang hari maksudnya bukan hanya minum pada pagi/siang hari saja, tapi juga malah hari dan sebelum tidur. Memang sih, bangun malam-malam hanya untuk pipis itu kadang menyebalkan. Tapi, kamu bisa mencoba kebiasaan ini untuk memerangi jerawat. Cobalah sampai kurun waktu 1 bulan dan kamu bisa rasakan sendiri bagaimana keajaiban air putih membantu kamu mengatasi masalah jerawat.

2. Jangan jajan sembarangan
Apa kata orang tua dulu ketika kita mau berangkat ke sekolah? Jangan jajan sembarangan! Sesungguhnya pepatah orang tua dulu ini benar adanya! Jangan jajan sembarangan dalam hal ini adalah perhatikan makanan dan minuman apa yang kamu konsumsi setiap hari. Mulai dari gorengan, sampai minuman manis yang berlebihan, atau makanan yang kurang cocok dikonsumsi untuk masalah jerawat yang kamu alami.

3. Carilah skin care yang tepat untuk wajah berjerawat
Pada dasarnya, efek skin care yang digunakan untuk mengatasi masalah wajah berjerawat ada yang memberikan hasil yang cepat tapi ada juga yang memberikan hasil yang agak lama. Tergantung jenis kulit kamu. Untuk jenis kulit saya, facial wash akan menunjukan hasil yang cepat. Begitu saya mengganti facial wash yang kurang tepat untuk saya, wajah saya langsung bereaksi. Namun, untuk penggunaan masker wajah, kulit saya termasuk ke dalam kulit yang lambat menuai hasil. Jadi, kuncinya adalah sabar dalam mencari dan menggunakan skin care sampai kamu mendapat skin care yang tepat. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang jenis jerawat yang kamu derita, dan carilah skin care sampai kamu dapat yang cocok dengan kulit kamu dan bisa mengatasi masalah jerawat yang kamu miliki. Cari pasangan yang cocok sama kita aja susah-susah gampang. Sama halnya dengan cari skin care yang tepat dan cocok untuk wajah berjerawat. Healthy needs process!


4.  Istirahat yang cukup
Sesungguhnya, kebiasaan orang tua dulu untuk tidur lebih cepat adalah kebiasaan yang sangat baik bagi kesehatan kulit kamu. Kurangi begadang, mulailah untuk mengistirahatkan badan dan relaksasi merupakan salah satu kunci untuk melancarkan peredaran darah. Tubuh kamu juga butuh istirahat.

5. Konsumsi vitamin

click for pic source
Sumber vitamin selain dari buah dan sayur-sayuran juga sudah banyak disediakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pharmacy. Kalau kamu tidak bisa selalu mencukupi kebutuhan vitamin tubuh kamu dari buah dan sayur-sayuran, kamu bisa mengkonsumsi vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, melancarkan peredaran darah, membantu regenerasi kulit, mengatasi peradangan kulit (vit C), atau melawan radikal bebas. Saya mulai menkonsumsi vitamin yang memberikan manfaat melancarkan peredaran darah. Hasilnya, peradangan jerawat saya ternyata bisa berkurang.

6. Menjalani diet sehat
pic source : https://gorrygourmet.com/
Makanan sehat merupakan hal yang paling penting dalam memerangi jerawat. Apa yang kamu masukan ke dalam tubuh adalah yang akan keluar ke permukaan. Menu diet yang baik selain untuk menjaga atau menurunkan berat badan, juga sangatlah penting dalam mengatasi masalah jerawat. Mulailah untuk mengatur apa yang kamu konsumsi, salah satunya dari mengatur menu diet yang baik untuk masalah jerawat kamu. Mengurangi konsumsi gorengan yang berlebihan, dan mulai mengkonsumsi makanan dengan gizi yang cukup, lemak baik, dan diolah dengan baik. Kalau kamu merasa sulit melakukannya, Catering Sehat Jakarta bisa menjadi pilihan kamu dalam menjalani terapi jerawat. Selain membantu kamu mengatasi masalah jerawat, menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan diet juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Tenang, jangan berpikiran negatif dulu kalau menu diet itu gak akan sesuai dengan lidah kamu, www.gorrygourmet.com salah satunya yang bisa merubah mind set bahwa menjalani pola hidup sehat itu ternyata mengasyikan.


7.  Melakukan olahraga ringan secara teratur
Terakhir, yang paling penting, ringan, namun sulit dilakukan secara teratur. Olahraga ringan secara teratur. Lakukanlah olahraga ringan sebelum tidur jika kamu tidak punya banyak waktu. Saya terbiasa untuk melakukan push up, squat, sit up, jumping jack, atau olahraga-olahraga ringan selama 20-30 menit sebelum tidur. Selain sedikit berkeringat, olahraga ringan juga membantu kita mengatasi masalah jerawat. Apalagi kalau kamu bisa mengimbanginya dengan olahraga lari setiap hari. 3 bulan kamu rutin melakukan tips sehat yang saya tulis dan diimbangi dengan olahraga, kamu bisa merasakan manfaatnya sendiri.

Jerawat memang menjadi masalah bagi sebagian orang. Bahkan saya pun sudah memutuskan untuk “okay, i will live happily with this acnes”. Tapi saya tidak berhenti untuk menuntaskan masalah jerawat yang saya alami. Saya tidak berhenti untuk menjadi sehat dan memiliki kulit wajah yang sehat. Bukan untuk terlihat baik di mata orang lain, namun memang kesehatan sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga apa yang sudah diciptakan oleh Tuhan. Kamu tidak perlu berkecil hati, malu, bahkan menutup diri karena kamu memiliki masalah pada kulit wajah kamu. Kecantikan yang haqiqi tidak hanya dibuktikan dari wajah saja, namun dari pemikiran yang sehat, perilaku, dan juga kebaikan-kebaikan setiap harinya. Kalau kamu merasa minder nantinya tidak punya pasangan karena masalah jerawat, sebaiknya kamu mulai berpikir positif untuk hidup kamu sendiri. Saya tetap bisa punya pacar bahkan pacar saya tidak pernah tahu di tahun 2016 dan sebelumnya saya punya wajah yang bersih dari jerawat. Jadi, dia mengenal saya sebagai perempuan yang memiliki masalah jerawat, and he is okay with that! Thank God i found him, right? Hehehe.


So, buat kamu yang punya masalah jerawat seperti saya. Kamu gak sendirian. Mulailah merubah pola hidup dan selalu mencari cara-cara terbaik untuk mengatasi masalah jerawat yang kita derita. 
Share on Google Plus

1 comments :

  1. Ternyata efek olahraga itu memang sangat luar biasa, bahkan berpengaruh terhadap jerawat ya. Jerawat itu memang sulit untuk dihilangkan, meskipun sudah gak berjerawat, tapi bekas jerawatnya itu masih ada di muka, berlobang, mirip galian PLN di jalanan...

    Nice post. Salam kenal. BTW saya juga ikutan loh, KUYlah mampir sejenak ke blog Ndeso saya

    ReplyDelete