Beauty Review - Stop lakukan hal ini supaya gak jerawatan!

pic soure : here
Siapa yang udah berjuang belasan bulan atau malah bertahun-tahun memerangi jerawat? Me? Emm, let me count, saya sudah berperang dengan jerawat kira-kira dimulai 4 tahun lalu. Kurang lebih mencapai klimaks di tahun ke 2-3. Well, I fought acne about 4 years in my whole life. That was my horribly years I've ever had, and I'm not going back that way. 

Jerawat ini gak kenal umur, gak kenal kondisi, gak kenal jenis kelamin, gak kenal makanan apa yang kamu makan, gak kenal pola hidup, sangat sulit didefinisikan bagi sebagian orang. Banyak orang berjerawat karena faktor hormon, puberty, makanan, tapi banyak juga yang berjerawat karena hal-hal yang kadang sangat sulit didefinisikan alias gak ketemuuu woy ini jerawat nongol gara-gara apa! But, calm down. I've been that way before and I feel like I'm gonna break every mirror when I'm looking at my face on it. 

Seiring berjalannya waktu dan memulai untuk mencintai diri sendiri, pada akhirnya ikhtiar demi ikhtiar membuahkan hasil. Meski sempat memiskinkan tabungan karena saya sudah menyerahkan diri saya pada sang ahli alias dokter spesialis kulit, tapi tetep aja kalau kamu gak mulai mencintai dan mengenal dirimu sendiri, kamu gak akan pernah menang melawan jerawat seumur hidupmu. 


1. Stop hate! 

Ini penting banget, girls! Jangan pernah berhenti buat mencintai diri sendiri apapun kekurangan yang kamu miliki. Kamu adalah makhluk sempurna yang diciptakan Tuhan dengan bentuk sebaik-baiknya lengkap dengan akal dan pikiran yang sehat. Jangan sampai jerawat ini bikin pikiran kamu justru malah gak sehat. Be positive! This to will pass! Semua ada waktunya. Ada waktu dimana kamu harus bertahan dengan jerawat di wajahmu, tapi nanti juga ada waktu kamu menghempaskaaan semua pasukan jerawat ini. 

2. Stop searching the best product, search your needs! 
pic soure : here

Produk termahal sekalipun dan terbaik sekalipun, gak akan pernah berhasil kalau gak cocok di kulit kamu. Iya, emang bener. Kamu mau coba produk puluhan juta kalau kamu gak kenal kebutuhan kulitmu sendiri, gak akan menghempaskan jerawat kamu. Coba cari kebutuhan kulit kamu sendiri. Kenali jenis kulit dengan baik, kenali apa yang menjadi resistance atau blocker di kulit kamu. Contohnya, ada sebagian orang cocok dengan produk yang mengandung alcohol, tapi ada sebagian juga yang ga cocok dengan produk yang mengandung alcohol tinggi. Saya salah satunya. Nah, cari apa yang jadi blockers di kulit kamu ini. Liatin ingredients, cari tau kandungan setiap produk yang mau kamu beli, cari tau terus dan coba terus di kulit kamu sampe kamu tau mana yang sekalinya kamu pake bikin jerawat kamu malah meradang atau menenangkan bahkan menghilangkan. Sebagian orang cocok pake tea tree, tapi sebagian orang belum tentu cocok pake tea tree. Please please, listen to your skin! 

3. Stop eat everything! 

Saya tau gak semua orang berpengaruh sama apa yang dia makan. Ada istilah yang dipakai dalam dunia kesehatan "You are what you eat". Menurut saya, ini ada benar ada gaknya juga. And trust me, I've tried this before, and I'm not one of "You are what you eat". Saya stop makan makanan yang menurut para ahli dapat memicu jerawat. Saya hidup sehat (dimana lumayan memiskinkan uang jajan) selama beberapa waktu, makan banyak sayur, berhenti makan gorengan, kurangi makan coklat, dan voilaaaa : my body is healthier, but not my acne. Alias gak ngaruuuuuh! Maka dari itu, saya mencoba memilih makanan mana yang dapat memicu pertumbuhan jerawat. Once again, KEEP SEARCHING! Sebagian orang gak cocok minum susu karena malah bikin jerawat mereka meradang, but not for me. Again, you have to pick your best food. Stop menjadi omnivora. Kamu harus cari tau mana makanan yang dapat memicu pertumbuhan jerawat kamu. Coba makan itu beberapa hari dengan intensitas jarang ke sering, dan coba liat hasilnya. 
pic source : here

Mungkin list makanan di bawah ini bisa kamu coba cari tau :

  • Susu dan produk turunannya 
  • Coklat
  • Gorengan 
  • Telur 
  • Ayam 
  • Keju 
  • Makanan dan minuman manis-manis 
  • Makanan pedas 


4. Stop drink color, and start to drink mineral water! 

Kira-kira maksud kalimat di atas, berhenti minum apapun yang berwarna secara berlebihan. Kurangi minum-minuman manis yang berlebihan. Selain tidak baik untuk kesehatan kamu juga, dimana minuman manis ini mengandung banyak gula, minuman manis yang berlebihan ini juga bisa memicu timbulnya jerawat. Apalagi kamu punya jadwal minum boba 2 hari sekali. Coba minum air mineral sebanyak mungkin. Targetkan 1.5 - 2 Liter per hari. Bonusnya, banyak minum air juga bisa jadi diet program kamu juga loh. 

5. Stop touching your face!


Kita semua setuju bahwa tangan ini sumber nya kuman dan bakteri, betul? Ini adalah kebiasan tersulit yang bisa kamu coba. Berhenti sentuh wajah kamu sebelum kamu memastikan tangan kamu ini bersih. Bahkan walau kamu memastikan itu bersih, pada faktanya belum tentu itu beneran bersih kan? Jadi, jangan memindahkan bakteri dan kuman di tanganmu ini ke wajahmu yang akan memicu jerawat baru untuk tumbuh. 

6. Stop begadang!

Udah, ngerti aja apa kata bang Haji Rhoma Irama. Begadang itu baik kalau ada perlunya, kalau gak ada perlunya mending tidur cukup. Istirahat cukup ini juga bagus banget buat kulit kamu. Please, treat your body as well as possible. 

7. Stop the instant hope!

Ngerti gak sih kalau semua produk yang kamu coba itu butuh waktu, iya butuh waktu kaya kamu lupain kenangan pahit. Gak semua produk langsung cocok gitu aja begitu kamu aplikasikan ke kulit kamu. Sebagian produk emang ada yang langsung kasih efek dalam hitungan hari, tapi ada sebagian lagi yang gak bisa kaya gitu. Jadi, yang perlu kamu perbaiki adalah harapanmu. Jangan terlalu banyak berharap produk akan bekerja instant terus begitu jam 12 teng kulit kamu semulus pahanya Lisa Black Pink. Engga, gak bisa kaya gitu. Semua butuh waktu, produk pun butuh waktu buat bekerja di kulit kamu. Please, bersabarlah. 

Pada akhirnya, kamu akan tau mana produk terbaik, kebiasaan terbaik, makanan terbaik, dan kebiasaan terbaik apa yang bisa menyembuhkan kamu dari jerawat yang betah di kulit wajah kamu. Jangan berhenti buat mencoba produk, kebiasaan, multi vitamin, makanan, atau apapun yang bisa jadi support system kamu selama berperang melawan jerawat. Hal yang paling penting, kamu akan mengalami masa dimana semua itu malah akan memperparah jerawat kamu karna kamu sedang coba-coba, tenang, gak usah panik! gak usah dengerin apa kata orang, kulit ya kulit kamu, wajah ya wajah kamu. Kamu yang punya hak atas badan kamu sendiri, orang lain gak punya. Jadi, nikmati aja terus proses menuju wajah bersih dari jerawat. I know you can do it! 

You Might Also Like

0 coment�rios