10 Kesalahan Kecil Fresh Graduate saat Interview Kerja

Sumber gambar : www.monster.com

Fresh Graduate atau Lulusan Baru yang mulai memasuki perusahaan sering kali melakukan kesalahan kecil saat sedang interview. Wajar saja, saya juga melakukan kesalahan saat pertama kali interview di salah satu perusahaan FMCG di bilangan Benhil. Sejak saat itu, saya terus belajar bagaimana interview yang baik untuk para fresh graduate agar perusahaan mau mempekerjaan anak baru kemaren sore. Tuhan pun mengatur pelabuhan pertama saya untuk bekerja sebagai Social Media Officer di salah satu perusahaan provider terbesar di Indonesia

Dua tahun berpetualang di bidang Telekomunikasi, pelabuhan kedua adalah sebuah perusahaan eCommerce dengan bisnis model Iklan Baris online yang merupakan situs iklan baris terbesar di Indonesia. Portofolio saya pun berbelok dari bidang Telekomunikasi , ke sebuah perusahaan yang dinaungi sebuah Grup Besar asal Afrika Selatan. 

Berkecimpung di bidang Operations Excellence dan People Development Process membuat saya melakukan puluhan interview untuk posisi entry level yang banyak menerima Fresh Graduate atau lulusan baru. Mudah saja, posisi ini bisa dipelajari oleh orang baru dalam waktu 3 bulan masa kerja. Jadi, untuk apa saya mencari pekerja dengan pengalaman lebih banyak untuk posisi entry level ini. 

Dari sekian banyak interview yang sudah saya lakukan, sepertinya saya berpikir perlu untuk membagi pengalaman-pengalaman saya agar para lulusan baru ini tidak melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang bisa menggagalkan kamu diterima perusahaan yang kamu lamar. 

1. Lulusan baru, tapi congkak dan sombong 

Sering kali saya menemukan Fresh Graduate dengan tipe ini. Kenapa saya bilang congkak dan sombong? Merasa datang dari universitas ternama, lalu melamar kerja di posisi entry level, tapi berharap mendapatkan gaji yang bahkan selevel dengan para senior-seniornya di perusahaan. Belum-belum udah tanya gaji. Belum belum, udah berharap gaji gede. 

Untuk urusan gaji, cobalah untuk tawar menawar sesuai dengan pengalaman atau skill kamu. Kalau kamu seorang Graphic Designer dengan portofolio puluhan klien ternama saat masa kuliah dulu, dan kamu bisa buktikan kalau kamu pantas di gaji besar, sok silakan minta gaji yang menurut kalian pas untuk kalian dapatkan. Tapi, kalau kamu melamar posisi yang bahkan belum kamu tau apa detailnya, cobalah untuk tidak menyebutkan gaji yang fantastis saat interview. Saya yakin, CV kamu berakhir di mesin penghancur kertas.

2. Kemampuan komunikasi masih kurang

Komunikasi ini menjadi patokan utama seorang user tertarik mempekerjakan lulusan baru. Karena, segala pekerjaan akan berjalan dengan sebagaimana mestinya jika diawali dengan komunikasi yang baik. Seringkali kemampuan komunikasi ini menjadi satu hal yang diabaikan orang. 

Loh, kan saya orangnya introvert, saya gak bisa ekspresif? 

Kata siapa typical introvert tidak bisa berkomunikasi dengan baik? Saya banyak menerima lulusan baru dengan tipe introvert namun saat ngobrol ya nyambung dan bahkan banyak menerima pengetahuan baru dari mereka. Jadi, jangan karna kamu merasa sebagai orang yang introvert atau pendiam, lantas kamu tidak bisa berkomunikasi dengan lawan bicara. Pahami teknik-teknik dasar berkomunikasi dengan baik. 

3. Tidak menunjukan semangat juang yang tinggi 

Sering kali saat saya bertanya "kira-kira target kamu apa nih kalau diterima kerja disini?", para lulusan baru ini sebagian ada yang sangat rendah hati dengan menjawab "ya saya pertama diterima kerja aja dulu. nanti saya akan liat kedepannya seperti apa" 

WHAT THE? Itu namanya kamu gak punya rencana ! Baru masuk aja semangat kamu cuma sampai diterima kerja aja. Gimana kalau udah nyaman dengan gaji yg diharapkan, kerjanya enak, fasilitas nyaman, lantas kamu gak punya rencana ke depannya?

4. Tidak menjelaskan skill yang dimiliki dengan baik 

Apa yang bisa dinilai dari seorang lulusan baru selain skill yang dimiliki? Pengalaman belum punya, wong baru juga mletek kemaren sore toh? 

Nah, skill ini baik hard skill maupun soft skill selayaknya harus kamu jual sebagai lulusan baru. Mampu menggunakan soft ware tertentu misalnya. Soft Skill seperti ini walau sebetulnya tidak menjadi kualifikasi, bisa menjadi nilai tambah kamu sebagai lulusan baru. Setidaknya kamu gak cuma bisa microsoft word aja. Microsoft Excel contohnya, salah satu software yang paling mudah kamu pelajari dan paling sulit kamu ingat.

5. JUAL KISAH! 

Menjelaskan kisah sedih di hari minggu, atau kisah dibalik mengapa kamu belum dapat kerja, atau kisah drama sedih keluargamu? Oh come on, kamu gak mau diterima kerja hanya karna dikasihani kan? Kamu bukan lagi ikut casting. 

Sumber Gambar : career-greek.net

6. Ditanya apa, jawabnya apa

Sering banget saya menemukan lulusan baru saking groginya, kurang persiapan, ditanya apa dia balik nanya "tadi pertanyaannya apa?" Mangkanya fokus dooong. Gara-gara grogi kamu jadi lupa kan yang ditanya apa eh jawabnya apa.
Sumber Gambar : klik di sini

7. Antara CV dan realita berbeda

Sering juga nih nemuin lulusan baru yang lupa ternyata dia menulis poin yang ga bisa dia jelasin saat interview. Duh, bikin CV mangkanya sendiri toh le. Jangan mencantumkan hal-hal yang masih kamu bayangkan di CV. Tulis sesuai dengan keadaan kamu. 

8. Udah telat, penampilan gak okay, HP nya bunyi terus lagi

WAJIB HUKUMNYA UNTUK :
  • Datang setidaknya setengah jam sebelum jadwal interview. Kadang kandidat yang dijadwalkan sebelum kamu bisa gak dateng, ada kesempatan dimana jadwal kamu bisa dimajukan. Atau setidaknya kamu bisa liat-liat dulu keadaan kantor sekitar. 
  • BERPENAMPILAN SEWAJARNYA. Iya sih mau interview, tapi kamu gak perlu ngabisin setengah botol parfum biang yang bakal bikin usernya pusing. Sumpah, saya pernah jadi males nanya-nanya karna terganggu wangi parfum kandidat. 
  • HP nya gak di silent. Lagi di tengah-tengah interview, eh tiba2 ada telepon! Lah saya yang nge interview aja silent HP kok. Berasa yang di interview ini anak presiden aja toh. 

9. Gak percaya diri 

Buat orang-orang yang sering melakukan interview, sebetulnya bisa ngeliat loh kamu pede apa engga. Saya bisa membedakan mana orang yang membual dengan mana orang yang sedang berusaha mengenalkan dirinya dengan baik. Saya juga bisa membedakan mana orang yang gak pede dan mana yang pede karena dia gak mengada-ada. Jadi, percaya sama diri sendiri itu penting!

10. Gak kenal sama perusahaan yang mau dilamar 

Saya punya cerita lucu, ada seorang lulusan baru melamar ke perusahaan e-commerce, begitu saya tanya "apa yang kamu tau tentang e-commerce", terjadi keheningan yang panjang dalam beberapa detik ke depan. Oh my God! Walau kamu gak bisa tau secara detail perusahaan yang kamu lamar, setidaknya kamu paham di bidang apa perusahaan tersebut bergerak. Teknologi secanggih ini kamu gak gunain dengan baik, sayang-sayang dong smartphone kamu?

Kesalahan-kesalahan kecil Fresh Graduate ini sebetulnya masih banyak kalau dijabarkan, tapi saya pangkas jadi 10 kesalahan yang paling sering saya temukan ketika sedang interview kandidat. Saran saya, dengan semakin banyaknya jam terbang kamu melakukan interview di perusahaan, nanti kamu akan belajar satu demi satu kesalahan sampai kamu bisa memperbaikinya di kemudian hari. Itu yang saya rasanya saat menjadi lulusan baru. Cepat salah, cepat belajar, cepat bagusnya!


You Might Also Like

1 coment�rios

  1. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete